PEMUPUKAN BERIMBANG HASILKAN PANEN LEBIH BANYAK

Sabtu 12 Maret 2016 14:55:57 WIB Dilihat : 649 Kali


PEMUPUKAN BERIMBANG HASILKAN PANEN LEBIH BANYAK

HALUANNEWS-Pemupukan berimbang dengan tiga jenis pupuk yakni organic, phonska dan urea dinilai mampu menghasilkan panen padi yang lebih banyak dibanding pemupukan biasa.Seperti yang diujicobakan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) langensari I Kelurahan Langen harjo Kecamatan Kota Kendal, Jumat (11/3), di area persawahan setempat, mampu menghasilkan padi 8,8 ton per hektar dibanding pemupukan biasa yang hanya sekitar enam ton.

Percontohan dilkukan di lahan pertanian seluas satu hektar di lahan milik Mukhri dengan menggunakan jenis padi si Denok. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjsama Balai penyuluh Kecamatan Kendal dengan produsen pupuk PT Pusri dan Petrokimia.Pada panen tersebut dihadiri Danramil Kendal Kota bersama para babinsa, koordinatror PPL BPK Kendal Kota, ketua Poktan, petani dan perwakilan dari BKP3 Kabupaten Kendal.

Mukhri mengatakan, hasil panen dari ubinan yang dilakukan mengalami peningkatan cukup signifikan. Jika menerpakan pola pertanian biasa dalam satu hektar sawah hanya menghasilkan padi sebanyak 5,5 ton / hektar.
Jajar Legowo.“Namun setelah kami menerpkan teknologi pertanian dengan pemupukan berimbang, hasilnya menjadi 8,8 ton per hektar, “ tuturnya.

Kooedinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Balai Penyuluh Kecamatan Kendal Kota, Suwarno, mengatakan, petani bisa melakukan pola tanam sesuai teknomogi pertanian yang benar.Budidaya dengan teknik yang baik, menggunakan pupuk berimbang dan pemberantasan hama penyakit.

Staf Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi ( GP3K ) PT Petrokimia, Wuliyono mengatakan, upaya tersebut dilakukan bertujuan meningkatkan produksi padi sebagaimana program pemerintah menuju swasembada pangan. Langkah yang dilakukan, selain dengan pemupukan berimbang, juga dengan cara tanam jajar legowo.“Dengan tanam jajar Legowo mampu memperbanyak hasilnya hingga 30 persen. Kami berharap petani bisa meniru cara tanam seperti ini, “ tuturnya.

Editor : Dra 


Tag Berita :
#nasional #beasiswa #keluarga #kampus #daerah #ekonomi #hiburan #politik

Berita terakit :


Kopertis IX Berduka, Prof Guntur Yusuf Meninggal Dunia
Selasa 10 Oktober 2017

Kopertis IX Berduka, Prof Gunt ...

STIE Pelita Buana Makassar Silaturrahmi Kepala LLDikti IX Sulawesi
Senin 20 Agustus 2018

STIE Pelita Buana Makassar Sil ...

Pilkada Kerinci, Demokrat Dipastikan Pindah Haluan
Senin 04 Desember 2017

Pilkada Kerinci, Demokrat Dipa ...

Teruslah Intropeksi Diri
Jumat 13 Januari 2017

Teruslah Intropeksi Diri

Pemerintah Akan Uji Coba ‘Fullday School’ Untuk Sekolah Yang Siap
Senin 19 September 2016

Pemerintah Akan Uji Coba ‘Fu ...