Danny, Dari Sombere Layanan Masyarakat Terbangun

Rabu 05 Oktober 2016 21:54:02 WIB Dilihat : 170 Kali


Danny, Dari Sombere Layanan Masyarakat Terbangun

HALUANNEWS--Siapa menyangka jika bangunan sistem pelayanan masyarakat di kota ini diawali dengan kata “Sombere” Ternyata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto telah menggagas kata tersebut menjadi satu diantara tiga program strategis Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Sombere inilah merupakan landasan atau pondasi demi mewujudkan sinergitas dua program strategis berkelanjutan nantinya, seperti di bidang kebersihan yang dikemas dengan program Makassarta Tidak Rantasak (MTR) dan Smart City yang bertujuan membangun pola pola layanan masyarakat secara responsif berbasis ilmu tekhnologi (IT).

“Inilah bangunan sistematis program yang kita jalankan dari awal. Kita memulai melalui pembenahan sistem. Sombere adalah bagaimana melakukan pendekatan terhadap element element terkait hingga sampai kemasyarakat, Dimana, sejatinya Sombere berjalan sesuai dengan ketentuannya. Dilakukan dengan pendekatan-pendekatan sentuh hati, Sehingga apapun yang menjadi kebijakan pemerintah untuk melahirkan program-program mampu atau mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat secara menyeluruh di kota ini.” kata Danny sapaan akrab Wali Kota Makassar,

Lanjut Danny Bahkan, lewat Sombere dengan gerakan sentuh hatinya dianggap mampu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam mewujudkan pembangunan kota ini secara berkelanjutan, atau continue, “Apalagi kita sudah buatkan protokolnya setiap minggu. Jadi ada agenda yang dibuat untuk saling berkoordinasi. Selasa sampai Kamis agenda sentuh hati buat 20 rumah tangga selama tiga hari.

Adapun tujuan sistem protokol yang diagendakan dimaksudkan untuk memperkuat program program terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat lorong berpenghasilan rendah. Seperti inovasi lorong garden (longgar) yang nantinya akan ditingkatkan menjadi Badan Usaha Lorong (Bulo), Disamping itu, protokol juga merupakan alat untuk membangun koordinasi antar pimpinan dengan kepala kelurahan dan kecamatan.

rencana kedepan Senin kita rapat koordinasi seluruh camat dan lurah. Jumat, reporting kerja SKPD, Sabtu dan Minggu kerja bakti. Kalau ini sudah jalan, pasti masyarakat terbentuk hatinya semua, itulah sombere, Apabila telah maksimal terlaksana, maka penguatan layanan dasar di dua bidang seperti kesehatan dan pendidikan, optimistis dapat terwujud, Pada dasarnya, ketiga pola program strategis ini berjalan sistematis hingga masyarakat masih memberi kepercayaannya untuk Danny menjabat kembali sebagai wali kota.

Masyarakat, kata Danny bisa terlayani dengan program homecare di bidang kesehatan. Dimana, layanan tersebut sifatnya riil time, seluruh petugas kesehatan di 14 wilayah kecamatan akan mendatangi rumah masyarakat jika dibutuhkan, Kalau di bidang pendidikan kita perkuat dengan Makassar student smart card,” terangnya.

Danny menambahkan, melalui Sombere, Makassar menjadi lain dalam mewujudkan kota pintar dibandingkan dengan kota-kota lainnya yang juga menjalankan program smart city, “Smart city kita dimulai dari pendekatan sombere. Smart city membuat semua kota sama, tidak ada pembeda kota satu dengan lainnya. Yang membedakan itu somberenya, kenapa kita gunakan itu karena menjadi pembeda dengan kota lain,” ujar Danny.


Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #daerah

Berita terakit :


Andi Rachman Teken UMP Riau 2017
Rabu 02 November 2016

Andi Rachman Teken UMP Riau 20 ...

Dewan Pengawas RSUD Makassar Kunjungi RS-An-Nisa Tangerang
Sabtu 16 Desember 2017

Dewan Pengawas RSUD Makassar K ...

BPPT dan Kemenristekdikti Gelar Workshop Inovasi Kualitas dan Daya Saing Kopi
Selasa 08 Agustus 2017

BPPT dan Kemenristekdikti Gela ...

Tak Boleh Lari dari Era Digitalisasi
Rabu 25 Oktober 2017

Tak Boleh Lari dari Era Digita ...

Wako Jumling di Masjid Baiturrahman
Sabtu 09 September 2017

Wako Jumling di Masjid Baiturr ...