54 Budayawan Akan Terima Penghargaan dari Kemendikbud

Kamis 22 September 2016 15:28:17 WIB Dilihat : 329 Kali


54 Budayawan Akan Terima Penghargaan dari Kemendikbud

HALUANNEWS--Sebanyak 54 budayawan akan menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam kegiatan apresiasi Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2016. Penyerahan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2016 akan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pada Jumat (23/9/2016) di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.
Penerima Anugerah dan Penghargaan yang berjumlah 54 orang tersebut terdiri dari sembilan kategori, yaitu: Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI Kelas Bintang Budaya Parama Dharma; Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI Kelas Satyalancana Kebudayaan; Pencipta, Pelopor, dan Pembaru; Pelestari; Maestro Seni Tradisi; Anak dan Remaja; Pemerintah Daerah; Media; Komunitas dan Perorangan Asing.
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, apresiasi dalam bentuk anugerah kebudayaan maupun penghargaan kepada maestro seni tradisi menjadi simbol dalam memaknai momen penghargaan. Ini menjadi salah satu bukti bahwa para budayawan dan Kemendikbud memiliki komitmen untuk terus melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia.
Ia menuturkan, maestro karya seni tradisi yang langka dan masih aktif melakukan kegiatan dalam rangka melestarikan seni tradisi hingga 25 tahun atau lebih, dan berusia di atas 60 tahun, akan diberi dana tunjangan untuk kontinuitas tradisi hingga akhir hayat. Karya budaya yang dihasilkan tak lepas dari nilai budaya masyarakat setempat, apalagi jika karya tersebut telah hidup bertahun-tahun.
“Ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia,” ujar Hilmar saat menggelar konferensi pers di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (20/9/2016).
Kegiatan apresiasi Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi telah diselenggarakan Kemendikbud sejak tahun 2012. Demi mengapresiasi masyarakat serta memberi kontribusi terhadap upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud menyelenggarakan kegiatan tahunan ini. Kegiatan ini juga menjadi program apresiasi dalam kerangka penguatan karakter bangsa.

Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #kampus #hiburan

Berita terakit :


Kades Tj syam lecehkan karya Jurnalis, Sejumlah aktivitis angkat bicara
Kamis 26 Oktober 2017

Kades Tj syam lecehkan karya J ...

Kegiatan PETI di Kelurahan Sarkam Kecamatan Sarolangun Diminta Dihentikan Oleh Bhabinkamtibmas Dan
Rabu 05 September 2018

Kegiatan PETI di Kelurahan Sar ...

Agnes Kezia Natasha: Tertarik Belajar Jurnalistik
Kamis 15 Februari 2018

Agnes Kezia Natasha: Tertarik ...

WABUP PRINGSEWU MINTA PELAJAR BIJAK DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
Senin 16 Oktober 2017

WABUP PRINGSEWU MINTA PELAJAR ...

APBN Instrumen Fiskal Entaskan Kemiskinan dan Ciptakan Lapangan Kerja
Jumat 30 September 2016

APBN Instrumen Fiskal Entaskan ...

ZOLA HARAP HASIL RAKOR BISA DITERAPKAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PANGAN
Jumat 29 September 2017

ZOLA HARAP HASIL RAKOR BISA DI ...