Jangan Gunakan Hiasan Kabin yang Dapat Menjadi Distraksi Berkendara

Sabtu 26 November 2016 14:37:04 WIB Dilihat : 151 Kali


Jangan Gunakan Hiasan Kabin yang Dapat Menjadi Distraksi Berkendara

HALUANNEWS--Memiliki mobil dengan tampilan unik dan mengepresikan karakter pemilik terkadang membuat pemilik menghias mobil dengan berbagai aksesoris. Ini dilakukan sehingga semakin terlihat menarik dan sedap dipandang mata.

Namun anda harus waspada karena terkadang perhiasan mobil ini tak hanya menarik perhatian namun juga mengalihkan konsentrasi mengemudi Anda. Memang tak ada larangan khusus untuk memasang aksesoris ini, tapi Anda harus hati-hati akan potensinya yang bisa menimbulkan bahaya. 

Dalam memodifikasi mobil jangan sampai aksesoris tersebut malah membuat mobil Anda rusak atau bahkan menimbulkan bahaya bagi Anda seperti kecelakaan.

Hiasan kabin seperti pembungkus tisu dan boneka memang sangat cantik jika dipasang. Namun Anda harus ingat bahwa benda-benda ini tak memiliki grip atau kemampuan untuk menahan dirinya. Saat mobil manuver dan menimbulkan guncangan, bisa saja benda-benda ini jatuh dan menganggu konsentrasi mengemudi Anda. Sementara itu, meletakkan benda-benda ini di atas dasbor dan kaca depan bisa mengurangi daya pandang atau visibilitas mengemudi.

Bagi Anda yang terbiasa menaruh gantungan pengharum kabin dengan cara menggantung di kaca spion tengah kabin mobil Anda, kini hal tersebut sepertinya harus dipikirkan ulang. Sebab hal itu ternyata banyak menimbulkan kecelakaan.

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris terungkap kalau gantungan mengundang banyak bahaya. Barang-barang itu biasanya digantungkan di kaca spion tengah kabin dan ditempelkan di kaca belakang mobil.

Salah satu favorit aksesoris mobil adalah pembungkus setir dan tuas transmisi yang kini banyak dijual dipasaran. Pembungkus stir/cover/sarung stir atau pembungkus stir saat ini banyak sekali dipakai untuk mempercantik tampilan bagian dalam mobil, Lantas apakah berbahaya ? pembungkus stir ini kebanyakan dibuat tidak untuk memperhitungkan keselamatan berkendara, sementara stir mobil sebenarnya telah didesain dengan sangat ergonomis dengan memperhitungkan grip dan jari-jari agar bisa mendapatkan kendali maksimal mboil melalui stir ini.

Menjadi favorit karena pilihan warnanya yang menarik dan beragam sehingga Anda bisa memilih sesuai keinginan. Namun, pada dasarnya setir sendiri sebenarnya sudah didesain standar pabrik sehingga dapat digenggam dengan mudah oleh tangan.

Material tambahan semacam pembungkus setir bisa mengurangi kemantapan setir dan mengganggu proses pengendalian arah mobil. Hal serupa juga berlaku untuk pembungkus tuas transmisi yang tak teruji kualitasnya.

Hal tersebut bisa mengurangi daya cengkeram tangan anda ketika mengendara. Selain itu, pembungkus terkadang juga tak lekat dengan baik sehingga bisa menimbulkan masalah lain. Bahan-bahan seeprti fabric dengan bulu halus bisa menghilangkan daya cengkeram dengan mudah. Saat Anda harus mengolah setir dengan cepat, aksesoris ini justru bisa menganggu Anda. Oleh karena itu pemilik harus cerdas memilih aksesoris yang kira – kira pas dan aman untuk mobil Anda.

Pembungkus pedal yang berbahaya adalah yang terbuat dari logam, karena pedal yang mayoritas dari karet telah didesain agar memiliki grip saat diinjak (tidak licin). Jika memakai pembungkus pedal berjenis logam lebih baik pada bagian rem tidak usah dibungkus, atau lebih baik memakai pembungkus pedal berbahan karet dengan pemasangan yang kuat


Tag Berita :
#koran indonesia #keluarga #hiburan

Berita terakit :


Bakamla RI Terima Kunjungan Kerja Civitas Akademika Universitas Lampung
Rabu 27 September 2017

Bakamla RI Terima Kunjungan Ke ...

Kemenag Akan Perkuat Ketahanan Keluarga
Selasa 29 Maret 2016

Kemenag Akan Perkuat Ketahanan ...

Promosikan Desa Wisata Lewat Fun Tubing
Sabtu 24 Desember 2016

Promosikan Desa Wisata Lewat F ...