Job Fair Depok Sediakan 5.315 Lowongan Kerja

Jumat 20 Mei 2016 02:13:26 WIB Dilihat : 374 Kali


Job Fair Depok Sediakan 5.315 Lowongan Kerja

HALUANNEWS - Bursa kerja atau yang sering disebut Job Fair merupakan pameran bagi para majikan untuk bertemu dengan para pencari kerja yang prospektif. Kegiatan Job Fair cukup diminati masyarakat, khususnya para pencari kerja. Sebanyak 5.315 lowongan kerja tersedia dalam Job Fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok di Depok Town Square, Rabu-Kamis (18-19/5) di Kota Depok, Jawa Barat.

Pada job fair kali ini tercatat 50 perusahaan ternama bergabung untuk mencari tenaga kerja yang dibutuhkan. Bursa kerja yang digelar Disnakersos ini mencari formasi tenaga kerja yang terdiri dari lulusan SMP sebanyak 183 formasi, lulusan SMA/ SMK 1983 formasi, D3/ D4 sebanyak 1234 formasi, dan S1 sebanyak 1.915 formasi.

Permasalahan mengenai kesempatan kerja, diungkap Kepala Disnakersos Kota Depok Diah Sadiah, menjadi hal penting dan mendesak karena pertumbuhan angkatan kerja yang lebih cepat daripada pertumbuhan kesempatan kerja yang tersedia.

Masalah pengangguran, kata Diah, disebabkan ketidakseimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja. Di mana jumlah pencari kerja setiap tahunnya semakin meningkat, sedangkan jumlah lowongan kerja yang tersedia sangat sedikit sehingga terjadi kesenjangan dalam penempatan tenaga kerja.

Selain itu, banyaknya angka pencari kerja juga disebabkan ketidakseimbangan informasi antara perusahaan pengguna dan pencari kerja. Sering kali perusahaan sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Ini berdampak tidak semua pencari kerja dapat menempati lowongan kerja yang ditawarkan. Saat ini, kata Diah, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok pada tahun 2014, tercatat masih terdapat 78.089 orang pengangguran. Tiga puluh persen di antaranya adalah lulusan SMA/ SMK.

"Adanya job fair ini bertujuan untuk dapat memberikan informasi lowongan pekerjaan kepada pencari kerja dan mempertemukan secara langsung pencari kerja dengan perusahaan pengguna tenaga kerja. Kami berharap job fair mampu menyerap angkatan kerja sebanyak-banyaknya sehingga dapat menekan angka pengangguran di Kota Depok," tutur Diah, seperti dilansir Berita Satu, Kamis (19/5/2016).

Bursa kerja ini disambut baik oleh para pencari kerja dan juga oleh perusahaan pengguna tenaga kerja. Contohnya Nadila dan Nanda, alumni SMK Perguruan Rakyat di Jakarta Selatan yang datang untuk mencari kerja. "Kami baru lulus tahun ini. Sekarang mau cari kerja. Di sini cukup enak, lokasinya strategis. Kami berharap bisa mendapatkan pekerjaan, misalnya untuk tenaga administrasi," tutur keduanya yang merupakan alumni jurusan perkantoran di SMK Perguruan Rakyat.

Sedangkan, bagi perusahaan pengguna tenaga kerja, lewat bursa kerja ini mereka berharap bisa menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini diungkap HRD Mitra 10 Pusat, Jeje Sembiring. Diungkap Jeje, Mitra 10 mencari banyak pekerja untuk ditempatkan di Depok dan sekitarnya. Satu toko Mitra 10 membutuhkan 10-20 orang tenaga kerja. Untuk Kota Depok, Mitra 10 memiliki dua toko yakni di Jalan Margonda Raya dan Jalan Cinere Raya.

"Kebanyakan untuk formasi SMA seperti untuk tenaga SPG/ SPB, kasir, sopir, satpam. Sedangkan untuk S1 di antaranya untuk posisi customer relation, drafter, dan sebagainya. Untuk S1 penempatannya tidak di Depok, tetapi di Gading, Serpong," papar Jeje.


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #keluarga

Berita terakit :


Bosowa Siap Investasi Rp5,1 Triliun  Bangun Pabrik Semen di Kaltim
Kamis 20 Oktober 2016

Bosowa Siap Investasi Rp5,1 Tr ...

Ini Catatan Mendagri Soal Pengelolaan Perbatasan Negara
Rabu 21 September 2016

Ini Catatan Mendagri Soal Peng ...

Anggota DPR Apresiasi Menag Tidak Sertifikasi dan Intervensi Isi Khutbah
Sabtu 04 Februari 2017

Anggota DPR Apresiasi Menag Ti ...

Berkemungkinan Dapat Dilaksanakan Pada Januari 2019 Mendatang.
Jumat 19 Januari 2018

Berkemungkinan Dapat Dilaksana ...

Perkuat Pengawasan Umrah, Kemenag Rilis Aplikasi SIMPU Online dan Umrah Cerdas
Jumat 02 Desember 2016

Perkuat Pengawasan Umrah, Keme ...

KEMENTERIAN PANRB AKAN SOSIALISASI NETRALITAS PNS DALAM PILKADA
Selasa 06 Desember 2016

KEMENTERIAN PANRB AKAN SOSIALI ...

Padang Launching Didikan Subuh Berbasis Pramuka
Sabtu 03 Februari 2018

Padang Launching Didikan Subuh ...