Sambut Nyepi Saka Warsa 1938, Arak Ogoh-ogoh Keliling Tugu Pahlawan

Rabu 09 Maret 2016 12:23:06 WIB Dilihat : 324 Kali


Sambut Nyepi Saka Warsa 1938, Arak Ogoh-ogoh Keliling Tugu Pahlawan

HALUANNEWS-Surabaya-Mewarnai persembahyangan Tawur Agung Kesanga, jelang perayaan Nyepi Saka Warsa 1938, sejumlah ogoh-ogoh diarak oleh umat Hindu Surabaya. Ogoh-ogoh tersebut diarak  mengelilingi area lapangan kompleks Tugu Pahlawan, Selasa (8/3).

Ogoh-ogoh adalah bentuk visual sifat buruk di dunia yang harus dibersihkan dan diberantas  sebelum memasuki Tapa Catur Brata Penyepian. Nantinya dalam puncak persembahyangan Tawur Agung Kesanga, seluruh ogoh-ogoh akan dibakar.

Nyoman Sutantra, Ketua Walaka Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jatim mengatakan, Tawur Kasanga dan pawai ogoh-ogoh adalah bagian dari persiapan menjalankan catur brata penyepian besok. Sehingga, setelah semua ritual selesai, kita semua bisa menjalankan Nyepi dengan kondisi bersih dan suci

Sebanyak sembilan ogoh-ogoh berbagai bentuk diarak mengelilingi Tugu Pahlawan. Mayoritas bentuk ogoh-ogoh berwujud menyeramkan. Meski ada pula yang sedikit nyeleneh dengan mengambil rupa buaya yang sedang memangsa manusia.

Sedangkan terkait jumlah ogoh-ogoh, Sutantra menyatakan bahwa sembilan merupakan angka keramat. Sembilan adalah bilangan tertinggi pada deretan angka.

Sementara itu, pawai ogoh-ogoh diberangkatkan oleh Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Pada kesempatan itu, Whisnu mengatakan, Surabaya sejauh ini sangat kondusif. Hal ini tak lepas dari peran para tokoh masyarakat dan tokoh agama, termasuk para pemuka agama Hindu.

Dia menambahkan, kegiatan pawai ogoh-ogoh sudah menjadi agenda rutin yang mampu menarik wisatawan. Oleh karenanya, Whisnu berharap setiap momen keagamaan bisa menjadi daya tarik wisata religi di Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Wisnu mengucapkan selamat menjalankan ibadah Nyepi bagi segenap umat Hindu. Semoga momen Nyepi ini mampu menjadikan diri kita sebagai manusia yang lebih baik dan selalu dituntun di jalan Dharma.

editor : hmi


Tag Berita :
#nasional #keluarga #daerah #ekonomi #hiburan

Berita terakit :


APPERTI  Sulsel Gelar Seminar Nasional  Tantangan Perguruan Tinggi di Era Digital
Selasa 16 Januari 2018

APPERTI Sulsel Gelar Seminar ...

Di Era MAHEM, Maksiat Tidak Menjamur Lagi
Senin 14 Agustus 2017

Di Era MAHEM, Maksiat Tidak Me ...

Sekwan DPRD Provinsi Lampung Masuki Masa Purna Bakti Hari Ini
Selasa 01 Maret 2016

Sekwan DPRD Provinsi Lampung M ...

Pimpinan Pusat Tapak Suci Terpilih, Diminta Perhatikan Daerah
Minggu 25 Februari 2018

Pimpinan Pusat Tapak Suci Terp ...

BUPATI DJOKO NUGROHO HADIRI PERESMIAN PENDOPO KANTOR CAMAT BOGOREJO
Kamis 11 Januari 2018

BUPATI DJOKO NUGROHO HADIRI PE ...