Ujicoba E-Voucher Secara Bertahap Bakal Diperluas di 300 Titik

Sabtu 23 Juli 2016 19:56:28 WIB Dilihat : 248 Kali


Ujicoba E-Voucher Secara Bertahap Bakal Diperluas di 300 Titik

HALUANNEWS - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pemerintah dalam rapat terbatas (ratas) pada 16 Maret lalu, telah memutuskan untuk merubah dari format subsidi pangan menjadi program bantuan pangan. “Kementerian Sosial  telah meng-exercise dan berkoordinasi dengan banyak bank BUMN dan swasta, tapi akhirnya yang lebih awal adalah BNI dengan sistem yang bisa digunakan bank lain, ” ujar Mensos usai Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2016) petang.

Dari excersice Kemensos, kata Mensos, bekerja sama dengan BNI disebut warung elektronik atau e-warung. Di mana, warung-warung itu ada di kampung dan gang-gang kecil yang terhubung dengan internet sehingga bisa online. “Karena terhubung dengan internet itulah, maka disediakan fasilitas EDC dari BNI, sehingga bisa menerima uang lewat kartu debit dan kartu masing-masing bank tapi untuk pertama diisi BNI dari CSR Rp 110 ribu, ” ucapnya.
 
Pada bulan berikutnya akan diujicobakan di 3 titik, yaitu 2 titik di Kota Malang dan 1 titik di Kabupaten Siodarjo, Jawa Timur. Uang bantuan akan diterima dalam kartu yang bisa digunakan membeli produk pangan, seperti beras, gula, minyak goreng, serta tepung. “Selain Bulog ada RNI yang bergabung di sini, yang terbukti efektif memutus mata rantai distribusi pangan. Hanya pemengang kartu yang bisa transaksi, yaitu penerima bantuan rastra dan PKH, ” tandasnya.
 
Melalui format e-warung tersebut, ternyata secara signifikan mampu menekan harga lebih kompetitif jika dibaandingkan harga di pasaran. Mislanya, untuk 1 kg gula Rp 13.500 dan dan Rp 16.000. “Jelas harga berbeda jauh jika dibangingkan dengan membeli produk selain yang di e-warung. Tentu saja, telah disiapkan antisipasi agar tidak ada aksi borong-borong, ” katanya.
 
Format e-warung memudahkan pemenuhan kebutuhan pangan, misalnya, rastra dan PKH diterima dalam kartu yang tengah diujicobakan memberikan layanan, termasuk di daerah-daerah yang bisa dijangkau Buloag dan RNI. “Dipastikan tidak mudah dan murah mengingat letak geografis Indonesia yang sangat luas, ditambah daerah pulau, pesisir, terluar, serta perbatasn, ” tandasnya.
 
Ditargetkan Agustus ini sistem IT di beberapa titik yang tengah diujicobakan bisa bekerja, baik melalui simcard maupun web dan warga yang digunakan lebih mudah. ”Pencairan PKH non tunai sudah berjalan dengan BTN. Sedangkan, untuk program kartu menunggu presisi dari masing-masing IT apa dengan simcard yamg terlebih dulu  harus memasukan dalam handphone, lalu bagaimana dengan warga yang tak memiliki hanphone?, ” jelasnya.
 
Selain itu, bisa menggunakan alat sehingga hanya perlu discan saja. Format Tcash lebih sederhana daripada simcard, hanya cukup ditempel di mana saja bisa ditempel di KTP mapun dompet. “Pengembangan berikutnya akan lebih holisitk, seperti bantuan LPG 3 kg, KIP dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, semunya bisa bertransaksi dengan kartu yang disebut Kartu Bisa.
 
“Daerah ujicoba PKH dan Rastra diperluas di 300 titik dan Wali kota Malang memastikan dua titik selesai. Bahkan, Bupati Sidoarjo dengan e-warung merasa rakyat yang dipmpinnya sangat terbantu secara efektif untuk memutus mata rantai, ” tandasnya.
 
“Dari data di Lembaga Keuangan Digtital (LKD) ditargetkan dari 4 BUMN maksimal 63 persen melalui e-payment dan penerimaan bantuan melalui kartu 73 persen mengingat luas jangkauan, serta pelayanan. “Format yang menjadi top refere adalah Brazil dengan 5 model dan satu format bisa menjadi instrumen yang menyasar seluruh Indonesia, ” tegasnya.

Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #keluarga

Berita terakit :


Diduga Pengemudi Mengantuk, Mobil Porsche Tabrak Separator Busway hingga Ringsek
Rabu 20 September 2017

Diduga Pengemudi Mengantuk, Mo ...

Gubernur DIY Terima Keputusan DPRD Nomor 24/K/DPRD/2017
Jumat 28 April 2017

Gubernur DIY Terima Keputusan ...

TGUPP Tak Dilarang, Tapi Direkomendasikan Pakai Dana Operasional Gubernur
Minggu 24 Desember 2017

TGUPP Tak Dilarang, Tapi Direk ...

PROGRES CAPAI 99,99%, TOL KERTOSONO-MOJOKERTO SEKSI III AKHIR 2016 BEROPERASI
Senin 31 Oktober 2016

PROGRES CAPAI 99,99%, TOL KERT ...

Masyarakat Sambut ‘Tax Amnesty’, Presiden Jokowi: Ini Momentum Perbaikan Sistem Perpajakan
Rabu 28 September 2016

Masyarakat Sambut ‘Tax Amnes ...

Pemprov Dukung Pengembangan Informasi Mangrove
Senin 03 Oktober 2016

Pemprov Dukung Pengembangan In ...

Menghadapi Banjir, Tata Air DKI Siapkan 119 Pompa Mobile
Selasa 26 Januari 2016

Menghadapi Banjir, Tata Air DK ...