Presiden Joko Widodo Instruksikan Bangun Dua Rusun Bagi Korban Banjir di Garut

Kamis 29 September 2016 21:50:23 WIB Dilihat : 154 Kali


Presiden Joko Widodo Instruksikan Bangun Dua Rusun Bagi Korban Banjir di Garut

HALUANNEWS- Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar,  Menteri Kesehatan Nila Moelok, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Garut Rudy Gunawan serta beberapa pejabat tinggi militer dan Polri meninjau langsung penanganan terhadap tanggap darurat bencana banjir di Garut, Kamis (29/9).

Presiden Jokowi mengatakan, diperkirakan masih ada 19 orang yang masih dalam pencarian pihak Basarnas. "Sampai kapan akan berakhir nanti yang putuskan Basarnas," katanya.

Kemudian, menurut Joko Widodo, untuk kerusakan tanggulnya tadi sudah dilakukan pengecekan dilapangan dan ternyata sudah dikerjakan. "Tadi saya cek dilapangan memang saya lihat sedang dikerjakan," terangnya.

Meski ada tanggul yang runtuh, namun ada juga tanggul di Sungai Cimanuk yang masih kokoh. Hal ini menurut Presiden berperan mengurangi jumlah kerusakan dan korban jiwa. "Untung ada tanggul," ujarnya.

Kemudian untuk air bersih menurutnya, memang ada instalasi air bersih masyarakat yang mengalami kerusakan. "Dan itu juga sedang dilakukan perbaikan," ungkapnya.

Sementara untuk pembangunan Rumah Susun bagi korban bencana, Presidan Jokowi mengatakan,  tadi ditanyakan kepada Bupati Garut ternyata warga setuju untuk dibangun rumah susun. "Kalau masyarakat setuju maka saya putuskan dan instruksikan segera dibangun secepat cepatnya dua tower dan nantinya untuk ditempati masyarakat dan begitu pula yang di Sumedang," tegasnya.

Presiden juga mengunjungi beberapa tempat lainnya seperti Posko Utama Tanggap Darurat Bencana Banjir di Kodim 0611/Garut, Pos Penanggulangan Bencana Banjir Kostrad, RSUD Dokter Slamet dan menemui para pengungsi di salah satu lokasi pengungsian yang berada di Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangun Danis H Sumadilaga, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, Direktur Sungai dan Pantai Hari Suprayogi dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S Atmawidjaja.


Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #daerah

Berita terakit :


Menperin: Penurunan Harga Gas Industri Beri Efek Ganda Ekonomi
Selasa 16 Agustus 2016

Menperin: Penurunan Harga Gas ...

Presiden Diminta Tidak Terlibat Proses Hukum yang Dihadapi KPK
Selasa 14 November 2017

Presiden Diminta Tidak Terliba ...

DISHUB KOTA BANDUNG KERAHKAN 7 BUS TAMBAHAN DAN 26 KENDARAAN DINAS
Kamis 19 Oktober 2017

DISHUB KOTA BANDUNG KERAHKAN 7 ...

Warga Sarimulyo, Kec. Cluring digegerkan dengan penemuan sesosok mayat laki-laki paruh baya
Selasa 04 Juli 2017

Warga Sarimulyo, Kec. Cluring ...