Jangan Biarkan Keberagaman Jadi Malapetaka

Rabu 09 Maret 2016 11:56:24 WIB Dilihat : 237 Kali


Jangan Biarkan Keberagaman Jadi Malapetaka

HALUANNEWS-Semarang - Bhinneka Tunggal Ika tidak hanya menjadi semboyan pemersatu bangsa, melainkan juga wujud kekayaan Indonesia. Keberagaman nusantara tersebut haruslah dirawat dengan cara yang tepat.

"Keberagaman itu kekayaan Indonesia. Kalau kita tidak pandai dan hati-hati, keberagaman bisa menjadi malapetaka. Apalagi kalau semua merasa paling benar dan tidak toleran," tegas Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi saat membuka acara Musyawarah Daerah IX Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016 di Hotel Semesta, Selasa (8/3).

Peran para ulama, lanjut Heru, penting untuk membimbing masyarakat agar mampu merawat keberagaman. Sehingga tidak menimbulkan konflik
antarwarga pada masa mendatang.

"Artinya, harus ada yang membimbing dan memberikan arahan. Inilah mengapa kehadiran ulama kita yakini penting. Jajaran pemerintahan tidak pernah mengabaikan para ulama," jelasnya.

Senada dengan Heru, Ketua MUI Jawa Tengah Prof Dr KH Ahmad Daroji menyebut, para ulama berupaya membantu pemerintah untuk mengatasi persoalan-persoalan masyarakat. Seperti aliran dan paham yang menyimpang, isu-isu radikalisme, terorisme, Islamic State, Gafatar, intoleransi, HAM, diskriminasi, perilaku seksual menyimpang yang
dikenal dengan Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT), dan narkoba.

"Alhamdulillah, dalam menghadapi itu semua, MUI tidak pernah ketinggalan dalam membimbing masyarakat bagaimana mereka harus
bersikap," terangnya.

Ketua MUI Pusat Dr KH Ma'ruf Amin menegaskan kembali bahwa tugas utama MUI adalah memantapkan Islam yang moderat, santun, ramah, dan tidak radikal. Islam yang toleran dan bisa menerima perbedaan agama.

"Prinsipnya, Agama anda, agama anda. Agama saya, agama saya. Kita tidak perlu bertengkar. Islam yang saling mengasihi dan menumbuhkan persaudaraan sebangsa setanah air," tegasnya.

editor : hmi


Tag Berita :
#nasional #presiden #daerah #politik

Berita terakit :


Pengganti Panglima TNI Dipersiapkan Menghadapi Tahun Politik
Rabu 06 Desember 2017

Pengganti Panglima TNI Dipersi ...

Gubernur Minta Komisioner KID Babel Profesional
Senin 14 Maret 2016

Gubernur Minta Komisioner KID ...

Industri Jamu Tumbuh 10 Persen dan Serap 15 Juta Orang
Selasa 01 Agustus 2017

Industri Jamu Tumbuh 10 Persen ...

BEM Unsa Bina Akrab Di Tanjung Bayang
Sabtu 30 September 2017

BEM Unsa Bina Akrab Di Tanjung ...

Jepang Mitra Strategis Indonesia di Berbagai Bidang
Minggu 15 Januari 2017

Jepang Mitra Strategis Indones ...

Gubernur Bengkulu Inginkan Kepahiang Menjadi Agro Industri
Selasa 29 Maret 2016

Gubernur Bengkulu Inginkan Kep ...