Pulau Karampuang

Minggu 30 Oktober 2016 12:18:49 WIB Dilihat : 298 Kali


Pulau Karampuang

HALUANNEWS--Pulau Karampuang adalah sebuah pulau yang berada di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Pulau ini memiliki luas sekitar 6 Km persegi dan kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi di Pulau Sulawesi.

Pulau Karampuang memiliki keindahan bawah laut yang berupa terumbu karang dan biota laut yang mengagumkan bagi siapa saja yang melihatnya. Bahkan kawasan terumbu karang di pulau ini masih sangat alami sehingga para penyelam bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Karampuang.

Selain itu, di kawasan pulau ini juga terdapat sebuah dermaga kayu sepanjang 500 meter dan dibangun dari garis pantai yang menjorok ke laut. Air lautnya pun juga sangat bersih dan jernih tidak kalah dengan pemandangan bawah laut.

Di kawasan pulau ini juga terdapat sumur tiga rasa atau yang sering dikenal dengan nama Sumur Jodoh. Sumur ini tepatnya berada di bagian selatan dari Pulau Karampuang. Banyak masyarakat yang percaya bahwa sumur ini bisa mendatangkan jodoh bagi siapa saja baik perjaka ataupun gadis yang meminum air sumur ini. Untuk rasa air di sumur ini memang benar bahwa sumur ini memiliki 3 rasa yang berbeda. Jika penasaran, silakan kunjungi pulau ini dan cobalah untuk merasakan air sumur ini.

Selain itu, di pulau ini juga terdapat sebuah goa yang diberi nama dengan Goa Lidah. Jika anda ingin menyusuri ke dalam goa, silakan anda telusuri dengan menggunakan tangga yang telah tersedia. Jika dilihat dari kejauhan, goa ini terlihat kecil dikarenakan memang goa ini memiliki mulut goa yang berukuran kecil. Namun, jangan kaget jika sudah memasuki goa ternyata setelah sampai di dalam goa terdapat ruangan goa yang cukup luas dan dinding goa pun juga sangat kokoh.

Lokasi

Obyek Wisata Pulau Karampuang ini berada di Kecamatan Simboro Kepulauan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Jika dari Kota Mamuju hanya berjarak sekitar 3 Km dari pusat Kota.
Untuk menuju kawasan obyek wisata ini, anda bisa memulai perjalanan dari dermaga kota Mamuju yang terdapat di area tempat pelelangan ikan Kasawi. Dari dermaga ini, anda bisa menyewa perahu motor yang biasa disebut dengan sebutan katinting. Waktu yang diperlukan untuk menuju Pulau Karampuang yaitu sekitar 20 menit dan biaya sewa berkisar Rp 20.000 saja


Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #daerah #ekonomi #hiburan

Berita terakit :


EKSPEDISI NKRI MEMBENTUK KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA
Senin 25 September 2017

EKSPEDISI NKRI MEMBENTUK KARAK ...

Sumsel Tuan Rumah Triathlon Dunia 2017
Rabu 28 September 2016

Sumsel Tuan Rumah Triathlon Du ...

Yunita Pantang Menyerah Perjuangkan Kesehatan Ibu & Anak di Klamono Papua Barat
Selasa 19 April 2016

Yunita Pantang Menyerah Perjua ...

Kreatif, Kanwil Kemenag DKI Buat Kaca Mata Gerhana
Selasa 08 Maret 2016

Kreatif, Kanwil Kemenag DKI Bu ...

Gubri Terpaksa Nyinyir Ajak SKPD Hemat Listrik
Kamis 03 November 2016

Gubri Terpaksa Nyinyir Ajak SK ...

Siak tandatangani MoU promosi wisata.
Senin 16 April 2018

Siak tandatangani MoU promosi ...