Auditor Internal Indonesia mempersiapkan tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN

Kamis 25 Agustus 2016 21:57:33 WIB Dilihat : 2199 Kali


Auditor Internal Indonesia mempersiapkan tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN

HALUANNEWS--Di hadapan kurang lebih 80 orang peserta, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi menyampaikan keynote speech serta membuka seminar dan pengukuhan gelar Asosiasi Auditor Internal (AAI) yang bertemakan "Peran Strategis Internal Auditor dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)" di Bangkok, 24 Agustus 2016. Para peserta berasal dari kalangan auditor internal dari BUMN dan BUMD di Indonesia yang tergabung dalam AAI.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan berbagai perkembangan yang akan mempengaruhi dan menentukan masa depan kawasan dengan diberlakukannya MEA. MEA tentunya juga akan mempengaruhi masa depan para auditor internal yang masuk dalam kategori professional ataupun tenaga kerja berkeahlian (skilled workers).

Untuk itu, Dubes RI juga menekankan pentingnya terus meningkatkan kemampuan diri di berbagai sektor guna menghadapi dan memenangkan persaingan dalam kerangka Masyarakat ASEAN. Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN dapat menjadi tantangan, namun juga peluang untuk mengasah daya kompetisi para tenaga kerja terampil Indonesia, termasuk diantaranya auditor internal.

Salah satu pembicara dalam seminar adalah Dr. Sugiharto, mantan Menteri Negara BUMN pada tahun 2004-2007. Dr. Sugiharto menyampaikan bahwa saat ini jumlah akuntan Indonesia, sebagai salah satu profesi yang memiliki keahlian auditing, cenderung minim dibandingkan negara lainnya di ASEAN. Thailand sebagai pencetak akuntan terbanyak di ASEAN memiliki 57.467 orang akuntan, sementara Indonesia hanya memiliki 20.735 orang akuntan. Akibatnya Indonesia menempati posisi kelima di ASEAN setelah Thailand, Singapura, Malaysia dan Filipina. Auditor Indonesia perlu didorong untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan trend persaingan karena proses integrasi regional dan global.

KBRI Bangkok akan senantiasa mendukung usaha yang dilakukan berbagai pihak dari Indonesia untuk mempersiapkan Indonesia hadapi tantangan dan peluang Masyarakat ASEAN. Masyarakat ASEAN memiliki tiga pillar utama yakni, Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN, dan Masyarakat Sosial-Budaya ASEAN. Indonesia bersama negara-negara ASEAN telah sepakat dan memiliki visi kedepan untuk mewujudkan ASEAN Community yang kuat, maju dan makmur untuk masyarakatnya.


Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #ekonomi #politik

Berita terakit :


Menpora Dukung Presiden Jokowi Letakkan Sepakbola Sebagai Pemersatu Bangsa
Sabtu 04 Februari 2017

Menpora Dukung Presiden Jokowi ...

PANEN BAWANG MERAH MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN
Kamis 29 Desember 2016

PANEN BAWANG MERAH MENDUKUNG K ...

Mahasiswa S2  PPs-UNM Kuliah Lapangan di Mall dan Media Fajar
Selasa 12 Desember 2017

Mahasiswa S2 PPs-UNM Kuliah L ...

Ajak Tanam Pohon, Pemprov Bagikan Puluhan Ribu Bibit
Jumat 02 Desember 2016

Ajak Tanam Pohon, Pemprov Bagi ...

 Tim Psikologi TNI Kogasgabpad Bantu Pulihkan Trauma Warga Lombok
Selasa 11 September 2018

Tim Psikologi TNI Kogasgabpad ...