624 Kecepek di Sita Korem 042 Gapu

Sabtu 21 Mei 2016 02:08:27 WIB Dilihat : 451 Kali


624 Kecepek di Sita Korem 042 Gapu

HALUANNEWS - JAMBI - Sebanyak 624 pucuk kecepek berhasil di sita  Korem 042/Garuda Putih. Ratusan senjata api tradisional yang ini diperoleh dari seluruh kabupaten dan Provinsi Jambi. Kolonel Inf Makmur Komandan Korem 042/Gapu mengatakan ratusan senjata jenis kecepek ini didapat dari hasil pendekatan dengan masyarakat melalui pendekatan teritorial.

"Jadi Saya sangat berterima kasih sekali dengan kesadaran masyarakat Jambi," ujar Kolonel Inf Makmur, kepada wartawan di Makorem 042/Gapu, kemarin (20/5). Lebih lanjut Dia menyebutkan, dari ratusan kecepek tersebut, tiga diantaranya merupakan senjata api pabrikan jenis Gerent dan XP. Kata Dia, ini bukan merupakan senjata organik dari prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tidak hanya itu, dua granat nanas aktiv yang berusia puluhan tahun juga diamankan. Peledak ini merupakan penyerahan dari warga Kabupaten Kerinci kepada Komandan Kodim setempat. Saat ditanya apakah senjata yang organik tersebut merupakan hasil perdagangan gelap senjata api, Danrem menyebutkan, pihaknya tidak melakukan penyelidikan sejauh itu.

Menurutnya, yang terpenting adalah kesadaran dari masyarakat untuk menyerahkan barang yang tidak harus dimiliki warga sipil. "Intinya ini merupakan kesadaran masyarakat. Masyarakat Jambi sudah sangat sadar akan pentingya ketertiban dan kemanan," tegasnya.

Senpi beserta granat hasil penggalam terhadap masyarakat ini akan diserahkan ke Polda Jambi untuk dimusnahkan. Penyerahan sendiri akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Selama dua bulan penggalangan dan pendekatan, sambungnya, pihakny sudah menyita 843 pucuk senjata api.

Dimana sebelumnya yang sudah dimusnahkan ada 219 pucuk. Penggalangan dilakukan oleh seluruh Kodim yang berada di jajaran Korem 042/Gapu. "Ini sudah melebihi satu Bataliyon yang hanya sekitar 700 pasukan. Ini sudah 800 san," bebernya. "Artinya masyarakat Jambi semakin sadar. Mereka bagus sekali. Saya berterima kasih kepada masyarakat Jambi," tandasnya.(Zen)


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #gubernur jambi #nasional #polri #keluarga

Berita terakit :


Ditargetkan Lima Sekolah Menuju Akreditasi A
Selasa 25 Oktober 2016

Ditargetkan Lima Sekolah Menuj ...

STIP Muhammadiyah Sinjai Usai KKN di Purbalingga
Sabtu 08 September 2018

STIP Muhammadiyah Sinjai Usai ...

Bupati Syahirsah Tinjau Jalan Yang Kebanjiran
Rabu 29 November 2017

Bupati Syahirsah Tinjau Jalan ...

Jelajah tapal batas Mengabdi Pada Negeri.
Kamis 27 September 2018

Jelajah tapal batas Mengabdi P ...

Pemprov Dukung Pengembangan Informasi Mangrove
Senin 03 Oktober 2016

Pemprov Dukung Pengembangan In ...