Indonesia Dorong Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengembangan Kerja Sama Kawasan Samudera Hindia

Kamis 15 September 2016 21:46:20 WIB Dilihat : 2214 Kali


Indonesia Dorong Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengembangan Kerja Sama Kawasan Samudera Hindia

HALUANNEWS--Indonesia merangkul para pemangku kepentingan untuk mengetengahkan peran masyarakat dalam pengembangan kawasan Samudera Hindia.

"Bentuk kerjasama di bidang sosial budaya seperti pendidikan dan women empowerment adalah beberapa sektor kerja sama yang penting" ujar Kepala Badan Pengembangan dan Pengkajian Kebijakan Kemlu RI Dr. Siswo Pramono.

"(Melalui kerjasama ini) kita bisa optimalkan manfaatnya sambil ditekan mudharatnya" tambah Dr. Siswo.

Selama dua hari, 190 peserta yang terdiri dari pejabat pemerintah, perwakilan negara asing di Jakarta, akademisi dan  mahasiswa dari 12 negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA), berkumpul di Yogyakarta untuk bertukar pikiran dalam memperkuat kerjasama di kawasan Samudera Hindia dalam simposium internasional.

Simposium internasional yang diadakan dalam rangka mengisi keketuan Indonesia dan menyongsong Konferensi Tingkat Tinggi IORA tahun 2017, menghasilkan rekomendasi di bidang kerja sama ekonomi, arsitektur kawasan Samudera Hindia dan kerja sama sosial budaya.

Pendekatan yang melibatkan masyarakat dalam memperkuat kerja sama Samudera Hindia menjadi salah satu rekomendasi yang dihasilkan dalam Simposium Internasional IORA.

Rekomendasi lain yang masuk dalam upaya penguatan peran masyarakat dalam kerja sama di kawasan Samudera Hindia antara lain pemberdayaan ekonomi perempuan, promosi hubungan antar masyarakat, kerja sama bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Simposium internasional yang mengusung tema "The 20th Anniversary of IORA: Learning from the Past and Charting the Future" adalah upaya untuk menyertakan para pemangku kepentingan untuk melihat arti penting kerja sama di Samudera Hindia.

 


Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #ekonomi #politik

Berita terakit :


Tinjau SKD CPNS di Denpasar, Menteri Asman : Tak Seorang pun Bisa Bantu Loloskan Tes CPNS
Senin 11 September 2017

Tinjau SKD CPNS di Denpasar, M ...

Panglima TNI Bilateral Meeting dengan T iga Pangab Negara Sahabat
Rabu 12 September 2018

Panglima TNI Bilateral Meeting ...

Presiden: Kita harus Bekerja Hadirkan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Rabu 10 Januari 2018

Presiden: Kita harus Bekerja H ...

Komplain, Datang Langsung ke Gubernur
Minggu 09 Oktober 2016

Komplain, Datang Langsung ke G ...