WAKIL GUBERNUR PIMPIN RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PELAKSANAAN TOUR DE SINGKARAK (TDS) 2016.

Rabu 13 Juli 2016 09:53:53 WIB Dilihat : 352 Kali


WAKIL GUBERNUR PIMPIN RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PELAKSANAAN TOUR DE SINGKARAK (TDS) 2016.

HALUANNEWS - Pelaksanaan event balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2016 akan dimulai pada 6 Agustus mendatang. Para pebalap akan mulai start di Kabupaten Solok dan finish akhir Kota Padang. Rest Controller TdS 2016, Datuk Zulhami Saan mengatakan, event ini akan dilaksanakan selama 9 hari. Mulai dari 6 Agustus hingga 14 Agustus. Ada 17 kabupaten/kota yang dilalui oleh para pebalap dengan total panjang rute 1.100 km.

“Ada 2 daerah yang tidak dilalui oleh para pebalap dalam event TdS kali ini. Yakni, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Solok Selatan,” sebutnya saat menggelar rapat koordinasi TdS 2016 di hotel Mercure, Selasa (12/7/2016).

Event balap ini, dibagi dengan 8 etape. Masing-masing etape, memiliki jarak yang berbeda. Ini daftar rute yang akan dilalui para pebalap:

-Etape 1, (grand start), Sabtu 6 Agustus yang dimulai dari Kabupaten Solok dan finish di Kota Payakumbuh dengan panjang rute 96,6 km. Start dari Dermaga Danau Singkarak melewati Ombilin-Rambatan-Pasar Batu Sangkar-Pasar Baso-Kantor Balai Kota Payakumbuh-Limbukan-Labuh Basilang-Pasar Ibuh-Tugu Adipura-Simpang Kaniang Bukit-Simpang Napar-Simpang Bunian-Simpang Kasda dan finish di Ngalau Indah.

-Etape 2, Minggu 7 Agustus, yang dimulai dari Limapuluh Kota dan finish di Tanah Datar dengan panjang rute 119,5 km. Start Lembah Harau Waterfall dan melewati Pertigaan Simpang Sariklamak-Lubuk Bangku-Kelok Sambilan-Sariklamak-Simpang Kaniang Bukik-Tugu Adipura-Tugu Labuh Basilang-Pasar Halaban-Pauh Tinggi-Balai Tangah-Sitangkai-Guguak Cino-Stadion Batusangkar dan finish di Istano Basa Pagar.

-Etape 3, Senin 8 Agustus, yang dimulai dari Pasaman dan finish di Pasaman Barat dengan panjang rute 122,8 km. Start Equator Bonjol Pasaman dan melewati Lurah Barangin-Taman Hutan Kota-Kota Lubuk Sikaping-Rimbo Panti-Cubadak-Duo Koto-Talamau-Talu-Pasar Simpang Empat dan finish di Kantor Bupati Pasaman Barat.

-Etape 4, Selasa 9 Agustus, yang dimulai dari Padangpanjang dan finish di Agam dengan panjang rute 150 km. Start dari Markas Secata Padangpanjang melewati Serambi Mekkah-Fly Over-Terminal-Bak Air-Jalan Raya Bukittinggi Padang-Sicincin-Simpang Jagung-Tugu Tabuik-Kota Pariaman-Simpang Apar-Naras-Sungai Limau-Tiku-Lubuk Basung-Maninjau-Kelok 44-Embun Pagi dan finish di Lawang Park.

-Etape 5, Rabu 10 Agustus, yang dimulai dari Pesisir Selatan dan finish di Kota Pariaman dengan panjang rute 152,6 km. Start Pantai Carocok melewati Tugu Uha -Jalan Abdul Muis-Jalan Prof Dr Hamka-Bukit Putus-Terminal Sago-Bayang-Tarusan-Barung Belantai-Teluk Kabung-Bungus-Bukit Lampu-Teluk Bayur-Gran Zuri-Simpang Kandang-Kantor Gubernur Sumbar-Simpang DPRD-Simpang Bandara-Simpang Tugu Ikan-Simpang By Pass-Simpang Padusunan-Simpang Cubadak Air-Simpang Apar-Simpang Tugu Tabuik-Simpang Terminal-Gapura Pantai Kata dan finish di Pantai Gandoriah.

-Etape 6, Kamis 11 Agustus, yang dimulai dari Padangpariaman dan finish di Sawahlunto dengan panjang rute 149 km. Start dari Pantai Tiram-Simpang Ulakan-Pauh Kambar-Simpang Parit Malintang-Jalan Raya Padang Bukittinggi-Fly Over-Bypass -Simpang Lubuk Bagalung-Indarung-Panaroma-Tugu Ayam-Kota Solok-Muara Kalaban-Kota Sawahlunto-Lap Segi Tiga dan finish di Taman Satwa Kandih Sawahlunto.

-Etape 7, Jumat, 12 Agustus 2016 yang dimulai dari Sijunjung dan finish Dharmasraya dengan dengan panjang rute 133,4 km. Start Gedung Pertemuan Pancasila, Muaro Sijunjung melewati Simpang Sungai Angek-Perkampungan Adat-Tugu Bundo Kanduang-Tapian Diaro-Tanah Badantung-Klirian Jao-Ktr Bupati Dharmasraya-Sungai Dareh-Simpang Sikabau-Koto Tua-Sitiung-Kota Padang Dalam-Simpang Tiga Koto Baru-Pasar Koto Baru-Simpang Empat Koto Baru-Kota Padang Luar dan finish di Sport Centre Dharmasraya.

-Etape 8, Minggu 14 Agustus, yang dimulai dari Bukittinggi dan finish di Padang dengan panjang rute 146,5 km. Start dari Istana Bung Hatta Bukittinggi-Panorama-Simpang Tembok-Kantor Balai Kota Bukittinggi-Simpang Mandi Angin-Simpang Taro-Lapangan Kantin-Padang Luar-Simpang Malalak-Sicincin-Jalan Padang Bukittingi-Jalan S Parman-(Jl. Juanda-Jl. Veteran-Jl. Pemuda-Simpang Hang Tuah-Jl. Samudra-Danau Cimpago dan finish di Tugu Perdamaian Kota Padang.

Sedangkan pada Sabtu 13 Agustus, jadwal balapan ditiadakan karena pada hari tersebut direncanakan menjadi kegiatan "Tour City" bagi para pembalap untuk mengunjungi berbagai destinasi pariwisata yang nantinya akan ditentukan oleh pihak  Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar.


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #keluarga

Berita terakit :


Gara Gara Janda Muda, Rio Pemuyin di Sidang Adat
Sabtu 30 September 2017

Gara Gara Janda Muda, Rio Pemu ...

FKIP Unismuh  Makassar Gelar  Pemilihan Ketua BEM Periode 2018-2019
Kamis 13 September 2018

FKIP Unismuh Makassar Gelar ...

MASYARAKAT KEC AMATAN SELABAN RAYA MEMBUTUH KAN PERBAIKAN JALAN
Minggu 09 Juli 2017

MASYARAKAT KEC AMATAN SELABAN ...

Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Pertumbuhan Industri Petrokimia
Senin 05 Februari 2018

Indonesia Berpotensi Jadi Pusa ...