Menag Harap Konferensi Forum Zakat Dunia Lahirkan Pemikiran Baru Fiqih Zakat

Kamis 09 Maret 2017 21:59:55 WIB Dilihat : 268 Kali


Menag Harap Konferensi Forum Zakat Dunia Lahirkan Pemikiran Baru Fiqih Zakat

HALUANNEWS--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama World Zakat Forum (WZF) atau Forum Zakat Dunia akan menggelar konferensi internasional pada 15 16 Maret di Jakarta. Event tiga tahunan ini mengangkat tema 'Penguatan Peran Zakat Sebagai Instrumen Global Pengentasan Kemiskinan'.

Menag Lukman berharap, World Zakat Forum Conference 2017 ini akan melahirkan pemikiran-pemikiran keilmuan baru terkait fikih zakat kontemporer, salah satunya yang terkait dengan definisi penerima zakat atau mustahik.

"Saya berharap ada terobosan pemikiran agar dana zakat lebih dirasakan manfaatnya bagi kalangan masyarakat yang lebih luas. Untuk itu, perlu redefinisi dan reinterpretasi tentang pemaknaan golongan yang berhak menerima zakat (ashnaf) sesuai dengan konteks kekinian," kata Menag saat menerima pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di kantornya, Jakarta, Kamis (09/03).

Menag sendiri menyatakan siap hadir memenuhi undangan Baznas untuk menjadi salah satu pembicara pada forum internasional tersebut.

Sebelumnya, Ketua Baznas Bambang Soedibyo melaporkan bahwa WZF akan membahas perkembangan lembaga zakat ke depan agar bisa bekerja lebih professional. Sebab, Baznas sebagai satker, tidak hanya berfungsi mengumpulkan zakat lalu menyalurkannya. "Infrastruktur Baznas harus diperbarui, semisal, amil itu sebagai profesi yang bersertifikat," kata Bambang sembari berharap WZF juga akan menghasilkan 'Indeks Zakat Nasional'.

WZF akan diikuti peserta dari semua lembaga zakat yang ada di Indonesia. Selain itu, WZF juga mengundang organisasi zakat dari 16 negara. Bambang berharap WZF dapat juga menjadi ajang menjalin kerjasama lembaga zakat antar negara. "Banyak negara yang kaya, kelebihan dana zakatnya, kiranya bisa dimanfaatkan," katanya.

Tampak hadir dari Baznas, wakil ketua Zainulbahar Noor, dan Mundzir Suparta. Menag Lukman didampingi oleh Sesmen Khairul Huda Basyir, Kasubdit Sistem Informasi Zakat Wakaf Hj Andi Yasri, dan Kepala Subdirektorat Edukasi, Inovasi, dan Kerja Sama Zakat dan Wakaf Fuad Nasar.


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional

Berita terakit :


Kamaruddin : Isra' dan mi'raj momen perwujudan rasa syukur kepada Allah
Jumat 13 April 2018

Kamaruddin : Isra' dan mi'raj ...

SEKOLAH, PUSKESMAS DAN KANTOR DESA DI JATIM AKAN DILENGKAPI INTERNET
Jumat 07 April 2017

SEKOLAH, PUSKESMAS DAN KANTOR ...

Tausiah di GSSB, Danny Ingatkan Teladani Akhlak Rasulullah SAW
Sabtu 24 Desember 2016

Tausiah di GSSB, Danny Ingatka ...

Langit Mendung Danny Bilang Tanda - Tanda Menang
Kamis 13 Oktober 2016

Langit Mendung Danny Bilang Ta ...

GUBERNUR TUNJUK ACHMAD ROFAI PLT WALIKOTA SALATIGA
Jumat 23 September 2016

GUBERNUR TUNJUK ACHMAD ROFAI P ...

Pelantikan Rio Teluk Panjang Berjalan Lancar dan Sukses
Rabu 12 September 2018

Pelantikan Rio Teluk Panjang B ...