Hasil Riset Penelitian Sebaiknya Dimanfaatkan Industri

Rabu 28 Desember 2016 22:59:07 WIB Dilihat : 319 Kali


Hasil Riset Penelitian Sebaiknya Dimanfaatkan Industri

HALUANNEWS--Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) tertantang untuk membangun kerja sama yang harmonis antara para peneliti dengan industri. Hubungan industri dan peneliti selama ini terbilang belum optimal.
 
"Tantangan pertama adalah mengubah pola pikir untuk para peneliti yang belum baik. Kedua, regulasi yang mendukung, Ketiga adalah kerja sama antara peneliti dan industri belum begitu baik. Makanya ini yang saat ini kami dorong membuat kerja sama dengan industri," kata Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Muhammad Nasir  di kantornya, Jakarta, Rabu (28/12/2016).
 
Menurut Menteri Nasir, kerjasama dengan industri diperlukan untuk mengembangkan riset-riset di dalam negeri. Kemristekdikti. kata Nasir, tidak ingin hasil riset tersebut hanya menumpuk di perpustakaan-perpustakaan tanpa ada implementasi di lapangan. Namun riset-riset tersebut harus mampu dimanfaatkan industri.
 
"Oleh sebab itu tidak pernah dilakukan rekayasa dalam perjalanannya. Sekarang itu kami buat rekayasa, buat kerja sama seperti pendampingan kepada peneliti, dan industri ke depan. Sehingga industri nanti itu risetnya jadi sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan demikian nanti itu lebih kepada hilirisasi dan komersialisasi," kata Menteri Nasir. 
 
seperti diketahui, pada tahun 2016, Kemenristekdikti menargetkan 15 produk inovasi, capaiannya sebanyak 40 produk. 
 
Adapun produk-produk inovasi yang dihasilkan antara lain ADS-B, Smart Card, Implant Tulang, pabrik enzim, plastik komposit, smelter, EKG Kanal Telemetri, Sediaan Obat Neurat Fitofarmaka, rubber air bag, sepeda motor listrik, computer based interlocking (CBI) untuk sistem sinyal kereta api, inverter, padi IPB 3 S, base station 4 G, alat kesehatan (ina shunt, NPC strip, ceraspon, ina sent), desain kapal ikan hidup, smart phone 4 G, dan e-ticketing.

Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #kampus

Berita terakit :


Gubernur Briefing Kepala Desa dan Tenaga Pendamping Profesional Desa
Selasa 24 Januari 2017

Gubernur Briefing Kepala Desa ...

Menag Hadiri Haul Masyayikh dan Khataman Ihya Ulumiddin di Ponpes Darussalam
Selasa 26 April 2016

Menag Hadiri Haul Masyayikh da ...

Pergantian Ketua DPRD, Mulyadi Yacoub: Sesuai Kesepakatan
Senin 16 Oktober 2017

Pergantian Ketua DPRD, Mulyadi ...

Industri Pertrokimia Penuhi Bahan Baku Otomotif
Kamis 09 Februari 2017

Industri Pertrokimia Penuhi Ba ...

Pemko Medan Terima Mobil Perpustakaan Keliling
Senin 21 November 2016

Pemko Medan Terima Mobil Perpu ...