Raker Kehumasan Provinsi Kaltim Berikan Informasi Sehat Kepada Masyarakat

Rabu 29 Maret 2017 23:00:06 WIB Dilihat : 247 Kali


Raker Kehumasan Provinsi Kaltim Berikan Informasi Sehat Kepada Masyarakat

HALUANNEWS--BONTANG-Penyebaran informasi pembangunan seharusnya juga menjadi tanggung jawab media massa sebagai informasi yang sehat kepada masyarakat.  Informasi sehat seharusnya juga dikemas dengan baik oleh Bagian Kehumasan pemerintah, sehingga baik data maupun informasi pembangunan yang dilakukan pemerintah juga dapat menjadi konsumsi masyarakat.

Diperlukan berbagai pola yang harus dibangun oleh Bagian Kehumasan pemerintah. Sedangkan di Pemprov Kaltim ada tiga pola yang diharapkan dapat membangun terciptanya informasi yang sehat bagi masyarakat.

Kepala Biro Humas Setprov Kaltim Tri Murti Rahayu didampingi Kabag Kehumasan yang juga Juru Bicara Gubernur Kaltim Hendro Prasetyo mengatakan ada tiga pola yang rencana dibangun dalam mendukung program terciptanya informasi sehat bagi masyarakat.

Pertama bagaimana sinergitas data dan informasi dari Pemprov Kaltim dan kabupaten/kota dapat mencerdaskan masyarakat agar perkembangan pembangunan yang dilakukan pemerintah bisa diterima dengan baik dan sesuai data.

Kedua bagaimana membangun kerja sama antara internal dan eksternal pemprov dengan kabupaten/kota serta instansi vertikal maupun perusahaan daerah dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Artinya, melalui kerja sama tersebut pemprov maupun kabupaten/kota serta instansi vertikal mampu berkoordinasi memberikan informasi bagaimana organisasi yang dibangun masing-masing daerah khususnya bagian kehumasan.

Sehingga diharapkan konektivitas kehumasan yang dimiliki masing-masing kabupaten/kota serta instansi vertikal dapat sejalan dengan Pemprov Kaltim.

Ketiga bagaimana membangun sinergitas dan integrasi publikasi agar penyampaian informasi kepada masyarakat dapat dipahami dengan baik dan tidak memberikan dampak negatif terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Kita ingin dari tiga pola yang dibangun ini dapat memberikan informasi dan publikasi mencerdaskan masyarakat. Karena itu, ada tiga pejabat eselon IV yang dimiliki Pemprov Kaltim agar perkembangan penyelenggaraan pembangunan di daerah ini dapat diketahui masyarakat, melalui pelaksanaan program dari ketiga sub bagian yang telah ditetapkan," kata Tri Murti Rahayu ketika memberikan pengarahan kepada peserta Rapat Kerja (Raker) Kehumasan Provinsi Kaltim di Bontang, Rabu (29/3).

Dari tiga pola yang dibangun tersebut diharapkan memberikan perubahan informasi kepada masyarakat dengan menyatukan persepsi seluruh komponen maupun lembaga di daerah. Mulai Perusda maupun BUMN dan instansi vertikal.

"Kita harapkan ada sistem yang disepakati bersama dari raker ini. Dengan begitu informasi yang cerdas kepada masyarakat dapat menyukseskan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah. Karena masyarakat tidak hanya menerima konsumsi berita dari media tetapi dari humas masing-masing pemerintah kabupaten dan kota," jelasnya.

Raker Kehumasan menghadirkan nara sumber Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Martinus Sitompul, Anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi dan Staf Ahli Sekretariat Kabinet.

Raker diikuti 90 peserta dari Bagian Kehumasan kabupaten dan kota, Bagian Kehumasan instansi vertikal dan perusahaan daerah serta BUMN.


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


MENTERI ASMAN UJIAN SIM DI POLRESTA BARELANG
Sabtu 13 Agustus 2016

MENTERI ASMAN UJIAN SIM DI POL ...

Gubernur: Optimalkan Dana Desa untuk Sejahterakan Rakyat
Selasa 19 April 2016

Gubernur: Optimalkan Dana Desa ...

Kementerian PUPR Siapkan Rp 109 Miliar untuk Mendukung Penanganan Erupsi Gunung Sinabung di 2017
Selasa 08 November 2016

Kementerian PUPR Siapkan Rp 10 ...

Politik Identitas Menguat Karena Negara Abai Terhadap Keadilan Sosial
Sabtu 30 Desember 2017

Politik Identitas Menguat Kare ...

2,7 Juta KK di Desa Belum Teraliri Listrik
Selasa 08 Maret 2016

2,7 Juta KK di Desa Belum Tera ...