ZOLA: ANAK AUTIS PUNYA KESEMPATAN UNTUK SUKSES

Minggu 02 April 2017 21:00:39 WIB Dilihat : 187 Kali


  ZOLA: ANAK AUTIS PUNYA KESEMPATAN UNTUK SUKSES

HALUANNEWS--Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengemukakan bahwa anak-anak autis pun punya kesempatan untuk sukses dan untuk menjadi orang hebat. Namun, Zola menekankan, anak-anak autis butuh perhatian dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, dunia usaha, dan masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Zola dalam Hari Peduli Autis Sedunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Minggu (2/4) pagi.

Tema acara yang diisi dengan kegiatan pentas seni dan bazar tersebut adalah “Grow Your Awareness” (Tumbuhkan Kepedulian Anda).

Zola mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan acara ini tentu sebagai bentuk perhatian kepada anak-anak autis dan anak-anak berkebutuhan khusus, bahwa anak-anak autis tersebut butuh dukungan dan perhatian dari semua kalangan masyarakat.

Zola mengungkapkan, semua orang, termasuk anak-anak autis dan berkebutuhan khusus harue mendapatkan akses pendidikan. Dan untuk itu, lanjut Zola, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan perhatiaan dan pelayanan khusus bagi anak-anak autis dalam bentuk Pusat Layanan Autis, agar anak-anak autis mendapatkan pelayanan yang lebih baik. “Pusat Layanan Autis merupakan fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, dengan tenaga pendidiknya. Kita juga berharap, bukan hanya di provinsi saja, tetapi juga Pemerintah Kabupaten/Kota memberikan perhatian yang sama, terutama dalam pendidikan mereka,” ujar Zola.

Zola mengungkapkan, anak-anak autis memang berkebutuhan khusus dan butuh perlakuak khusus, namun, anak-anak autis juga banyak yang mempunyai kelebihan. “Anak-anak autis itu anak-anak yang luar biasa sekali, memang berkebutuhan khusus dalam artian perlu perhatian lebih, dari orangtua dan keluarga, dan kita semua, tetapi mereka punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh anak-anak pada umumnya, yaitu tingkat konsentrasi yang luar biasa. Ketika dia sudah fokus pada satu hal, satu bidang, dia akan konsentrasi sampai pada akar-akarnya, bahkan bisa menjadi ahli atau sangat terikat sekali. Ini sudah dibuktikan, orang yang autis ini bisa menjadi orang-orang hebat, diantaranya Albert Einstein, Mozart, Kim Borton (salah satu sutradara di Hollywood). Artinya apa, memiliki autis itu tidak menghambat seseorang untuk menjadi orang sukses, itu juga yang kita harapkan dari anak-anak kita di Jambi ini,” jelas Zola.

“Tentu ini butuh dukungan dan perhatian dari orangtua, kakak, adik , dan semua keluarga, dan juga para guru di sekolah. Saya apresiasi sekali kepada semua pendidik anak-anak autis dan berkebutuhan khusus, termasuk juga pendidik dari SLB. Ini bukan pekerjaan mudah, butuh dedikasi dan komitmen yang sudah mereka berikan kepada nak-anak. Ini menjadi perhatian dari kami Pemerintah Provinsi Jambi kepada anak-anak kita. Insyaallah, mereka pun punya kesempatan untuk menjadi orang hebat dan sukses,” tutur Zola.

Pada kesempatan tersebut, panitia memberikan kue ulang tahun dilengkapi lilin ulang tahun kepada Gubernur Jambi, Zumi Zola, yang pada 31 Maret2017 tepat berusia 37 tahun. Zola menyuapkan kue ulang tahunnya tersebut kepada semua anak-anak autis tersebut satu per satu. Menanggapi hak tersebut, Zola menyatakan bahwa dirinya sangat senang dan terharu, dan merupakan kesempatan yang sangat istimewa meniup lilin ulang tahun bersama anak-anak autis dan berkebutuhan khusus.

“Saya sangat terharu karena tidak menyangka mendapatkan kejutan, tiup lilin dengan anak-anak autis, suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Saya mohon doanya supaya dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat Provinsi Jambi, dan kita doakan juga anak-anak autis ini, agar mereka bisa menjadi kebanggaan kita,” pungkas Zola.

Selain itu, Zola mengapresiasi semangat para anak-anak autis, orangtua, keluarga, guru, dan panitia, yang tetap antusias menyelenggarakan acara, meskipun dalam kondisi hujan yang cukup deras.

Pada kesempatan tersebut, Zola menyerahkan secara simbolis dana yang terkumpul dari Gerakan Seribu Koin untuk Anak-anak Khusus, dengan dana yang terkumpul Rp22.995.000, dan Zola memberikan (menambahkan) bantuan Rp13 juta, agar setiap anak autis mendapatkan Rp1 juta per orang. Namun, Zola menyatakan bahwa dia dan istrinya Hj. Sherrin Tharia Zola akan menambah bantuan kepada anak-anak autis sehingga setiap anak autis bisa mendapatkan Rp2 juta per oang.

Selanjutnya, Zola melepas sekumpulan balon sebagai pertada Hari Peduli Autis Sedunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, serta meninjau bazar makanan sehat.

Ketua Pusat Layanan Autis Provinsi Jambi, Triono,S.Pd,M.Pd menyampaikan, Pusat Layanan Autis Provinsi Jambi beroperasi sejak Januari 2015, dengan tugas pokok dan fungsi adalah memberikan terapi kepada anak-anak autis sebelum sekolah, dan setelah siap untuk masuk sekolah baru ditempatkan di sekolah, baik sekolah regular maupun sekolah luar.


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #KEPALA DAERAH #daerah

Berita terakit :


Horee !!! Raih Emas Olimpiade Rio, Tontowi/Liliyana Ukir Sejarah
Kamis 18 Agustus 2016

Horee !!! Raih Emas Olimpiade ...

238 Calon Bintara Polri Tugas Umum dan 5 Bintara TI Dinyatakan Lulus
Senin 07 Agustus 2017

238 Calon Bintara Polri Tugas ...

Polisi Lalu Lintas Berhasil Menangkap Penyelundup Ganja
Selasa 26 September 2017

Polisi Lalu Lintas Berhasil Me ...

SUTARMIDJI ANCAM PECAT ASN TERLIBAT PUNGLI
Selasa 31 Januari 2017

SUTARMIDJI ANCAM PECAT ASN TER ...