Kawal Pesta Demokrasi Agar Menghasilkan Pemimpin Berkualitas

Kamis 13 Oktober 2016 09:24:55 WIB Dilihat : 239 Kali


Kawal Pesta Demokrasi Agar Menghasilkan Pemimpin Berkualitas

HALUANNEWS--Pagelaran pesta demokrasi sekarang ini sudah jauh lebih baik. Masyarakat diberikan kesempatan memilih pemimpin terbaik bagi negeri ini. Kendati demikian, antisipasi terjadinya persoalan harus dilakukan sejak dini. Untuk itu perlu ada kerja sama masing-masing daerah agar pilkada Februari mendatang berlangsung lancar.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menyambut baik rapat koordinasistakeholder yang dilakukan Bawaslu. Sebab perlu memberikan pemahaman tentang pemilihan umum di tataran masyarakat. Namun pemahaman masyarakat tentang pesta demokrasi saat ini jauh lebih baik jika dibandingkan 20 tahun lalu.

“Jika ada kelemahan merupakan hal wajar. Stakeholders dapat memberikan pendidikan dan pelajaran politik tentang hak pilih. Mari kita bersama bergandengan mengawali pesta demokrasi agar menghasilkan pemimpin berkualitas,” jelasnya saat Rapat KoordinasiStakeholders Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, di ruang pertemuan Pasir Padi, Kantor Gubernur, Rabu (12/10/2016).

Semua stakeholders seperti mahasiswa, pemerintah sampai semua lembaga bersatu melakukan pengawasan agar tercapai target minimal 75 persen partisipasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Rapat koordinasi diisi diskusi panel serta mendengarkan paparan dari kabupaten/kota. Terdapat beberapa poin bentuk fasilitasi dukungan dan permasalahan di daerah.

Zul Terry Apsupi Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, perlu ada kerja sama antar kabupaten/kota di Bangka Belitung. Pasalnya kabupaten/kota mengetahui tentang data penduduk pemilih dan kendala di daerah masing masing. Agar tidak ada masalah besar di kemudian, hari harus ada solusi mengatasi masalah di lapangan.

"Kabupaten, kota yang mempunya wilayah dan mengetahui tentang kondisi di daerahnya . Kita harus menghidupkan peran kabupaten dan kota untuk pemilu ke depan,” kata Zul. 


Tag Berita :
#koran indonesia #daerah #politik

Berita terakit :


Kabel PLN menjalar di tanah
Sabtu 18 Februari 2017

Kabel PLN menjalar di tanah

Tertinggi Sejak 2014, BPS: Pertumbuhan Ekonomi 2017 Capai 5,07%
Rabu 07 Februari 2018

Tertinggi Sejak 2014, BPS: Per ...

Jangan Saling Menjelekkan, Presiden Jokowi: Pilkada, Pilih Saja Yang Paling Baik
Selasa 19 September 2017

Jangan Saling Menjelekkan, Pre ...

DESA TELUK PANDAK MEMBAGUN JEMBATAN DAN JALAN .
Senin 02 Oktober 2017

DESA TELUK PANDAK MEMBAGUN JEM ...

Kopi Mandailing Dapat Kontrak USD 1 Juta dari Negeri Ginseng
Kamis 03 Maret 2016

Kopi Mandailing Dapat Kontrak ...

Hari Pertama ICHYEP 2016, Para Peserta Kunjungi China Youth Center dan Diskusi Gagasan Strategi
Jumat 23 September 2016

Hari Pertama ICHYEP 2016, Para ...