Kemendagri dan KPU Akan Mantapkan DPT Pilkada

Rabu 28 September 2016 20:22:49 WIB Dilihat : 294 Kali


Kemendagri dan KPU Akan Mantapkan DPT Pilkada

HALUANNEWS– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melangsungkan kordinasi untuk pelaksanaan pencocokan dan penelitian di lapangan. Dengan begitu akurasi daftar pemilih tetap (DPT) akan lebih baik lagi.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan, pihaknya akan akan membantu memberikan informasi penduduk yang didata  KPU daerah.

Mereka adalah yang tercatat belum punya KTP El, Kartu Keluarga, dan bertempat tinggal di satu wilayah kabupaten/kota, ada dalam data base kependudukan atau tidak.

“Bila penduduk berusia 17 tahun atau sudah menikah dan tidak sebagai TNI/Polri serta tidak terganggu jiwanya maka akan dimasukkan dalam daftar pemilih,” kata Zudan, Rabu (28/9).

Prinsipnya pemilih harus ada dalam data base penduduk. Bila yang bersangkutan belum ada dalam data base penduduk di daerah itu maka mereka harus mengurus administrasi kependudukan dengan membuat kartu keluarga baru.

Selain itu juga sudah disepakati format surat keterangan pengganti KTP El bagi penduduk yang belum memperoleh fisik KTP. Dengan begitu, pada hari pencoblosan, pemerintah menjamin penduduk dapat memperoleh hak konstitusional untuk mencoblos.


Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #daerah #politik

Berita terakit :


Bakamla RI Ikut SAR, 4 Korban KM Hema Berhasil diselamatkan
Sabtu 30 September 2017

Bakamla RI Ikut SAR, 4 Korban ...

TRADISI CIUM TANGAN DI LSN HARUS DIREKOMENDASIKAN KEPADA FIFA
Selasa 31 Oktober 2017

TRADISI CIUM TANGAN DI LSN HAR ...

LOMBA KADER  PKK TINGKAT KECAMATAN TANAH TUMBUH BERJALAN SUKSES
Senin 05 Maret 2018

LOMBA KADER PKK TINGKAT KECAM ...

BMKG Dan UNS Tandatangani NOTA KESEPAHAMAN
Senin 29 Februari 2016

BMKG Dan UNS Tandatangani NOTA ...