Gusairi Mensosialisasikan Eksistensi KIM Babel

Jumat 18 November 2016 19:38:40 WIB Dilihat : 166 Kali


Gusairi Mensosialisasikan Eksistensi KIM Babel

HALUANNEWS--Gusairi Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM ) Merah Putih Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memanfaatkan acara sarasehan KIM di Hotel Harris Bandung, Jumat (18/11/2016) sebagai ajang mensosialisasikan eksistensi KIM di Babel.

“Kita dapat mensosialisasikan eksistensi keberadaan dan kebutuhan KIM menyikapi perubahan sosial masyarakat. KIM sebagai agen informasi mengedukasi masyarakat, untuk mendapat nilai tambah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Pembelajaran kelompok informasi masyarakat secana nasional sudah menjadi kebutuhan. Ia mengatakan, hal tersebut diawali dengan menggerakkan dan mempersiapkan pembentukan forum KIM. Sebab KIM diharapkan dapat aktif sebagai fasilitator mengkomunikasikan program pemerintah.

Ke depan peran pelaku KIM dipersiapkan menjadi guru ruang publik (cyber teacher). Menurutnya, masyarakat dapat mengelola dan menjadikan informasi sebagai nilai tambah. Sehingga berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai lembaga independent, KIM tumbuh dari kebutuhan masyarakat. Diharapkan masyarakat bisa memilah informasi secara sehat dan bermartabat. Sedangkan KIM menjadi mitra pemerintah berperan sebagai jembatan penghubung  informasi antara pemerintah dengan masyarakat.

“KIM menyuarakan program pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten kepada masyarakat. Jadi KIM sebagai jembatan informasi," tegasnya.

Terkait perkembangan KIM di Bangka Belitung, Gusairi menyarankan kepada seluruh pelaku KIM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mendukung dan memanfaatkan kegiatan serasehan ini. Sebab awal segala perubahan dimulai dari pola pikir dan informasi.

“Informasi yang benar dan sehat dapat menjadi nilai tambah. Masyarakat harus aktif mendapatkan informasi, lalu mengelolanya sehingga menjadi nilai tambah," harapnya.


Tag Berita :
#koran indonesia #daerah

Berita terakit :


Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra Soppeng Laksanakan Salat Gerhana Bulan.
Kamis 01 Februari 2018

Pondok Pesantren Perguruan Isl ...

Tiang Gawang Hilang, DEJ: Perlu Diselidiki Agar Tidak Ada Fitnah
Rabu 27 Desember 2017

Tiang Gawang Hilang, DEJ: Perl ...

Warga Wonosobo Keluhkan Tidak Ada Dinas Sosial
Kamis 24 Maret 2016

Warga Wonosobo Keluhkan Tidak ...

Presiden Jokowi Sumbang Korban Bencana Banjir Bandang Garut Rp 1,3 Miliar
Kamis 22 September 2016

Presiden Jokowi Sumbang Korban ...

LSM GASAK: Zainal Abidin Dinilai Tak Layak Jadi Orang Nomor Satu Kerinci
Kamis 18 Januari 2018

LSM GASAK: Zainal Abidin Dinil ...

Bandara Juanda Menyelenggarakan Lomba Menggambar dan Mewarnai
Kamis 29 Desember 2016

Bandara Juanda Menyelenggaraka ...

Indonesia Tegaskan Tidak Ada Kompromi Hadapi IUU Fishing
Kamis 04 Agustus 2016

Indonesia Tegaskan Tidak Ada K ...