Halmahera Barat Siapkan 20 Hektar untuk Produk Unggulan Desa

Sabtu 11 Februari 2017 20:52:24 WIB Dilihat : 210 Kali


Halmahera Barat Siapkan 20 Hektar untuk Produk Unggulan Desa

HALUANNEWS– Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat telah menyiapkan lahan seluas 20 hektar untuk mendukung program Produk Unggulan Desa (Prudes) yang menjadi prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Lahan tersebut akan digunakan untuk menanam jagung.

“Dalam konsep 20 ribu hektar ini, kami memberikan tanggung jawab kepada setiap BUMDes untuk mengelolanya. Pemerintah juga menyiapkan kawasan pedesaan terpadu dalam hal perikanan, pertanian, pariwisata, agrobisnis, dan agroindustri,” ujar Bupati Halmahera Barat, Danny Missy, saat bertemu dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Sandjojo, di Jakarta, Jumat (10/2).

Denny menambahkan, seluruh desa di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) yang berjumlah 170 desa telah mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Beberapa diantaranya telah memiliki penghasilan antara Rp 10-30 juta. Menurutnya, adanya BUMDes telah terbukti berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, Denny juga menegaskan manfaat embung yang telah banyak dibangun di daerahnya.

"Embung cukup bagus. Beberapa tempat tertentu yang tidak bisa dijangkau irigasi kita pakai embung. Dengan embung, malah banyak tanaman-tanaman yang berpotensi untuk kita kembangkan, seperti kol tanpa pupuk yang berhasil dengan adanya embung," katanya.

Mendes PDTT Eko Sandjojo mengapresiasi langkah Bupati Halbar yang terus berupaya mempercepat program pembangunan desa untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

"Langkah Bupati Halbar harus kita dorong. Halbar telah membentuk BUMDes yang tersebar di 170 desa. Untuk produk unggulan desanya juga sudah disiapkan dengan adanya lahan seluas 20 ribu hektar untuk tanaman jagung. Untuk itu, kita pasti akan mendorong perekonomian Halbar,”

Menteri Eko menambahkan, dirinya juga akan membantu menyiapkan sarana pascapanen dengan membawa pengusaha swasta masuk ke Halbar. Tidak hanya itu, Menteri Eko juga akan mendorong BUMN agar masuk ke desa-desa di Halbar untuk mendorong perekonomian masyarakat pedesaan. Diharapkan BUMDes yang ada di Halbar dapat menjadi contoh bagi BUMDes di daerah lain.

 


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #daerah

Berita terakit :


KUNJUNGI SURAKARTA, DUBES SINGAPURA DITAWARI INVESTASI TAMAN SATWA
Kamis 29 September 2016

KUNJUNGI SURAKARTA, DUBES SING ...

Gubernur Ingin Semuanya
Rabu 23 Agustus 2017

Gubernur Ingin Semuanya "Segar ...

Kementerian PUPR Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi di Kabupaten Asmat
Jumat 09 Februari 2018

Kementerian PUPR Prioritaskan ...

Gubri Pimpin Apel Pagi Bersama Awal Tahun 2017
Rabu 04 Januari 2017

Gubri Pimpin Apel Pagi Bersama ...

SEKDA : PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR HARUS SALING MENDUKUNG ANTAR SEKTOR
Selasa 29 Maret 2016

SEKDA : PEMBANGUNAN INFRASTRUK ...

Walikota Medan Terima Penghargaan TMMD Ke-99
Selasa 12 Desember 2017

Walikota Medan Terima Pengharg ...

KKN-PPM UNM Sasar Keluarga Kurang Mampu
Rabu 25 Oktober 2017

KKN-PPM UNM Sasar Keluarga Kur ...

PANEN BAWANG MERAH MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN
Kamis 29 Desember 2016

PANEN BAWANG MERAH MENDUKUNG K ...