Polsek Kumpe Ulu Tangani Lima Kasus Kekerasan Seksual

Sabtu 04 Maret 2017 22:28:34 WIB Dilihat : 182 Kali


Polsek Kumpe Ulu Tangani Lima Kasus Kekerasan Seksual

HALUANNEWS--Dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, jajaran Kepolisian Sektor Kumpeh Ulu menerima lima laporan kasus kekerasan seksual. Lima kasus pelecehan seksual yang ditangani mayoritas menimpa anak dibawah umur. Lima kasus tersebut saat ini sudah berhasil ditangani. Satu diantaranya merupakan kasus incest (hubungan sedarah).
 
"Ada lima laporan kasus kekerasan seksual yang sudah kita tangani sejak April 2016," ungkap Kapolsek Kumleh Ulu Muhamad Ruhyat melalui Kanit Reskrimnya IPDA Dwiyatno, dua hari lalu.
 
Dijelaskan Dwiyatno, dari lima kasus yang sudah ditangani Unit Reskrim Polsek Kumpeh Ulu, semua tersangka sudah diamankan. Proses hukum terhadap tersangka juga tengah berlangsung dan ada yang sudah divonis hakim.
 
"Dari lima kasus ini, satu sudah divonis yakni kasus incest. Sementara empat kasus lagi masih dalam proses Penyidikan serta Penuntutan," papar Kanit.
 
Kanit menyebut, mayoritas tersangka merupakan orang-orang terdekat korban. Antara korban dan pelaku sudah saling kenal sebelumnya. Hal ini tentu patut menjadi perhatian, mengingat bahaya selalu mengintai buah hati kita apabila selaku orang tua lengah dalam pengawasan terhadap pergaulan dan lingkungan sosial anak. Apalagi di tengah kemajuan jaman seperti saat ini dimana akses terhadap dunia luar (internet) berada dalam genggaman. Karena tidak hanya korban, bahkan pelaku pencabulan yang diamankan beberapa waktu lalu juga berusia di bawah umur.
 
"Mayoritas pelaku ini terinspirasi karena menonton konten tak senonoh. Untuk itu hendaknya kita selalu mengawasi anak kita apalagi ditengah kemajuan zaman seperti sekarang," pintanya.
 
Lima kasus kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur yang terjadi di wilayah hukum Polsek Kumpeh Ulu ini termasuk relatif banyak. Pasalnya dengan cakupan hukum Polsek yang tidak terlalu luas hanya pada Kecamatan Kumpeh Ulu saja. Ini tentu menjadi satu catatan bagi aparat kepolisian. Kanit menyebut pihaknya melalui BKO selalu rutin melakukan penyuluhan terhadap warga.
 
"Kita selalu rutin memberikan penyuluhan terhadap warga agar sama menjaga dan mengawasi keseharian si buah hati. Apalagi dengan kemajuan tekhnologi seperti jaman sekarang ini," pungkasnya.
 
Sekedar diketahu, kasus yang ditangani Polsek Kumpeh Ulu yang terjadi selama beberapa bulan terakhir. April 2016 satu kasus sudah vonis. November satu kasus tersangka sudah tahap 1. Desember dua kasus memasuki tahap dua, Januari satu kasus. (ndi)

Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #Hukum #daerah

Berita terakit :


Pelantikan IWO se provinsi Jambi, Kerinci & Sungai Penuh dipercaya tuan rumah
Selasa 31 Oktober 2017

Pelantikan IWO se provinsi Jam ...

Selamat Ulang Tahun, Kota Otonom Tanjungpinang
Senin 17 Oktober 2016

Selamat Ulang Tahun, Kota Oton ...

DPRD Provinsi Lampung Akan Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Menyambut HUT RI ke-71
Senin 15 Agustus 2016

DPRD Provinsi Lampung Akan Gel ...

Presiden Jokowi Teken Inpres Penyederhanaan Perizinan Pembangunan Perumahan
Selasa 26 April 2016

Presiden Jokowi Teken Inpres P ...

Riau Ternyata Miliki 29 Kerajaan
Rabu 18 Januari 2017

Riau Ternyata Miliki 29 Keraja ...

Polsek Kembangan Tangkap Pelaku Penipuan 11 Pengemudi Ojek Online
Selasa 27 Maret 2018

Polsek Kembangan Tangkap Pelak ...