Dana Gotong Royong Dibolehkan untuk Dukung Kemajuan Sekolah

Jumat 13 Januari 2017 10:51:12 WIB Dilihat : 236 Kali


Dana Gotong Royong Dibolehkan untuk Dukung Kemajuan Sekolah

HALUANNEWS--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tengah mempersiapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang memperbolehkan  sekolah menghimpun dana dari masyarakat dengan berdasarkan semangat gotong-royong. Dana yang berhasil dihimpun dari masyarakat tersebut harus digunakan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar di sekolah dan untuk kemajuan dunia pendidikan.
 
“Memang pada dasarnya dibolehkan sekolah menghimpun dana dari masyarakat asal itu tidak memaksa, dan dalam rangka memperkuat kemampuan pendanaan sekolah, dalam rangka gotong-royong,” ujar Mendikbud saat menghadiri lokakarya tentang pencegahan pungutan liar (pungli) di kantor Kemendikbud, Jakarta (12/1/2016).
 
Mendikbud mengatakan, ia juga telah berkonsultasi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto tentang rencana tersebut. “Sebelum ini, saya sudah berkonsultasi kepada Menko Polhukam, Pak Wiranto, untuk menjelaskan posisi dan langkah yang akan dilakukan oleh Kemendikbud.  Beliau tidak masalah, asal itu resmi dan tidak melanggar undang-undang, dan pemanfaatannya betul-betul untuk pemanfaatan sekolah serta transparan,” tutur Mendikbud.
 
Ia juga menjelaskan bahwa mulai tahun ini, setelah Permendikbud yang dimaksud rampung, sekolah akan diizinkan untuk menghimpun dana dari masyarakat atau donator, seperti alumni dari sekolah yang bersangkutan. Ia juga mengajak masyarakat dan para alumni untuk aktif dan secara gotong-royong berpartisipasi dalam memajukan satuan pendidikan tempat mereka bersekolah.
“Saya kira tak ada satu pun orang yang sukses di dunia ini tanpa lewat sekolah. Saya kira enggak ada menteri yang tidak pernah sekolah, minimal SD. Maka sekarang waktunya ia memberikan sumbangan kepada adik-adiknya yang di SD itu, terutama yang tidak mampu,” tutupnya.


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #pendidikan

Berita terakit :


  ZOLA HIMBAU MASYARAKAT TIDAK BUANG SAMPAH DI SUNGAI
Minggu 30 April 2017

ZOLA HIMBAU MASYARAKAT TIDAK ...

KASNO: KETUA LSM KAPOK SALING BERBAGI
Jumat 06 April 2018

KASNO: KETUA LSM KAPOK SALING ...

Indonesianis Robert W. Hefner Apresiasi Kemenag Buat RUU PUB
Selasa 04 Oktober 2016

Indonesianis Robert W. Hefner ...

Indonesia Terus Upayakan Semua Pihak Hentikan Kekerasan di Rakhine State
Sabtu 02 September 2017

Indonesia Terus Upayakan Semua ...

 Heboh lagi warga Dusun Kelumpang Jaya jadi korban amukan Gajah..
Senin 09 Januari 2017

Heboh lagi warga Dusun Kelump ...

Prof Dr. Jasruddin, M.Si:
Rabu 24 Januari 2018

Prof Dr. Jasruddin, M.Si: "Sa ...