OKU Tuan Rumah JPD 2016 Butuh Perhatian Lebih

Jumat 29 April 2016 11:29:11 WIB Dilihat : 334 Kali


OKU Tuan Rumah JPD 2016 Butuh Perhatian Lebih

HALUANNEWS - PALEMBANG — Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tahun ini menjadi tuan rumah pelaksanaan Jambore Pemuda Daerah (JPD) 2016. Untuk itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel, Ahmad Yusuf, meminta kepada dinas-dinas terkait agar memberikan bantuan dan perhatian khusus demi kelancaran JPD yang akan berlangsung.

Ahmad Yusuf mengatakan, pelaksanaan JPD nantinya akan dilakukan pada 22 - 26 Juli mendatang. Lokasinya dipusatkan di GOR Baturaja. Pelaksanaan JPD ini merujuk pada Dasar Hukum UU nomor 32 otonomi daerah. Dan UU 40 tahun 2009 Tentang pelayanan kepemudaan dan pengembangan.

"JPD ini akan diikuti oleh seluruh daerah se Sumsel. Usia peserta mulai 16-22 tahun. Pemenang JPD ini nantinya akan dikirim mewakili Sumsel untuk ke Palangkaraya di ajang Jambore Pemuda Tingkat Indonesia, atau jambore tingkat nasional," katanya saat memaparkan itu di hadapan Asisten I Setda OKU, Mirdaili mewakili Bupati OKU di ruang Abdi Praja Pemkab setempat.

Dikilas sedikit oleh Kadispora Sumsel,  bahwa JPD ini pertama kali dilaksanakan pada 2013 lalu yang diikuti sebanyak 300 peserta, Kedua pada 2014 diikuti 350 orang dan pada 2015 lalu diikuti 400 orang di Bedegung Muaraenim. Jumlah peserta ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. "Pada ajang JPD 2014 lalu, OKU ini meraih predikat kontingen terbaik. Jadi sudah pas rasanya menjadi tuan rumah pada pelaksanaan JPD 2016," katanya.

Adapun rangkaian acara di JPD ini nantinya, antara lain menampilkan Karya Seni kabupaten dan akan dinilai Juri. Pameran kerajinan keunggulan pemuda. Masakan, olahraga, Lomba poco-poco, seminar pemuda, penghijauan dengan cara menanam pohon.

Ia pun memaparkan kebutuhan - kebutuhan selama pelaksanaan JPD nanti, agar pelaksanaannya berjalan lancar. Seperti, panggung hiburan, sarana dan prasarana outbond, listrik (PLN), Air Bersih, Tempat Shalat, Paramedis, Transportasi lancar jalur masuk. Keamanan dll.

"Jangan sampai seperti di Bedegung yang sangat memprihatinkan. Cuma meski memprihatinkan, Alhamdulilah tidak berdampak ke peserta. Yang jelas keamanan ini harus benar-benar diperhatikan. Sebab anak-anak kita ini nantinya akan banyak mengikuti kegiatan diluar atau tempat terbuka dibanding di dalam ruangan," ungkapnya.

Ia menambahkan, lingkungan yang sehat juga harus diperhatikan, seperti sanitasi dan lain-lain, begitu juga halnya kebutuhan tenda 19 unit, yang 17 tenda diantaranya berkapasitas 20 orang, tenda kesehatan dan tenda besar pengganti aula 300 orang. MCK 15 unit. Air bersih, tedmon dan PDAM serta listrik tadi. "Jumlah peserta 2 orang pendamping alumni JPI/BPAP/JPD 18 orang peserta. 9 peserta pria 9 peserta putri," katanya.

Suvervisor PLN Rayon Baturaja, Hermawan mengatakan pihaknya siap memback up penuh suksesnya pelaksanaan JPD, terutama mengenai jaminan pasokan listrik."Kita akan tinjau dulu ke lapangan. Nanti akan ketahuan apa kekurangan dan kendala yang ada," katanya.

Kalau memang tidak memungkinkan kata dia, PLN memiliki gardu bergerak yang bisa mobile dengan Kapasitas gardu 250 KPA. Ini menurut dia cukup besar untuk memback up GOR Baturaja dan Kolam Renang Baturaja.  "Intinya kita siap turut serta mensukseskan ajang JPD 2016 di OKU ini," katanya.

editor : cub


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #keluarga #daerah

Berita terakit :


Deng Ical Resmikan Pameran Makassar ta Tempo Doeloe
Selasa 08 November 2016

Deng Ical Resmikan Pameran Mak ...

Hutan Wisata Gunung Meja
Minggu 25 Desember 2016

Hutan Wisata Gunung Meja

Bakamla RI dan Australian Border Force Kolaborasi di Udara
Minggu 27 Agustus 2017

Bakamla RI dan Australian Bord ...

IMM FDK UIN-Alauddin Programkan Animasi Dakwah
Selasa 17 April 2018

IMM FDK UIN-Alauddin Programka ...

OSIS MA Pergis Ganra Soppeng Peduli dan Berbagi kepada Kaum Duafa
Jumat 04 Agustus 2017

OSIS MA Pergis Ganra Soppeng P ...

Panglima TNI :  Hadapi Pilkada Serentak 2018, Prajurit Harus Netral
Kamis 26 Oktober 2017

Panglima TNI : Hadapi Pilkada ...

Kemenristekdikti Cabut Status Pembinaan STIE-YPUP Makassar
Senin 16 April 2018

Kemenristekdikti Cabut Status ...