Meski Banyak Suku Dan Agama, Sumsel Selalu Aman Dan Kondusif

Minggu 25 September 2016 21:35:35 WIB Dilihat : 284 Kali


Meski Banyak Suku Dan Agama, Sumsel Selalu Aman Dan Kondusif

HALUANNEWS--Masyarakat Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) khususnya para umat Hindhu melaksanakan Utsawa Dharma Gita IV dan Dharmasanti Hari Raya Galungan serta Kuningan di Desa Suka Maju Kecamatan Buay Madang Timur OKU Timur, Sabtu (24/09).

Utsawa Dharma Gita merupakan lomba kitab suci menurut Agama Hindhu seperti nyanyian atau festival yang dilombakan agar para peserta dapat menujukan kemahiran di masing-masing daerah di OKU Timur.

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki saat menghadiri kegiatan ini mengatakan, kegiatan membaca, menyanyikan dan menelaah isi teks suci keagamaan tentulah harus seiring budaya leluhur agar senantiasa terjaga kelestariannya.

"Acara seperti ini memliki peran yang sangat penting dalam pembinaan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman ajaran agama Hindhu yang bersumber dari kitab suci weda," katanya.

Melalui lomba ini, Ishak berharap peserta tidak hanya berprestasi ditingkat kabupaten, tapi mampu berprestasi di tingkat provinsi bahkan nasional.

Lanjutnya, perayaan hari raya galungan dan kuningan tentunya dapat dilaksanakan dengan penuh keimanan yang kuat sehingga bisa saling hidup rukun antar sesama umat beragama. Karena kerukunan umat bergama itu penting.

"Di Proivinsi Sumsel banyak sekali suku, agama dan budaya, bahkan dengan beragam ini menjadi berkah dan suatu kekuatan kita, bahkan Sumsel selama ini dikenal aman dan kondusif," terangnya.

Sementara Wakil Bupati OKU Timur, Feri Antoni mengatakan, perlombaan ini membawa suasana baru bagi para generasi penerus, tentu dari kegiatan ini dapat mecari bakat dan kemudian nantinya dilombakan ke tingkat Provinsi.

"Saya berharap panitia dan para sesepu terus membimbing para pemuda di dalam keagamaan, karena keagamaan itu keberkahan bagi umat Hindhu. Saya juga meminta agar membentengi dan memberikan ajaran agama yang baik kapada pemuda umat Hindhu di OKU Timur sehingga tidak terjerumus hal yang buruk," himbaunya.  

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Utsawa Dharma Gita Tingkat Kabupaten OKU Timur IV dan Dharmasanti Hari Raya Galungan dan Kuningan, Majis Sukadana menyampaikan, kegiatan ini yang tersebar di mancanegara patut dibina dan dikembangkan, salah satu melalui Utsawa Dharma Gita

Dia menuturkan, kegiatan Utsawa Dharma Gita IV menjadi pembuktian olah seni para utusan kecamatan se-OKU timur.

Saat ini ada 9 kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Sendawai Timur, Kecamatan Belitang II, Belitang III, Buay Madang Timur, Buay Madang, BP Peliung, Jaya Pura dan Madang Suku III. Bahkan, Untuk peserta yang mengikuti sebanyak 637 orang dan ada 33 cabang lomba, kegiatan ini digelar selama dua hari mulai dari tanggal 24 sampai 25 September.

"Tentu kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan kitab suci wedha serta memlilh peserta terbaik sehingga nantinya para kontingen akan diikut sertakan ditingkat Provinsi di Palembang," pungkasnya.


Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #daerah

Berita terakit :


Polandia Tawarkan Kerjasama Pengolahan Air Bersih & Kesehatan
Jumat 19 Agustus 2016

Polandia Tawarkan Kerjasama Pe ...

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil Peringati HUT Ke-4 KRI Usman Harun-359
Rabu 08 Agustus 2018

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/ ...

Kasum TNI : Mahasiswa Menjadi Bagian Penting Dalam Komponen Pertahanan
Kamis 21 Desember 2017

Kasum TNI : Mahasiswa Menjadi ...

Blusukan Ala Wakil Gubernur Kepri
Minggu 13 Maret 2016

Blusukan Ala Wakil Gubernur Ke ...