Dorong Minat Baca, Pemkot Resmikan Perpustakaan Taman

Jumat 03 Maret 2017 23:48:12 WIB Dilihat : 371 Kali


Dorong Minat Baca, Pemkot Resmikan Perpustakaan Taman

HALUANNEWS--Empat perpustakaan taman di Kota Pontianak diresmikan, Selasa (28/2/2017). Empat perpustakaan itu berada di Taman Alun Kapuas, Taman Akcaya, Taman Digulis dan satu perpustakaan digital di Taman depan Fakultas Teknik Untan. Peresmian secara simbolis dilakukan di Taman Alun Kapuas yang dihadiri langsung Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menerangkan perpustakaan taman dibuat sebagai bagian dari variabel kebahagiaan. Masyarakat kota akan memiliki banyak variasi kegiatan ketika berada di taman. Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan minat baca di Pontianak. “Nanti untuk menumbuhkan minat baca, bakal ada reward untuk tempat anak-anak atau orang tua yang gemar baca. Jika dia sudah menghabiskan misalnya 20 buku kita berikan apa, 50 apa dan 100 buku apa. Sehingga dengan begitu semua orang akan gemar membaca,” katanya usai peresmian.

Jika sudah gemar membaca, Sutarmidji yakin orang akan mencari literatur lain. Ke depan, semua taman di Kota Pontianak akan dilengkapi dengan perpustakaan. Termasuk di Taman Nostalgia depan Kantor Wali Kota Pontianak. Hanya saja, bentuknya sedikit beda. “Di Taman Nostalgia, lebih banyak berisikan informasi tentang Pontianak tempo dulu,” tutupnya.

Dinas Perpustakaan Pontianak telah menyiapkan 6.000 buku untuk 3 perpustakaan. Perpustakaan di Taman Alun Kapuas mendapat jatah paling banyak, 3.000 eksemplar. Dua taman lain, Taman Akcaya dan Digulis Untan, masing-masing mendapat 2.000 eksemplar dan 1.000 eksemplar buku. Sejauh ini, koleksi Perpustakaan Kota Pontianak kurang lebih 39 ribu buku dengan lebih dari 17 ribu judul.

Perihal operasional Taman Alun Kapuas, Kabid Pengeloaan dan Layanan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan Pontianak, Sintya menjelaskan buku hanya boleh dibaca di tempat. Disediakan pula kursi di bawah gedung perpustakaan untuk membaca. Jika pun ingin membaca di areal taman, diperbolehkan, asal dikembalikan. “Jika ingin meminjam, bisa ke perpustakaan di kantor kita,” imbuhnya.

Perpustakaan ini akan buka tiap hari. Diyakininya, perpustakaan akan ramai di akhir pekan dan hari libur. Jika memang diperlukan, dia tidak menutup kemungkinan perpustakaan akan buka hingga malam. Untuk saat ini, hanya dari pukul 08.00 sampai 17.00.

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando menyambut baik perpustakaan di taman. Hal ini sesuai dengan paradigma mendekatkan perpustakaan ke masyarakat. Apalagi di Pontianak, kualitas sumber daya manusia merupakan keutamanaan. “Buku dalam masyarakat bisa meningkatkan pembangunan kapasitas, dengan buku yang ada di semua taman bacaan akan menambah pengetahuan baru bagi masyarakat yang kemudian nantinya masyarakat memiliki kemampuan berdiri di atas kaki sendiri dan akhirnya membuka lapangan usaha,” terangnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk mendukung perpustakaan di Pontianak. Diterangkannya, Perpusnas memiliki program khusus sebagai stimulan penyediaan buku di taman, juga komunitas masyarakat. Tiap tempat, setidaknya akan mendapat bantuan 1.000 eksemplar dengan 500 judul buku. “Termasuk penyediaan infrastruktur perpustakaan digital karena perpustakaan nasional juga sudah meresmikan e-perpusnas,” pungkasnya.

Selain meresmikan empat perpustakaan taman, di waktu yang sama, Pemerintah Kota Pontianak juga meresmikan Taman Nostalgia di depan Kantor Wali Kota Pontianak dan Pontive Center atau yang sebelumnya dikenal dengan Pontianak Command Center

- See more at: http://www.pontianakkota.go.id/dorong-minat-baca-pemkot-resmikan-perpustakaan-taman/#sthash.BQJWY1V7.dpuf


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


Pemrov Upayakan Tata Kelola Bersih, Transparan, Akuntabel Yang Berorientasi Pelayanan Publik
Sabtu 25 Februari 2017

Pemrov Upayakan Tata Kelola Be ...

Acara 82 Tahun Penyair Rusli Marzuki Saria Akan Digelar di Suasana Pantai
Senin 01 Januari 2018

Acara 82 Tahun Penyair Rusli M ...

Hari ini, 16 Kloter ke Jeddah, 12 Kloter ke Madinah
Jumat 23 September 2016

Hari ini, 16 Kloter ke Jeddah, ...

Dana Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Teluk Pandak  untuk pembangunan Desa
Jumat 13 Januari 2017

Dana Anggaran Dana Desa (ADD) ...

Satgas akan Audit Dana Desa Secara Acak
Rabu 11 Oktober 2017

Satgas akan Audit Dana Desa Se ...