Dispendik Mulai Gelar Seleksi Anugerah Konstitusi Guru PPKN

Rabu 18 Mei 2016 09:18:51 WIB Dilihat : 338 Kali


Dispendik Mulai Gelar Seleksi Anugerah Konstitusi Guru PPKN

HALUANNEWS - Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) mulai gelar seleksi Anugerah Konstitusi Guru PPKN. Sebanyak 43 peserta turut ambil bagian dalam seleksi yang diselenggarakan di SMPN 39. Kasih Tenaga Non Fungsional Verawati, S. Sos mengutarakan tujuan diadakannnya kegiatan ini ialah mendorong terwujudnya budaya sadar berkonstitusi sedangkan para guru PPKn menjadi pihak yang mendidik para peserta didik agar menjadi anak-anak bangsa yang memiliki budaya sadar berkonstitusi. “Para guru yang lolos seleksi tingkat kota akan diikutkan dalam seleksi baik ditingkat provinsi atau bahkan nasional”, ujar Verawati.

Diyanto, guru PPKN asal SMKN 7 melalui presentasi makalahnya menyampaikan bahwa melalui ekstrakurikuler pramuka dapat melatih tingkat kedisiplinan siswa. Menurutnya hal tersebut didasarkan kepada UU no. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, kreatif dan menjadi warga negara yang demokratis dan beranggung jawab.

Diyanto juga berujar untuk mencapai tujuan Sisdiknas diperlukan kerjasama yang baik antara lingkungan pendidikan, baik pendidikan informal, formal, dan non formal. “Kegiatan pramuka saat ini merupakan cara yang paling tepat melatih dan meningkatkan kedisiplinan siswa”, jelas Diyanto.

Sementara itu, Abdul Kohar pengawas dikmenjur yang juga sekaligus penguji dalam kegiatan seleksi menyampaikan, penilaian terhadap materi yang dipresentasikan oleh peserta lebih ditinjau dari segi keorisinilan karya tulis. Mereka harus paham betul materi yang disampaikan jangan sampai hanya copy paste saja. “Pada kesempatan ini kami juga menguji bagaimana secara garis besar mereka membuat RPP, selanjutnya metode-metode pembelajaran yang digunakan”, tutur Abdul.

Berbeda dengan Abdul Kohar, Retni Sulistyowati penguji lainnya lebih menekankan pada proses mengajar guru selama di sekolah, karena dari proses tersebutlah dapat dilihat seberapa  jauh mereka menemukan tantangan serta bagaimana solusi alternatif penyelesaiannya.


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #keluarga

Berita terakit :


 Ajaib pisang emas berbuah dari tengah pohon nya
Selasa 14 Februari 2017

Ajaib pisang emas berbuah dar ...

Cegah DBD, Pemkot Galakkan Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik
Kamis 09 Februari 2017

Cegah DBD, Pemkot Galakkan Ger ...

Ada Apa Dengan Nasdem Merangin..?
Senin 20 Agustus 2018

Ada Apa Dengan Nasdem Merangin ...

Pemkot Pasang Alat Konverter di Mobil Operasional
Senin 16 Oktober 2017

Pemkot Pasang Alat Konverter d ...

MERIAHKAN AGUSTUSAN, DWP BANDA ACEH GELAR ANEKA LOMBA CERIA
Kamis 10 Agustus 2017

MERIAHKAN AGUSTUSAN, DWP BANDA ...

Walikota Kesal, RTH Putri Kaca Mayang Dirusak
Kamis 03 Agustus 2017

Walikota Kesal, RTH Putri Kaca ...

Kontingen Garuda meriahkan upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Nairobi
Sabtu 20 Agustus 2016

Kontingen Garuda meriahkan upa ...