Kabupaten/Kota Fokus Tuntaskan Investasi di Daerah

Jumat 30 Desember 2016 22:38:56 WIB Dilihat : 203 Kali


Kabupaten/Kota Fokus Tuntaskan Investasi di Daerah

HALUANNEWS--Banyak proyek pembangunan infrastruktur di daereah tidak saja bersumber dari anggaran negara (APBN) maupun dana daerah (APBD) baik provinsi ataupun kabupaten dan kota tetapi bersumber dana swasta atau investasi.

Karenanya, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta para kepala daerah baik bupati maupun walikota fokus menyukseskan proyek-proyek infrastruktur yang didanani investor.

Permintaan itu disampaikan Gubernur pada saat penyerahan DIPA, Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Samarinda, belum lama ini.

Menurut dia, proyek-proyek infrastruktur yang menggunakan dana swasta itu tersebar di berbagai daerah dan berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

“Selain melaksanakan kegiatan dari APBN ataupun APBD, saya berharap investasi yang bersumber dari luar negeri di kabupaten dan kota dituntaskan dengan baik,” kata Awang Faroek.

Misalnya, pembangunan jalan tol yang menghubungkan dua kota (Balikpapan dan Samarinda) sepanjang 99,2 kilometer selain APBN juga mengggunakan dana LOAN dari China.

Termasuk, pembangunan rel kereta api jalur Kutai Barat hingga kawasan industri Maloy Kutai Timur melewati Kutai Kartanegara dana investasi bersumber dari Federasi Negara Rusia.

Juga, pembangunan kawasan industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara terintegrasi dengan Kawasan Industri Kariangau Balikpapan didukung dana investasi Rusia.

“Ada lagi pembangunan pembangkit listrik tenaga uap dan gas serta pabrik pupuk di Bontang. Proyek-proyek itu merupakan investasi asing dengan dana besar dan kepala daerah bersama masyarakat harus menyukseskan pembangunannya,” harap Awang Faroek.


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah #ekonomi

Berita terakit :


Paripurna Terkait Pembacaan Keputusan tentang Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Batang Hari Tahu
Selasa 25 April 2017

Paripurna Terkait Pembacaan Ke ...

PRA MUSRENBANGDUS DI AULA KANTOR KECAMATAN TANAH SEPENGGAL 2018
Senin 08 Januari 2018

PRA MUSRENBANGDUS DI AULA KANT ...

Panwaslu Kerinci Diduga Menabrak UU No 7 Tahun 2017, Ini Pasal yang Dilanggarnya...
Rabu 04 Oktober 2017

Panwaslu Kerinci Diduga Menabr ...

Ribuan Warga Medan Berdzikir & Berdoa Sambut 2017
Minggu 01 Januari 2017

Ribuan Warga Medan Berdzikir & ...