Jambi-Malaysia Jajaki Kerja sama Di Jambi

Rabu 27 April 2016 23:54:21 WIB Dilihat : 417 Kali


Jambi-Malaysia Jajaki Kerja sama Di Jambi

HALUANNEWS - Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli menerima kunjungan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim beserta rombongan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (27/4). Kunjungan Dubes Malaysia tersebut ke Jambi adalah dalam rangka membahas berbagai potensi pembangunan dibidang budaya, energi, infrastruktur, jalan, termasuk permasalahan Tenaga Kerja Indonesia yang ada di Malaysia.

"Cita cita besar dalam mempererat hubungan Indonesia Malaysia, ada banyak pembahasan potensi kerjasama yang bisa terjalin khususnya untuk Jambi," ujar H. Zumi Zola. Mengenai budaya Melayu Islam diakui Gubernur memiliki kemiripan dengan Malaysia, Zumi Zola juga menyampaikan pembahasan energi dan kelistrikan Jambi memiliki potensi besar namun saat ini masih membutuhkan pembangkit energi baru untuk menyuplai kebutuhan listrik diwilayah Provinsi Jambi.

"Listrik dan energi seperti batubara dan gas," jelas Zola. Dalam kesempatan tersebut Gubernur Zola juga menyampaikan harapan khusus terkait permasalahan Tenaga Kerja Indonesia asal Jambi yang banyak bekerja di Malaysia agar mendapat perhatian. "Datok, mohon diperhatikan masalah TKI," harap Zola.

Sementara itu, Duta Besar Malaysia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim menanggapi silaturrahim bersama Gubernur Jambi yang juga didampingi kepala SKPD Provinsi Jambi membahas kerjasama yang dapat dilakukan antara Malaysia dan Jambi. "Kita duduk bersama merancang,memantapkan investasi dan kerjasama yang bisa terjalin dengan maksud Jambi makmur atas kerumpunan," jelas Datok Zahrain.

Pembangunan energi, infrastruktur, jalan, termasuk tamadun/peradaban melayu ingin dipromosikan yang menguntungkan semua pihak terutama dalam kaitannya mempereratkan hubungan kenegaraan. Hubungan Indonesia dan Malaysia diakui Dubes telah terjalin baik, banyaknya WNI yang bekerja di Malaysia diakui memberi kontribusi bagi pembangunan.

"TKI sangat diperlukan dan telah bantu pertumbuhan," kata Datok Zahrain. Bagi TKI yang masih ilegal Dubes menegaskan Pemerintah menyiapkan satu saluran TKI legal yang akan bekerja di Malaysia,"Kita putihkan, mau lewat satu chanel (lembaga) secara halal (legal)," pungkas Dubes.

editor : cub


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #zumi zola #gubernur jambi #nasional #kampus #daerah #hiburan

Berita terakit :


Ini Perbedaan Pendamping Desa dan Eks PNPM
Jumat 01 April 2016

Ini Perbedaan Pendamping Desa ...

Sekda Lepas JCH Dari ASN Pemprov Kepri
Sabtu 12 Agustus 2017

Sekda Lepas JCH Dari ASN Pempr ...

Kemenag Beri Layanan Gratis Pengukuran Arah Kiblat
Rabu 09 November 2016

Kemenag Beri Layanan Gratis Pe ...

Publik Hingga Saat ini Mempertanyakan Status Kasus Kepala Desa Lenupetu Atas Dugaan Menggelapkan ADD
Selasa 20 Februari 2018

Publik Hingga Saat ini Mempert ...

 Fisip Unsa mengadakan Rapat Borang
Kamis 14 Desember 2017

Fisip Unsa mengadakan Rapat B ...