Majunya Wirausaha Muda Bidang Pertanian dan Online Shop di Ningxia Jadi Motivasi 100 Pemuda ICHYEP 2

Senin 26 September 2016 16:30:54 WIB Dilihat : 244 Kali


Majunya Wirausaha Muda Bidang Pertanian dan Online Shop di Ningxia Jadi Motivasi 100 Pemuda ICHYEP 2

HALUANNEWS--Ningxia yang menjadi daerah perkembangan ekonomi di Tiongkok menjadi salah satu tempat bagi 100 pemuda Indonesia yang tergabung dalam Indonesia China Youth Exchange Program (ICHYEP) 2016 untuk mempelajari bagaimana perkembangan ekonomi khususnya didalam dunia wirausaha. Hari Minggu (25/9) para peserta diajak mengunjungi percontohan wirausaha muda di Taman Pertanian Fasilias Xiong Ying Kabupaten Helen dan Taman Wirausaha E-commerce Ningxia. 
 
Sebagian daerah tengah Ningxia berdekatan dengan padang pasir, sehingga suhu di daerah tersebut kering dan jarang turun hujan, padahal pertanian di daerah itu seutuhnya bergantung pada curah hujan. Selama beberapa tahun , melalui pengembangan pertanian hemat air berefek tinggi, kondisi terbelakang pertanian di daerah itu telah berubah. Karena kondisi itulah Taman Pertanian Fasilias Xiong Ying Kabupaten Helen menjadi salah satu tempat untuk mengembangkan pertanian modern. 
  
Para peserta diajak keliling melihat berbagai proses dan hasil pertanian yang menghasilkan berbaagai sayuran dan buah, seperti pare, labu dan beberapa yang lainnya. Sistem pertanian mereka menggunakan cabang pipa dan katup agar arus air dapat langsung dialirkan ke lahan pertanian.
 
Pemerintah Ningxia menggunakan teknologi hemat air pertanian modern yang menitikberatkan pada pengembangan produksi hemat air untuk beberapa tanaman, seperti kentang, labu, pare, semangka, dan buah lainnya. "Meski daerah mereka kering dan dikelilingi pasir, namun pertanian di sini sangat baik dengan teknologi pertanian yang modern. Apalagi Taman pertanian ini dimiliki dan dikelola oleh seorang anak muda yang usianya baru 30 tahun," kata Kepala Bidang Kemitraan Luar Negeri Mirhan Tabrani.     
 
Usai berkunjung di taman pertanian, para 100 pemuda ICHYEP 2016 mengunjungi Taman Wirausaha E-commerce yang bergerak di bidang jual beli melalui media online. E-commerce menjadi salah satu tempat penjualan barang-barang yang ada di Ningxia dan Zhengjiang, kedua daerah tersebut saling bekerjasama untuk menjual produk-produk unggulan di daerah masing-masing. Selain menjual barang asli buatan Ningxia dan Zhengjiang, E-commerce juga menjual barang-barang impor dari berbagai negara di Asia dan Eropa. Bahkan produk dari Indonesia seperti angklung dan beberapa ukiran kayu lainnya di jual di tempat tersebut. "Saya berharap dari kunjungan ini, anak-anak bisa membuka pikiran mereka untuk mengembangkan usahanya lebih maju lagi, baik itu secara online atau langsung," tambah Mirhan.

Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #ekonomi

Berita terakit :


SULSEL PEMBELI MOBIL TERBESAR
Jumat 22 Juli 2016

SULSEL PEMBELI MOBIL TERBESAR

Indonesia Bisa Jadi Model Kerukunan Dunia
Kamis 03 Agustus 2017

Indonesia Bisa Jadi Model Keru ...

Stikes Muhammadiyah Sidrap Cetak 2300 Alumni
Sabtu 14 Oktober 2017

Stikes Muhammadiyah Sidrap Cet ...

JAGA STABILITAS HARGA BARANG POKOK, BULOG DAN PEMKO OPERASI PASAR
Rabu 28 Desember 2016

JAGA STABILITAS HARGA BARANG P ...