MENTAN LAUNCHING 'CABAI JAWA TIMUR PAKDE KARWO 1'

Jumat 27 Januari 2017 21:08:14 WIB Dilihat : 213 Kali


MENTAN LAUNCHING 'CABAI JAWA TIMUR PAKDE KARWO 1'

HALUANNEWS--Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, hari ini, Kamis (26/1) melaunching cabai dengan varietas baru. Cabai yang dikembangkan BPTP BalitbangKementan Surabaya itu diberi nama 'Jawa Timur Pakde Karwo (JTPK) 1' dan akan dibagikandan disebar ke seluruh Indonesia.

"Ini bibit varietas baru. Sudah saya coba. Rasanya sangat pedas. Namanya Pakde Karwo 1. Ini sebagai bentuk apresiasi kami pada Pakde Karwo yang telah berhasil surplus cabai, bawang, dan juga sapi," kata Amran saat di BPTP Surabaya.

Untuk varietas cabai JTPK 1 ini produktivitasnya cukup tinggi. Jika setiap hektareumumnya panen cabai antara 8 kwintal sampai 1 ton, JTPK 1 bisa panen hingga 2 juta ton per hektare. Tak hanya cabai, Amran juga menilai Jatim telah sukses dalam produksibawang.

Bahkan untuk kelahiran anak sapi, lanjut Amran, dari target 1,5 juta anak sapi, Jatimmampu menyumbang 1 juta ekor. "Untuk sapi bunting sampai lahir, Jatim sumbang 2/3 dari target nasional. Ini luar biasa. Maka dari itu, atas keberhasilan Jawa Timur ini maka cabaivarietas baru ini tidak salah dinamai Pakde Karwo 1," jelasnya.

Amran menambahkan, untuk menekan harga cabai yang mengalami lonjakan jugadisebar bibit cabai. "Tiap rumah tangga bisa tanam 5-10 pot. Ini kita bagikan gratis. Apa yang ada di sini semua bibit boleh diambil dan dibawa pulang," jelasnya.
 
Untuk anggaran gerakan tanam cabai tahun ini dianggarkan sebesar Rp 100 miliar. "Kalau Rp 100 miliar itu dirasa masih kurang maka tahun depan bisa kita tambah jadi Rp 200 miliar. Kalau tiap rumah tangga bisa tanam dan panen cabai, maka cabai petani bisakita ekspor," tuturnya.

Gubernur Jatim, Soekarwo menuturkan, cabai Jatim selama ini sudah surplus. "Yang pelaing terkenal itu Cabai Kelud dari Kediri. Rasanya pedas dan itu dikirim ke provinsi lain," ungkapnya.


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #daerah

Berita terakit :


Masyarakat Sarolangun Kecewa, Masih Banyak Jalan Yang Rusak Parah  Pemerintah Kabupaten Sarolangun T
Minggu 23 Juli 2017

Masyarakat Sarolangun Kecewa, ...

Open Casting Film Layar Lebar di Purwokerto
Selasa 12 September 2017

Open Casting Film Layar Lebar ...

Pembangunan Perumahan Memerlukan Sumber Pendanaan Jangka Panjang
Selasa 04 Oktober 2016

Pembangunan Perumahan Memerluk ...

Luar Biasa! Empat Hari Para Renang Sumbangkan 34 Emas 13 Perak 11 Perunggu untuk Indonesia
Kamis 21 September 2017

Luar Biasa! Empat Hari Para Re ...