Sindrom unik di dunia

haluannews.com – Setiap hari tenaga medis selalu dihadapkan berbagai macam keluhan dari pasiennya, mulai dari kondisi umum hingga keluhan dengan kasus yang langka. Kebanyakan masih belum diketahui penyebabnya, tetapi medis selalu mengambil namanya yang terkadang dikaitkan oleh negeri dongeng. Unik tapi nyata! Kamu harus tahu beberapa sindrom yang bisa saja dialami oleh siapapun dan dimanapun dengan gejala yang persis dialami beberapa sindrom unik di dunia. Dari sekian banyaknya kondisi medis, tidak sedikit juga dari kondisi tersebut memiliki nama unik.

Namanya mungkin unik tetapi gejalanya ada yang sangat mengerikan. Dikaitkan oleh tokoh lantaran ada kemiripan dari satu hal dan satu hal lainnya. Banyak laporan sindrom yang unik dan diambil namanya dari negeri dongeng memiliki gejala yang parah dan tidak ada yang tahu penyebab awalnya seperti apa saja. Kamu harus tahu beberapa gejalanya dari sindrom yang sangat mengerikan dan memiliki nama terunik di dunia. Kebanyakan orang mengatakan tokoh negeri dongeng selalu diinspirasikan dengan sindrom tersebut. tetapi tim medis yang mengambil nama tersebut dari tokoh di negeri dongeng karena belum tahu harus diberikan nama seperti apa untuk gejala yang terjadi.

Daftar Nama Sindrom Unik Di Dunia Yang Harus Kamu Ketahui Gejalanya

  1. Sindrom Kutukan Ondine
    Sindrom unik di dunia yang satu ini merupakan nama sindrom yang dikaitkan dari negeri dongen di Jerman. Nama yang unik dengan nama Sindrom Kutukan ondine yang mengutuk suaminya, yang mana suaminya akan mengalami tertidur tanpa bernapas. Kalau di dunia nyata tim medis mengenalnya dengan CCHS atau Congenital Central Hypoventilation  Syndrome yaitu berhentinya nafas saat sedang tertidur dan muncul sejak dirinya lahir kedunia. Kondisi ini tergolong langka dan biasanya memiliki gejala penyerta lainnya.
  2. Sindrom Alice in Wonderland
    Sindrom unik di dunia
    Gangguan pasien yang mengalami Sindrom Alice In The World merupakan pasien yang memiliki gangguan dalam melihat ukuran suatu objek. Pasien akan mengeluh dengan ukuran suatu objek  benda atau bagian tubuh mereka selalu tidak sesuai dengan ukuran yang sewajarnya. Mereka kehilangan persepsi  terhadap waktu. Kadang, mereka merasa waktu berjalan dengan sangat cepat atau lambat. Penyebabnya memang masih belum diketahui, tetapi para ahli mencurigai adanya migrain, tumor, virus dan obat-obatan yang bisa memicu sindrom ini. Terapi merupakan solusi alternatif hingga kini sebelum obat ditemukan.

  3. Sindrom Putri Tidur
    Mirip dengan Princess Aurora yang merupakan putri tidur di negeri dongeng yang cantik. Tetapi pada umumnya sindrom ini sering terjadi pada kaum adam. Meskipun tidak menutupi kemungkinan kamu perempuan juga bisa mengalaminya. Seorang pasien yang mengalami hanya dapat tertidur selama 20 jam sehari tanpa terbangun. Digadang-gadangkan kalau adanya masalah saluran pernapasan yang mengalami infeksi. Selama gejalanya muncul maka individu akan memperlihatkan nafsu makan yang meningkat, mudah tersinggung dan tampak seperti anak-anak. Halusinasi yang tinggi juga bisa dialami oleh pasien yang mengalami sindrom ini. Kondisi ini masih belum diketahui penyebabnya.

  4. Sindrom Peter Pan
    Peter pan merujuk pada perkembangan emosional seorang anak yang terhambat kepribadiannya dikarenakan kedekatan yang buruk dengan sosok ibu pada usia dini. Berbanding sama dengan ceritanya Peter pan yang tidak pernah dewasa dan tidak memiliki figur seorang ibu pada usia dini. seorang pasien yang mengalami sindrom ini memiliki tubuh dewasa dengan pemikiran yang masih seperti anak-anak. Menariknya ada pula sindrom Wendy yang mana kondisi pasien akan dideskripsikan perempuan yang menyebabkan terjadinya sindrom Peter pan.

  5. Sindrom Rapunzel
    Dalam cerita di negeri dongengnya, Rapunzel memiliki rambut panjang keemasan yang digunakan sebagai tangga bagi pangerannya untuk memasuki menara di tempat tinggalnya. Berbanding terbalik jika terjadinya di dunia nyata, maka pasien yang mengalami sindrom unik di dunia ini biasanya memiliki masalah kejiwaan yang mendasari. Biasanya sering sekali pasien mencabut rambutnya dan mengkonsumsi rambutnya sendiri. Jumlah yang banyak bisa memberikan efek menumpuk didalam tubuh. Sehingga rambut akan memenuhi lambung dan juga usus. Sangat mengerikan bukan gejalanya? Kamu harus tahu gejalanya dan kamu bisa langsung konsultasikan diri ke dokter spesialis jika mengalaminya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here