BUMDes Umbul Ponggok Bantu Entaskan Kemiskinan

Jumat 17 Juni 2016 13:31:29 WIB Dilihat : 699 Kali


BUMDes Umbul Ponggok Bantu Entaskan Kemiskinan

HALUANNEWS-Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap daerah diharapkan tidak hanya memberikan pendapatan desa, namun juga mampu menyejahterakan masyarakat serta mengurangi angka kemiskinan. Karenanya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong desa mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai dengan potensi yang ada di wilayah masing-masing.

“Seperti BUMDes Umbul Ponggok ini yang penghasilannya sudah Rp 5 miliar per tahun. Menurut saya ini sangat inspiratif untuk desa-desa lain agar bisa membuat BUMDes yang sama,” ujar Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP usai berkunjung di Objek Wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Rabu (15/6) lalu.

Ia menyebutkan, sebagian pendapatan dari umbul yang lokasinya mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun umum itu, digunakan untuk menyubsidi warga desa. Bahkan, jika ada anggota keluarga berstatus mahasiswa, diberikan bantuan Rp 300 ribu per bulan.

“Menurut saya BUMDes ini luar biasa kontribusinya terhadap pengentasan kemiskinan. Saya mengapresiasi BUMDes ini, karena sahamnya juga dimiliki oleh masyarakat dan warga sekitar juga punya saham,” imbuh Ganjar.

Keberadaan BUMDes Ponggok diharapkan dapat menginspirasi daerah lain untuk mendapatkan pendapatan desa melalui pengembangan potensi daerah. Tidak harus menggali dan mengembangan sumber daya alam tapi juga sumber daya alam berkelanjutan. Antara lain potensi industri kreatif dan perkebunan, seperti budi daya buah stroberi di Kabupaten Purbalingga dengan pendapatan Rp 1 miliar per tahun.

“Bayangkan pukul 12.00 WIB seperti sekarang banyak orang berenang di Umbul Ponggok. Sebagian besar pengunjung dari luar daerah, ada dari Ngawi, Jogja, dan Jakarta. Kalau desa-desa di daerah lain juga memiliki potensi daerah yang bagus bisa dikembangkan,” bebernya.

Sebagai informasi, Umbul Pongok merupakan salah satu objek wisata tirta andalan Pemkab Klaten. Hampir setiap hari kolam renang alami dengan ukuran 50 meter x 25 meter dan berkedalaman 1,5-2,6 meter itu ramai dikunjungi wisatawan dari Klaten maupun luar daerah. Dasar kolam berupa hamparan pasir, bebatuan alami, dan ikan emas warna-warni menjadi daya tarik tersendiri, karena saat berada di dasar kolam, pengunjung seolah menyelam di bawah laut.

Umbul dengan sumber mata air alami ini ada sejak zaman Belanda dan cocok untuk lokasi snorkeling atau selam permukaan. Selain berenang di air jernih dan segar, pengunjung dapat berfoto sembari berenang di antara ikan-ikan yang berseliweran. Bagi wisatawan yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir, karena di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater dengan tarif Rp 60.000 selama 30 menit dan Rp 100.000 untuk penggunaan satu jam.


Tag Berita :
#koran indonesia #daerah #ekonomi #politik

Berita terakit :


Ibu Desmiati, ST Anggota DPRD Kabupaten Bungo  Melakukan Reses Ke Kelurahan Sei Binjai
Minggu 01 Juli 2018

Ibu Desmiati, ST Anggota DPRD ...

KADES SUNGAI RUMPUN H.HERMAN.S.E, DPT.,  TARGETKAN SWA SEMBADA LAPANGAN 2018
Minggu 06 Agustus 2017

KADES SUNGAI RUMPUN H.HERMAN.S ...

Dikabarkan ke Adirozal, Edison: semua punya peluang sama, ini Penjelasannya
Senin 30 Oktober 2017

Dikabarkan ke Adirozal, Edison ...

Yakin Air Minum Kamu Bebas E.coli? Cek Dulu di Laboratorium ini
Rabu 18 Januari 2017

Yakin Air Minum Kamu Bebas E.c ...