SUTARMIDJI NAHKODAI IKA UNTAN

Minggu 25 September 2016 22:23:41 WIB Dilihat : 233 Kali


SUTARMIDJI NAHKODAI IKA UNTAN

HALUANNEWS--Rektor Universitas Tanjungpura Prof Thamrin Usman DEA melantik Sutarmidji sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) Untan masa bakti 2015 – 2020, di Aula rumah dinas Wali Kota Pontianak, Jalan AR Saleh, Minggu (25/9/2016).
Dalam sambutannya, Thamrin berharap kepada seluruh anggota IKA Untan untuk bekerja lebih keras lagi agar bisa meningkatkan daya saing Kalbar di tingkat region Kalimantan maupun nasional. “Perbaiki SDM kita, perbaiki infrastruktur kita, perbaiki ekonomi kita,” katanya di depan pengurus IKA Untan.
Menurutnya, IKA Untan memiliki peran penting, apalagi yang menjadi ketua dari IKA itu sendiri adalah Sutarmidji yang juga menjabat sebagai Wali Kota Pontianak yang mempunyai kepedulian dan komitmen besar untuk memajukan daerah. “Saya melihat pengurus IKA itu adalah kekuatan oleh sebab itu yang diperlukan adalah sinergitas dari kekuatan-kekuatan itu sehingga kita bisa meningkatkan nilai daerah ini,” ujarnya.
Ia juga meminta semua alumni Untan harus membesarkan Untan. Dirinya mencontohkan di beberapa kampus yang maju, peran IKA sangat penting dan terdepan. “Mari kita lihat IKA ITB, mari kita lihat IKA UGM, mari kita lihat IKA-IKA yang lain, itu perannya penting,” tambahnya
Rektor menyebut, saat ini peran IKA harus dipacu lagi, harus berlari untuk mengejar tujuan yang ingin dicapai, karena Untan sebagai pendongkrak SDM dan sebagai indikator, kalau Untan maju maka otomatis daerah Kalbar ini juga akan maju. “Karena apa, kemajuan daerah itu diukur dari SDM nya, kalau SDM nya bagus maka suatu daerah bisa berkembang dengan cepat,” terangnya.
Selain melantik Sutarmidji sebagai ketua IKA Untan, Rektor juga mengambil sumpah seluruh pengurus IKA Untan periode 2015-2020.

Berdayakan Lulusan Terbaik Untan

Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Tanjungpura (Untan) masa bakti 2015 – 2020, Sutarmidji mengatakan, sudah semestinya ada perlakuan khusus yang diberikan setiap daerah kepada lulusan terbaik dari Untan. “Banyak sekali lulusan terbaik Untan yang justru dimanfaatkan oleh daerah lain, kenapa tidak daerah kita sendiri yang memanfaatkannya,” katanya usai dilantik sebagai Ketua IKA Untan.
Sutarmidji yang juga menjabat sebagai Wali Kota Pontianak, menambahkan, saat ini dirinya telah melakukan kebijakan pemanfaatan sumber daya manusia dari Untan pada perusahaan milik daerah dibawah Pemerintah Kota Pontianak, seperti PDAM dan Bank Pasar. “Saya ambil contoh misal di Pontianak, PDAM itu dari rugi sampai sekarang untung, itukan karena dewan pengawasnya dari Untan, dari lima itu, tiga dari Untan, dekan fakultas ekonomi, hukum, dan teknik,” ungkapnya.
Bahkan, ia akan mengalokasikan sebanyak 20 persen yang diperuntukkan bagi lulusan terbaik Untan untuk direkrut menjadi pegawai baru PDAM tanpa melalui tes. Kebijakan itu diambilnya sebagai langkah untuk memanfaatkan sumber daya manusia yang potensial dalam memajukan dan mengembangkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.
Ia pun meminta kepada pengambil kebijakan terutama dari alumni Untan pada daerah lain, untuk bisa mengikuti kebijakan yang telah ia terapkan tersebut, agar lulusan terbaik Untan bisa dimanfaatkan dengan baik, untuk percepatan dalam perencanaan maupun pembangunan. “Itu kebijakan yang harusnya dilakukan oleh alumni yang bertindak sebagai pengambil keputusan. Kalau bisa disinergikan antara itu dengan Untan, saya yakin dimana pun alumni itu berada, dan dia dituntut untuk ada suatu percepatan-percepatan dari hasil kerjanya, maka dia harus mensinergikan itu dengan komponen yang ada di Untan, harus itu,” tegasnya.
Sutarmidji meminta, hasil-hasil penelitian yang ada di Untan supaya bisa dimanfaatkan kepada masyarakat. Tidak sedikit hasil penelitian yang bersumber dari Untan yang selama ini belum terserap pada masyarakat. Kehadiran IKA akan lebih memacu diri untuk membesarkan Untan. “Ke depan, akan ada rapat kerja dengan pengurus IKA Untan untuk lebih mengetahui apa rencana kerja yang akan dilaksanakan pada masa periode 2015-2020 mendatang,” pungkasnya.


Tag Berita :
#koran indonesia #daerah #hiburan

Berita terakit :


Polres Metro Jakarta Barat Tangkap 11 Remaja yang Tergabung Dalam Gengster Jakarta
Rabu 25 Oktober 2017

Polres Metro Jakarta Barat Tan ...

BERDAYAKAN UMKM, PEMKO DAN BNI BANGUN RUMAH KREATIF DI BANDA ACEH
Kamis 25 Agustus 2016

BERDAYAKAN UMKM, PEMKO DAN BNI ...

Negara Lain Jual Lebih Murah, Presiden Jokowi Minta Harga Gas Bisa Ditekan 5-6 Dollar AS
Selasa 04 Oktober 2016

Negara Lain Jual Lebih Murah, ...