Kementerian Perhubungan Republik Indonesia - Menhub Jonan Nyatakan Stasiun Pasar Senen Telah Siap La

Senin 13 Juni 2016 22:14:28 WIB Dilihat : 311 Kali


Kementerian Perhubungan Republik Indonesia - Menhub Jonan Nyatakan Stasiun Pasar Senen Telah Siap La

HALUANNEWS– Jelang mudik Lebaran tahun 2016, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meninjau Stasiun Pasar Senen, Senin (13/6) untuk melihat berbagai fasilitas yang telah disiapkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator. Menurut Jonan, stasiun ini telah siap untuk melayani pemudik.

Kesimpulan itu didapat setelah Jonan melihat langsung beberapa lokasi pelayanan public di stasiun, seperti loket layanan pelanggan (customer service), loket pembelian tiket, ruang tunggu penumpang, serta toilet dan mushola. “Untuk layanan stasiun, penumpangnya akan banyak sekali dari berbagai lapisan masyarakat, kalau saya lihat (stasiun ini) sudah siap. Bahkan sudah banyak perbaikan dibanding tahun sebelumnya. Fasilitas yang dimiliki sangat memadai”, ujar Jonan.

Selain memantau fasilitas dan prasarana stasiun, Jonan juga menyempatkan diri untuk menyapa penumpang yang tengah menunggu jadwal keberangkatan kereta, bahkan berfoto bersama.

Direktur Utama PT. KAI, Edi Sukmoro yang mendampingi Menhub selama berlangsungnya peninjauan menerangkan, rangkaian kereta api tambahan telah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik selama musim mudik Lebaran nanti. Bila sebelumnya terdapat 34 rangkaian kereta tambahan, tahun ini disediakan 38 rangkaian kereta. “Sampai sekarang memang peminatnya membludak. Kami memprediksikan kenaikan penumpang nanti sekitar 3 sampai 5 persen. Kalau tahun lalu 5,1 juta orang, tahun ini 5,3 juta orang penumpang”, terang Edi.

Terkait dengan subsidi pemerintah pada sektor kereta api, Jonan mempersilakan PT. KAI untuk mengajukan penambahan, terutama untuk subsidi khusus angkutan Lebaran. Namun penambahan subsidi itu harus sudah diajukan dari tahun sebelumnya. “Kalau sarana dan keretanya ada, PT KAI sebagai operator boleh mengajukan penambahan lagi subsidi khusus angkutan lebaran. Tahun ini pun ada. Tapi kalau mau ditambah, PT KAI harus mengajukan dari tahun sebelumnya”, imbuh Jonan.

Mudik Gratis Kemenhub

Tahun ini Kementerian Perhubungan kembali menggelar program mudik gratis dengan bus dan angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api. Untuk angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api, tahun ini disediakan kuota sekitar 15.800 sepeda motor. Jumlah ini lebih besar 3 kali lipat dari kuota tahun 2015 yang hanya sekitar 5.000 sepeda motor. “Sampai hari ini kira-kira sudah sekitar 11.000 yang mendaftar. Pendaftaran akan diperpanjang hingga kuota habis”, ucap Jonan. Dirinya menghimbau masyarakat, khususnya warga Jakarta yang hendak mudik ke Jawa Tengah atau Jawa Timur untuk memanfaatkan program angkutan sepeda motor gratis ini. Penyelenggaraan program ini memang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan pada pemudik bersepeda motor karena kendaraan tersebut tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh.

Selain peninjauan rutin, Kementerian Perhubungan akan terus melakukan pengecekan sarana dan prasarana pada angkutan Lebaran tahun 2016 ini baik di sektor darat, laut, udara, maupun perkeretaapian. Hal ini untuk memastikan keselamatan dan keamanan para pemudik, sebagai implementasi dari fokus kerja Kementerian Perhubungan selama ini, yaitu meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi.


Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #daerah #ekonomi

Berita terakit :


7 Tahun Kakek Adih Tinggal di Gubuk
Senin 26 Desember 2016

7 Tahun Kakek Adih Tinggal di ...

Pekanbaru Inseminasi Buatan Sapi Di Empat Lokasi
Rabu 16 November 2016

Pekanbaru Inseminasi Buatan Sa ...

PERNYATAAN PERS GUBERNUR JAMBI, H. ZUMI ZOLA
Rabu 31 Januari 2018

PERNYATAAN PERS GUBERNUR JAMBI ...