Gubernur Harap Pengrekrutan Tenaga Magang Sesuai Kebutuhan Pasar Kerja

Selasa 19 Juli 2016 13:40:16 WIB Dilihat : 375 Kali


Gubernur Harap Pengrekrutan Tenaga Magang Sesuai Kebutuhan Pasar Kerja

HALUANNEWS - Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, S.TP. MA mengharapkan kepada dinas Sosnakertrans agar pengrekrutan tenaga magang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan terus berkoordinasi dengan perusahan yang ada di provinsi jambi untuk bisa diterima, demikian disampaikannya saat  Pelepasan Peserta Magang Ke Perusahan se-Provinsi Jambi tahun 2016 sebanyak 200 orang yang akan ditempatkan di perusahan di Provinsi Jambi. Acara pelepasan dilakukan di halaman depan BLK Provinsi Jambi, Kamis (14/07/2016).

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Zola Menyampaikan, menurut data BPS Provinsi Jambi tingkat pengangguran terbuka (TPT) provinsi Jambi mengalami peningkatan dari 2,73 persen pada februari 2015 menjadi 4,66 persen pada februari 2016." Peningkatan ini harus dapat kita antisipasi, karena jumlah pencari kerja akan selalu banyak dibandingkan lowongan pekerjaan yang ada, seringkali antara kualitas tenaga kerja yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja, dimana 60 persen tenaga kerja di provinsi jambi memiliki latar belakang sekola Dassar (SD) dan SMP," jelas Gubernur.

Selaintu gubernur berpesan kepada peserta magang agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk terus meningkatkan kualitas diri," Manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk terus meningkatkan kualitas diri agar ilmu yang didapat bisa berguna dimasa mendatang, laporkan jika ada kendala serta jangan lupa berdo'a dan senantiasa menjaga nama baik orang tua dan daerah," Pesan Gubernur.

Gubernur Zola juga menghimbau kepada pihak perusahan yang akan menerima tenaga kerja agar menyampaikan rencana kebutuhan tenaga kerjanya dalam satu tahun," yang diharapkan nantinya dapat dipersiapkan dan dilatih terlebih dahulu di 6 BLK yang berada di provinsi jambi," himbau Gubernur.

Zola juga menjelaskan, Provinsi jambi melalui visi Jambi TUNTAS, khususnya dalam misi ke 6 yaitu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, serta terus berusaha penurunan angka pengangguran dan peningkatan kualitas keterampilan tenaga kerja sebagai tujuan dan sasaran pembangunan provinsi jambi tahun 2016-2021." Berbagai program dan kegiatan terkait ketenaga kerjaan akan terus dilakukan seperti Revitalisasi Balai Latihan Kerja BLK di provinsi Jambi, baik melalui dana APBN tahun 2016, BLK kita memperoleh bantuan alat praktek dari kementerian Tenaga kerja RI berupa satu buah unit mobil training unit (MTU) untuk kejuruan menjahit, 3 buah mobil praktek (mobil bensin dan solar) dan 2 mesin bubut," jelas Gubernur.

Ditempat yang sama dirjen Binalattas Kemennaker RI. Direktur. Bina Produktivitas Kemennaker RI Estiarty Haryani, S.PT, MT menyampaikan, dalam rangka menekan angka pengaguran di provinsi jambi perlu adanya pelatihan bagi generasi muda agar mendapatkan ketrampilan atau keahlian dalam bidang tertentu sebagai usahanya. Program pemagangan sangat perlu ditingkatkan, telah terbukti banyak diterima di perusahaan.

Selain itu Kepala Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi H. M. Dianto menyampaikan, pelepasan peserta magang di perusahaan setiap tahunnya terus dilaksanakan dan pada tahun ini 200 orang yang akan magang di perusahan yang berada di provinsi jambi, ada 19 perusahan yang siap menerima tenaga magang tersebut.

Setiap tahunnya peserta magang dari jambi paling banyak yang diterima pada perusahan. Pada kesempatan tersebut gubernur menyerahkan baju dan tas secara simbolis kepada peserta magang. Usai acara pelepasan 200 orang magang ke perusahan yang ada di provinsi jambi, Gubernur  langsung menuju ruang pelatihan bagi peserta yang akan di berangkatkan magang ke jepang, sebanyak 50 orang yang sedang pelatihan untuk  diberangkatkan ke Jepang, Gubernur Zola memberikan supoor kepada para peserta pelatihan tersebut.

 


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #zumi zola #gubernur jambi #nasional #keluarga

Berita terakit :


Polsek Ciputat Amankan Pelaku Penyiraman Air Keras pada Pedagang Kopi saat Lerai Tawuran
Jumat 16 Februari 2018

Polsek Ciputat Amankan Pelaku ...

S2 IPS PPs-UNM  Kuliah Lapangan di Karebosi, Losari dan Tribun Timur
Senin 11 Desember 2017

S2 IPS PPs-UNM Kuliah Lapanga ...

Wakil Walikota Medan Pimpin Upacara Kesadaran Nasional di Lingkungan Pemko Medan
Selasa 17 Januari 2017

Wakil Walikota Medan Pimpin Up ...

Youngmodo dan Karate Indobatt-03 Tampil di Acara United Nation Day
Minggu 29 Oktober 2017

Youngmodo dan Karate Indobatt- ...

Panglima TNI : Industri Strategis Sangat Diperlukan Dalam Pertahanan Negara
Rabu 23 Agustus 2017

Panglima TNI : Industri Strate ...

Asah Kreatifitas Siswa DWP dan Dispendik Gelar Diklat Jurnalistik
Rabu 08 Februari 2017

Asah Kreatifitas Siswa DWP dan ...

Bima Ajak Wartawan Mengenali Rute Bus Uncal
Sabtu 07 Januari 2017

Bima Ajak Wartawan Mengenali R ...

 Nasib Honorer Dishut Tanjabbar Belum Jelas
Senin 18 Januari 2016

Nasib Honorer Dishut Tanjabba ...