Manfaat dengarkan musik

haluannews.com – Siapa yang suka atau hobi untuk mendengarkan musik? Kamu pasti sering sekali merasakan ketenangan dari instrumen musik yang bervariasi. Banyak sekali genre musik yang bisa kamu dengarkan mulai dari Jazz, Akustik, pop dan Dangdut. Ternyata juga banyak manfaat dengarkan musik bagi kesehatan kamu, salah satunya akan berdampak terhadap kesehatan mental kamu. Tentu saja kamu tidak akan hanya dibuatnya terhibur, menurut  hasil penelitian manfaat untuk mendengarkan musik secara tidak safat dapat merubah mood kamu hingga membantu kamu untuk berkonsentrasi. 

Masih banyak manfaat lainnya lagi yang harus kamu ketahui untuk kesehatan pikiran dan mental kamu utamanya. Seperti yang dijelaskan pihak kedokteran di London. “Sebagai contoh, sebuah penelitian terbaru di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dan bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan (makanan, cahaya, dan seks),” kata Dr Victoria Williamson, dosen psikologi dari Goldsmith College London yang dilansir dari Doktersehat.Com.Langsung saja cari tahu manfaat dan dampak lainnya setelah kamu terbiasa mendengarkan musik untuk kesehatan. Seperti penjelasan yang berada dibawah ini.

Ketahuilah Sederet Manfaat Dengarkan Musik Bagi Kesehatan Kamu Seperti Berikut

Siapa yang gak pernah suka dengan mendengarkan musik? Kalau kamu gak suka, sangat disayangkan sekali. Coba manfaat baiknya dari mendengarkan musik! Kalau kamu suka dengan musik, kamu pasti sering sekali mengalami ketenangan dan beberapa dampak positif yang bisa kamu dapatkan. Tetapi jika kamu belum bisa mendapatkan manfaat seperti yang dibawah, alangkah baiknya sekarang kamu sudah terbiasa untuk mendengarkan musik. Berikut ini merupakan dampak baik yang bisa kamu dapatkan hanya dengan mendengarkan musik saja.

  1. Mood Booster
    Manfaat dengarkan musik bagi kesehatan yaitu tergantung dengan reaksi orang yang mendengarnya, tetapi mendengar musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin, karena otak sendiri sangat rumit untuk menciptakan perasaan yang senang. Tidak heran penelitian menunjukkan pelepasan dopamin yang akan membuat dirinya memiliki perasaan senang dapat didapatkan para pendengar musik. Sedangkan, sebuah penelitian lagi di Belanda kalau mendengarkan musik secara positif akan mempengaruhi suasana hati sebagai pengemudinya. 

    “Otak sangat rumit – ada banyak unsur yang terlibat dalam menciptakan perasaan senang – tidak mengherankan jika ada penelitian yang menunjukkan bahwa pelepasan dopamin berhubungan dengan perasaan senang,” kata Bridget O’Connell, kepala informasi dari Mental Health Charity Mind. Jika lagunya mengarah perilaku yang akan daripada tidak mendengarkan musik, Bila orang yang sedang merasakan frustasi karena lalu lintas sedang macet, putarlah musik untuk meningkatkan kondisi pikiran anda. Cara ini tidak akan merusak kinerja mengemudi  rusak bahkan dapat membantu mengemudi dengan aman.

  2. Mengurangi Rasa SakitPelepasan endorfin (hormon penghilang rasa sakit) akan dialami kamu yang sedang mendengarkan musik. Dengarkanlah lagu kesukaan, supaya bisa mengalihkan rasa sakit dan melakukan relaksasi
  3. Meningkatkan Stamina
    Setelah mood kembali usai mendengarkan musik, ternyata musik juga dapat membuat kamu memiliki stamina yang bertambah, Khususnya untuk kamu yang sedang melakukan olahraga, kamu bisa mencoba sambil mendengarkan musik dengan headset atau speaker. Biasanya dengan mendengarkan musik semangat akan membuat kamu bisa berlari dengan semangat dan cepat. Manfaat musik yang akan meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sebesar 15%. Kemudian meningkat kan semangat sekitar 1-2 persen.
  4. Meningkatkan Kinerja
    Musik instrumental akan membantu anda untuk melakukan pekerjaan kantor dengan fokus yang meningkat. gelombang otak yang merasakan relaksasi dari instrumen selaras dengan irama alhasil otak akan lebih mudah berkonsentrasi dan berpikir lebih tajam lagi. Makanya tidak heran kalau perkantoran akan terus menyetel musik dengan terus meneru, guna memberikan tingkat kefokusan yang akan meningkat dalam bekerja. Musik apapun yang membuat mereka semangat a akan mereka dengarkan saat bekerja di kantor. Terkecuali saat sedang meeting karena berbeda lagi dengan hal yang satu itu!
  5. Buat Tidur Semakin Nyenyak
    Manfaat dengarkan musik bagi kesehatan yaitu akan membuat tidur kamu semakin berkualitas, pasalnya kamu akan membuat tubuh menjadi rileks dan memberikan ketenangan dalam pikiran. Tanpa sadar kamu akan mengalami tidur pulas. Gunakan Ipod dengan volume maksimal akan membuat gendang telinga pecah, jika sering menggunakan earphone maka gunakan mulai dari volume yang kecil. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here