Wapres: Gerakkan Ekonomi dengan Kebijakan Strategis

Rabu 18 Mei 2016 22:30:23 WIB Dilihat : 197 Kali


Wapres: Gerakkan Ekonomi dengan Kebijakan Strategis

HALUANNEWS- Tidak ada pilihan selain melakukan banyak perubahan dan reformasi untuk kemajuan. Hal yang sangat penting ialah menggerakkan ekonomi bersama untuk kemakmuran masyarakat. Demikian disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla saat Opening Ceremony Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IDB) ke-41 di Jakarta Convention Center, Jakarta pada Selasa (17/05) malam.

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjutnya, ekonomi dunia mengalami perlambatan dengan jatuhnya harga komoditas global. Padahal, dua pertiga produksi minyak dunia dihasilkan oleh negara-negara anggota Islamic Development Bank (IDB). Kondisi ini tentu memberi dampak yang besar bagi negara-negara tersebut. “Karena itu butuh stimulus yang baik dan besar yang akan memperbaiki dan menunjang perbaikan ekonomi masing-masing,” katanya.

Untuk menghadapi risiko tersebut, sebagai negara yang memiliki penduduk lebih dari 250 juta jiwa, lanjut Wapres, Indonesia telah mengambil sejumlah kebijakan strategis. Pertama, meningkatkan pembangunan infrastruktur untuk mempermudah logistik (arus distribusi barang/jasa) antardaerah di Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Kedua, memperbaiki sistem keuangan melalui perbaikan sistem perbankan yang lebih efisien dengan tingkat suku bunga yang lebih baik. Ketiga, memperbaiki birokrasi dalam negeri, sehingga mampu menarik investor asing untuk menanamkan modalnya ke dalam negeri. Terakhir, memperkuat kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara lain.


Tag Berita :
#koran indonesia #nasional #presiden #ekonomi

Berita terakit :


E-Katalog Meminimalisir Penyelewengan dan Manipulasi Harga
Kamis 06 Oktober 2016

E-Katalog Meminimalisir Penyel ...

737 Linmas Kota Dikukuhkan
Senin 22 Mei 2017

737 Linmas Kota Dikukuhkan

15 Kementerian/Lembaga Ini Anggarannya Dipangkas Paling Besar Pada APBN-P 2016
Jumat 26 Agustus 2016

15 Kementerian/Lembaga Ini Ang ...