Menag, IAIN Samarinda Miliki Peluang Sama Untuk Maju

Selasa 08 Maret 2016 09:48:00 WIB Dilihat : 719 Kali


Menag, IAIN Samarinda Miliki Peluang Sama Untuk Maju

HALUANNEWS - Samarinda (Pinmas) – Menjadikan perguruan tinggi Islam berkualitas tinggi memang bukan pekerjaan gampang dan instan. Butuh waktu lama, istoqomah, tanggung jawab, kesabaran, dan komitmen serta niat tulus untuk memajukan lembaga ini. 

IAIN Samarinda memiliki peluang yang sama dengan PTKIN lain untuk maju,” terang Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya yang dibacakan Sekjen Kementerian Agama Nur Syam saat meresmikan Kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda-Kalimantan Timur, Senin (7/3). 

Dikatakan Menag, potensi internal dan eksternal harus digali untuk mendapatkan distingsi atau keunikan IAIN Samarainda ini yang berbeda dan membedakan dengan PTKIN lain. Menag mengilustrasikan, Kaltim pernah memiliki kerajaan besar yakni Kutai Kertanegara. Selanjutnya ketika menjadi kerajaan Islam yang disebut Kesultanan Kutai Kertanegara, sebagai sebuah peradaban kerajaan ini membentuk Kaltim seperti sekarang ini. 

IAIN memiliki fakultas yang relevan dengan pengembangan budaya dan peradaban Islam semacam ini,” ujar Menag. 

Dalam pandangannya, PTKI sesungguhnya memiliki ragam kajian keislaman yang kaya sekali untuk dipromosikan ke masyarakat. Untuk itu, Menag mendorong agar Fakultas Adab yang selama ini ada di IAIN perlu dikembangkan dengan menggali cabang ilmu-ilmu keislaman baru yang lebih segar, termasuk seni dan budaya daerah setempat dimana PTKI berada. 

“Seluruh ilmu-ilmu keislaman itu dipelajari dengan maksud melahirkan sarjana yang memiliki pengetahuan luas tentang Islam, bangga terhadap Islam, mengamalkan dan menghayati nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki keunggulan di bidangnya,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Menag  ingin mengaitkan upaya-upaya memajukan perguruan tinggi kita itu dengan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama yaitu profesional, integritas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. 

Menag meyakini, 5 Nilai Budaya Kerja ini sangat islami, Qur’ani, dan merupakan pengejawantahan dari akhlaqul karimah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Kesalahan berpikir kita sering memahami akhlaq secara sempit sebagai pranata sopan santun dan etika. Padahal inspirasi Qur’an dan prilaku Rasulullah SAW  jauh lebih hebat, mencakup ke-5 Nilai Budaya dan sikap kerja itu. 

“Maka dari itu, jika kita bisa melaksanakan 5 Nilai Budaya Kerja ini sejatinya kita sedang meneladani Rasulullah SAW, dan karenanya bernilai ibadah,” ucap Menag. 

Sementara itu, Gubernur Awang Faroek dalam sambutannya  menegaskan bahwa pemerintah provinsi Kalimantan Timur mendukung penuh pengembangan IAIN sebagai kampus yang diharapkan mencetak kader-kader ulama dan cendekiawan muslim termasuk mendukung IAIN bertransformasi menjadi Univesitas Islam Negeri (UIN).

“1000 persen, pemrov Kaltim mendukung penuh IAIN Samarinda menjadi UIN, komitmen pemrov jangan dipertanyakan lagi,” ujar Gubernur . 

Awang Faroek mengaku khawatir dengan semakin bekurangnya ulama-ulama khususnya di Kaltim yang saat ini usianya rata-rata sudah 60 tahun ke atas, sehingga ia berharap dari IAIN Samarinda lahir ulama dan cendekiawan baru yang akan menggantikan ulama-ulama tersebut kelak.

Komitmen lain pemrov selain penyediaan lahan bagi pembangunan kampus, gubernur dalam kesempatan tersebut berkomitmen memberikan beasiswa S 2 dan S 3 bagi 100 mahasiswa IAIN Samarinda baik di dalam dan luar negeri melalui program program Beas Siswa Kaltim Cemerlang. (cub)


Tag Berita :
#nasional #presiden #selebritis #keluarga #sehat #kampus #daerah #hiburan

Berita terakit :


Gub:Tahun 2017 Pemprov Bengkulu Menggunakan Sistem E Goverment
Rabu 03 Agustus 2016

Gub:Tahun 2017 Pemprov Bengkul ...

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto Menerima Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin
Selasa 11 April 2017

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto ...

PELANTIKAN PEJABAT ESSELON II
Jumat 26 Agustus 2016

PELANTIKAN PEJABAT ESSELON II

Sinergi Jokowi dan Awang Faroek
Minggu 27 Maret 2016

Sinergi Jokowi dan Awang Faroe ...

Festival Kemilau Kaltim X 2016 Ajang Budaya Pemersatu Bangsa
Minggu 25 September 2016

Festival Kemilau Kaltim X 2016 ...

GUBERNUR KALUNGKAN EMAS KE 6 SUMBAR PADA PESILAT ANTON YUSPERMANA
Sabtu 24 September 2016

GUBERNUR KALUNGKAN EMAS KE 6 S ...