5 Gubernur Minta Pusat Realisasikan Pembangunan Pulau Kalimantan

Jumat 11 Maret 2016 21:25:03 WIB Dilihat : 2219 Kali


5 Gubernur Minta Pusat Realisasikan Pembangunan Pulau Kalimantan

HALUANNEWS-Musrenbang Regional  Kalimantan yang dibuka oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Sofian Djalil, juga hadir Gubernur Kalbar Drs.Cornelis,MH didamping para Bupati /  Walikota se-Kalbar serta para Kepala SKPD Prov Kalbar.

Gubernur Drs.CorneliS,MH, menilai,  pelaksanaan  Musenbang Regional Kaimantan ini  mempunyai fungsi  yang penting  dan strategis, Musrenbang Regional Kalimantan bertujuan untuk menghasilkan  kesepakatan  dan komitmen     diantara pelaku pembangunan   yang ada didaerah  maupun  di pusat

Selain itu, untuk mensinergikan  program-program  pembangunan  Kementerian/ lembaga  pada bidang  infrastruktur  (konektivitas)  yang mencakupi Kedaulatan pangan,  Energi,  Kemaritiman, Kawasan perbatasan, Industri  dan Pariwisata serta sumberdaya alam  dan lingkungan hidup,”ungkap Cornelis.      

Konektivitas    Fokus yang diusulkan  meliputi  jalan, jembatan, lintas Kalimantan , pelabuhan, bandara, jalan kereta api serta komunikasi, mengusulkan Rp.24,352,00 milyar,Kalbar mengusulkan  4.072,00 milyar.

Untuk Kedaulatan Pangan meliputi  sarana prasarana petanian , infrastruktur pengairan/irigasi , penceakan sawah kelembagaan pemenuhan  petanian  sebesar   Rp.13.,722,00 milyar, Kalbar   4.090,62 milyar.

Usualan  Energi  meliputi  penambahan kuota  BBM,penediaan bahan bakar bersubsidi bagi petani daerah  perbatasan dan nelayan , pembangunan pembangkit listrik  dan jaringan interkonek se- Kalimantan, pemanfaatan  energi baru dan terbarukan. Sebesar Rp. 40.769,00 milyar  dan Kalbar   12.802, 70 milyar

Kemaritiman memfokuskan  pada program kegiatan dalam rangka mendukung poros maritim, pengelolaan pesisir pelabuhan  pulau terkecil , serta pengembangan pelabuhan  perikanan, pembangunan wilayah  dan kawasan perbatasan  antar negara serta konflik perbatasan antar  proinvi diusulkan sebesar Rp. 8.477,64 milyar dan  Kalbar sebesar   2.881.80 milyar

 Industri  dan Pariwisata  memfokuskan  pengembangan  kawasan industri hilirisasi serta pariwisata  yang berdampak regional Kalimantan dan atau nasional 217, 92 milyar dan Kalbar mengusulkan  4.183,12  milyar, sedangkan  sumberdaya alam  berkelanjutan , pencegahan dan dan penanganan kebakaran lahan dan hutan serta bencana banjir dan kekeringan kawasan gambut.

Corneis, berharap semua fokus usulan yang disampaikan dalam Musrenbang Regional Kalimantan ini dapat menjadi perhatian  Pemerintah Pusat, sehingga Pembangunan Pulau Kalimantan dapat segera terwujud, mampu memberikan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Pulau Kalimantan.

Narasumber Musrenbang dari Kementerian Perindusrian, Pariwisata, Kementerian LHK serta arahan dari  Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo yang memberkan apresiasi dalam kegiatan Musrenbang Regional Kalimantan, hadir juga  pada acara pembukaan Wakil Ketua MPR RI Osman Sapta.

editor : hi


Tag Berita :
#nasional #presiden #daerah #ekonomi #politik

Berita terakit :


Perlu Ketajaman Untuk Revitalisasi Madrasah
Sabtu 04 Februari 2017

Perlu Ketajaman Untuk Revitali ...

Sosialisasi Tax Amnesty di Pelabuhan Benoa
Rabu 05 Oktober 2016

Sosialisasi Tax Amnesty di Pel ...

Tujuh Pejabat Kota Dimutasi
Senin 06 Juni 2016

Tujuh Pejabat Kota Dimutasi

LKBH Unsa Makassar Penyuluhan Bantuan Hukum Gratis
Senin 09 Oktober 2017

LKBH Unsa Makassar Penyuluhan ...

22 Juta Penduduk Belum Rekam Data, Mendagri Minta Petugas Dukcapil ‘Jemput Bola’ E-KTP
Jumat 26 Agustus 2016

22 Juta Penduduk Belum Rekam D ...

Bupati dan Walikota Se-Indonesia Berkomitmen Capai Target Sanitasi Layak 100 Persen pada 2019
Kamis 24 November 2016

Bupati dan Walikota Se-Indones ...