WAGUB HARAP BUPATI DAN WAKIL BUPATI BUNGO JADI PEMIMPIN AMANAH

Rabu 03 Agustus 2016 01:17:55 WIB Dilihat : 359 Kali


WAGUB HARAP BUPATI DAN WAKIL BUPATI BUNGO JADI PEMIMPIN AMANAH

HALUANNEWS - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum berharap agar Bupati Bungo, H. Mashuri, SP, ME dan Wakil Bupati Bungo, H.Safrudin Dwi Apriyanto,S.Pd menjadi pemimpin yang amanah, pemimpin yang bisa mengemban amanat masyarakat Kabupaten Bungo dengan baik. Harapan tersebut dikemukakan oleh Wagub dalam Penganugerahan dan Pengukuhan Gelar Adat Melayu Jambi kepada Bupati dan Wakil Bupati Bungo, bertempat di Rumah Adat Melayu Jambi Kabupaten Bungo, Senin (1/8) siang.

Dalam acara penganugerahan gelar adat Melayu kepada Bupati dan Wakil Bupati Bungo tersebut juga diadakan acara perpisahan dengan mantan Bupati Bungo, H. Sudirman Zaini, SH, MH. Bupati Bungo, H.Mashuri, SP,ME dianugerahkan gelar adat Melayu Datuk Putro Arif Bijaksano Setio Dirajo, Wakil Bupati Bungo, H.Safrudin Dwi Aproyanto, S.Pd dianugerahkan gelar adat Melayu Datuk Pemangku Setio Mandaliko.
 
Wagub menyatakan, pemimpin harus menjadi pengayom bagi masyarakat yang dipimpin. Untuk itu, Wagub menyarankan agar Bupati dan Wakil Bupati Bungo hidup bersahaja dan sederhana. Pemimpin, lanjut Wagub, harus bisa mendengar saran dan masukan masyarakatnya, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah dipimpin. "Pemimpin harus peka terhadap aspirasi masyarakat. Pemimpin harus mengayomi dan memberi panutan," ujar Wagub.
 
Selanjutnya, Wagub menghimbau masyarakat Kabupaten Bungo, supaya bisa memberikan masukan yang baik bagi Bupati dan Wakil Bupati Bungo, agar pembangunan Kabupaten Bungo lebih baik lagi. Wagub mengharapkan supaya kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Bungo harmonis. "Tudung menudung bak daun sirih, sokong menyokong bak aur di tebing," ungkap Wagub.
 
Dikatakan oleh Wagub, adat dengan segala kearifan budaya juga harus berperan dalam mendukung pembangunan. Usai acara penganugerahan gelar adat Melayu tersebut, kepada para wartawan yang mewawancarainya, pada intinya Wagub mengatakan bahwa acara tersebut sebagai cerminan bahwa adat berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat, dan kaidah-kaidah adat sejalan dan mendukung dengan program pemerintahan. 
 
"Norma adat dan agama sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam pembangunan, bak Seloko adat Provinsi Jambi, Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah," tutur Fachrori Umar. Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi, H.Hasip Kalimudin Syam, pada intinya mengucapkan terimakasih kepada mantan Bupati Bungo,H.Sudirman Zaini, atas dedikasinya selama memimpin Kabupaten Bungo, serta berharap agar Bupati dan Wakil Bupati Bungo yang baru bisa memimpin Kabupaten Bungo dengan lebih baik lagi.
 
Hasip berpesan khusus agar pemerintah berusaha memperbaiki hutan di Provinsi Jambi yang sudah banyak mengalami kerusakan. Bupati Bungo, H.Mashuri,SP,ME mengatakan, pemberian gelar adat Melayu Jambi dengan segala prosesinya nerupakan salah satu khasanah budaya Jambi. Dan, dia akan berupaya untuk melestarikan adat dan budaya lokal, yang tentunya sangat berguna dalam kehidupan bermasyarakat.
 
Mashuri mengungkapkan, dirinya mengharapkan masukan dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Bungo dalam melaksanakan program pembangunan Kabupaten Bungo. Mashuri mengapresiasi upaya pembangunan yang dilakukan oleh mantan Bupati Bungo, H.Sudirman Zaini, serta terimakasih kepada seluruh masyarakat Bungo atas dukungan dalam pembangunan, secara khusus dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang berlangsung dengan lancar dan aman.
 
Mantan Bupati Bungo (Bupati Bungo yang ke-7), H.Sudirman Zaini,SH,MH, Mengatakan, selama ini, selisih pendapat dan pertikaian masyarakat di Kabupaten Bungo sebagian besar bisa diselesaikan dengan adat. Sudirman Zaini berharap agar adat tetap dilestarikan. "Adat diharapkan berperan dalam menciptakan manusia yang berbudaya dan berbudi pekerti luhur," ujar Sudirman Zaini. "Saya sudah kembali ke warga. Saya dukung Bupati dan Wakil Bupati Bungo dalam membangun Kabupaten Bungo," ungkap Sudirman Zaini.
 
Ketua Lembaga Adat Melayu Kabupaten Bungo menyatakan, penganugerahan gelar adat Melayu Jambi ini pada dasarnya merupakan penghargaan yang diberikan kepada mantan Bupati yang telah menunaikan masa tugasnya, dan ucapan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Bungo yang baru dilantik, dengan harapan agar menjadi pemimpin yang amanah. Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj. Rahima Fachrori Umar turut hadir dalam acara tersebut.

Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #gubernur jambi #nasional #keluarga #daerah

Berita terakit :


Peningkatan Kapasitas Semen Peluang Tancap Ekspor
Kamis 20 Oktober 2016

Peningkatan Kapasitas Semen Pe ...

Terkejut Bupati Digerebek Karena Selingkuh, Mendagri: Proses Hukum Dengan Tuntas dan Tegas
Jumat 06 Januari 2017

Terkejut Bupati Digerebek Kare ...

Menhub Dorong Angkutan Umum Lebih Efisien
Selasa 15 Maret 2016

Menhub Dorong Angkutan Umum Le ...