Raker Dengan Komisi X DPR RI, Menpora Jelaskan Masalah Realokasi Anggaran Renovasi Gelora Bung Karno

Selasa 18 Oktober 2016 23:01:00 WIB Dilihat : 359 Kali


Raker Dengan Komisi X DPR RI, Menpora Jelaskan Masalah Realokasi Anggaran Renovasi Gelora Bung Karno

HALUANNEWS--Menpora Imam Nahrawi hari Selasa (18/10) siang menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI melanjutkan agenda rapat kerja tanggal 13 Oktober 2016 tentang pembahasan realokasi anggaran renovasi Gelora Bung Karno di Ruang Rapat Komisi X DPR RI Gedung Nusantara 1 Gedung MPR/DPR Jakarta. Dalam rapat kerja ini Menpora didampingi jajaran Pejabat Eselon I dan II Kemenpora, Staf Khusus serta Ketua KOI Eric Thohir dan jajarannya.
 
Rapat kerja antara Kemenpora dengan Komisi X DPR RI ini bersifat terbuka dan dipimpin oleh Pimpinan Komisi X DPR RI Utut Adianto bersama Teuku Riefky Harsya dan Ferdiansyah.Pada pembukaan raker Utut Adianto menyampaikan pokok-pokok hasil rapat kerja pada 13 Oktober 2016 yang lalu tentang laporan pertanggungjawaban KOI terhadap pembayaran yang telah dilakukan kepada OCA dan pengalihan pemanfaatan dana renovasi GBK.
 
Melanjutkan Agenda Rapat Kerja pada 13 Oktober 2016 yang lalu, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) KOI/INASGOG tentang pembayaran jaminan pelaksanaan Asian Games 2018 dan dana kepentingan kehumasan dan kampanye Asian Games 2018 yang telah di bayarkan kepada OCA.
 
Selain itu dalam Rapat Kerja ini, Menpora juga menjelaskan tetang hasil rekomendasi BPKP terkait review realokasi anggaran renovasi Gelora Bung Karno sebesar Rp 500 milliar. "Berdasarkan hasil review BPKP terhadap rencana realokasi anggaran renovasi GBK sebesar Rp 500 Milliar, sejumlah Rp 235.603.281.600,- merupakan kegiatan yang sudah clear dan sejumlah Rp 264.396.718.400,- digunakan untuk sumber pemotongan guna pemenuhan Inpres No. 8 Tahun 2016 tentang Pemotongan/Penghematan Anggaran Belanja K/L Tahun 2016, " ujar Imam.
 
Imam melanjutkan, pada trilateral meeting antara Kemenpora RI, Kemenkeu RI, BAPPENAS dengan memperhatikan hasil review BPKP, Kemenpora telah mengusulkan penggunaan realokasi pemanfaatan dana renovasi GBK. "Pada Trilateral Meeting, kami sudah mengusulkan realokasi anggaran renovasi GBK sebesar Rp. 235.603.281.600,-  tersebut untuk Pembayaran broadcasting fee Asian Games 2018, Pembayaran Asian Paragames Broadcasting Right Fee, dukungan layanan kesehatan RSON, penguatan LADI, serta dukungan kepanitiaan Asian Paragames, " lanjut Imam.
 
"Usulan kegiatan tersebut telah disetujui namun memerlukan data dukung lebih lanjut (TOR dan RAB), Kemenkeu RI memberikan catatan terhadap kami bahwa pengalihan pemanfaatan dana renovasi GBK harus sejalan dengan RKP Tahun 2016, Tugas Pokok Fungsi Kemenpora, mengikuti ketentuan yang berlaku serta tidak boleh over lapping dan duplikasi dengan alokasi RKA-K/L TA 2016, " ujar Imam.
 
Menanggapi paparan Menpora Imam Nahrawi terhadap pembayaran yang telah dilakukan kepada OCA dan realokasi anggaran renovasi GBK, Komisi X DPR RI dalam kesimpulan rapat mengingatkan dan meminta kepada pemerintah agar kualitas penyelenggaraan Asian Games 2018 berjalan lancar dan sukses sesuai dengen ketentuan perundang-undangan. Sehingga jaminan pelaksanaan Asian Games 2018 sebesar US$ 2 juta yang merupakan jaminan akan dikembalikan bilamana penyelenggaraan Asian Games 2018 telah selesai. Selanjutnya atas pembayaran kepada OCA sebesar US$ 5 juta sebagai biaya kehumasan dan kampanye agar disampaikan kerangka acuan dan laporan penggunaanya oleh INASGOG dan Kemenpora RI pada tahun 2017.
 
Komisi X DPR RI juga menyetujui pembayaran broadcasting fee sebesar US$ 30 juta kepada OCA dengan rincian pembayaran sebesar Rp 200 milliar dibayarkan melalui realokasi anggaran renovasi GBK pada tahun 2016, dan atas kekurangannya Komisi X DPR RI mengharapkan pemerintah dapat membayarkannya di tahun 2016 sebagai jaminan kepastian Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #hiburan #politik

Berita terakit :


Ini ldentitas Korban Luka Bakar Kebakaran di Kersik Tuo
Minggu 25 Maret 2018

Ini ldentitas Korban Luka Baka ...

Wujudkan Lembaga Tertib Administrasi Dispendik Gelar Pelatihan
Selasa 14 Februari 2017

Wujudkan Lembaga Tertib Admini ...

Wako AJB Berkantor di Lokasi Kebakaran, Terus Pimpin Goro Bersama TNI
Senin 29 Januari 2018

Wako AJB Berkantor di Lokasi K ...

Gubernur : Pemprov dan Pemkab Komitmen Berantas PETI
Sabtu 03 September 2016

Gubernur : Pemprov dan Pemkab ...

Ganjar Dihadang Petani Desa Waru
Rabu 18 Januari 2017

Ganjar Dihadang Petani Desa Wa ...

Honda Meresmikan Program Kerjasama Pendidikan Dasar Teknisi Honda Dengan SMKN 3 Kuningan - Jawa Bara
Kamis 09 Februari 2017

Honda Meresmikan Program Kerja ...

Menanamkan Kesadaran Pajak Sejak Dini Melalui Pajak Bertutur
Sabtu 12 Agustus 2017

Menanamkan Kesadaran Pajak Sej ...