Hindari PHK Dengan Mengoptimalkan Forum Bipartit

Jumat 26 Februari 2016 19:00:10 WIB Dilihat : 705 Kali


Hindari PHK Dengan Mengoptimalkan Forum Bipartit

HALUANNEWS - Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Baik pekerja maupun pengusaha, diharapkan mengedepankan forum bipartit untuk menghindari PHK. PHK hendaknya dijadikan opsi terakhir dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial.
 
“Jangan sampai terjadi PHK, usahakan dulu bipartit. Kalau salah satu pihak tidak sepakat, bisa sampaikan ke dinas tenaga kerja dan kita mediasi untuk mencari jalan keluar terbaik,” kata Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker), Haiyani Rumondang di Kantor Kemnaker, Jakarta.

Forum bipartit merupakan langkah awal dan wajib ditempuh oleh pihak yang berselisih, yakni pengusaha dan pekerja untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial. Menurut Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004 Tentang Perselisihan Hubungan Industrial, perundingan bipartit adalah perundingan antara pekerja atau serikat pekerja dengan pengusaha untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial diantara mereka, yaitu perselisihan karena perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan diantara pengusaha dan pekerja. Dengan begitu, perundingan bipartit bertujuan untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial dalam satu perusahaan.

Forum bipartit harus lebih dahulu dikedepankan agar duduk perkara dapat ditemukan serta dapat mewujudkan mufakat melalui musyawarah. Dalam melakukan perundingan bipartit harus mendasarkan pada, memiliki itikad baik, menaati tata tertib perundingan yang disepakati dan bersikap santun dan tidak anarkis.

Optimalisasi forum bipartit sangat penting, pekerja dapat mengetahui penyebab secara pasti adanya PHK. Pengusaha juga dapat menunjukkan sikap tanggung jawabnya terhadap nasib pekerjanya. Sehingga, konflik dapat diminimalisir sekecil mungkin melalui forum bipartit.

Seandainya forum gagal menjadi penengah, perselisihan yang terjadi dapat diselesaikan melalui forum tripartit. Forum tripartit dapat dipahami secara sederhana sebagai forum penyelesaian perselisihan hubungan industrial dengan melibatkan pihak ketiga.

Forum tripartit ada beberapa bentuk dan tahapan, diantaranya mediasi, konsiliasi, dan arbitrase. Masing-masing forum memiliki cara dan tahapan sendiri-sendiri. Pihak ketiga dalam mediasi disebut mediator, sedangkan dalam forum konsiliasi ditengahi oleh konsiliator, dan dalam forum arbitrasi oleh arbiter. 

editor : cub


Tag Berita :
#presiden #polri #seni #selebritis #keluarga #sehat #kampus #daerah #ekonomi #hiburan #politik #music

Berita terakit :


Di Hari Anak Perempuan Internasional, Menaker Beri Kesempatan Remaja Putri Jadi Menteri Sehari
Selasa 11 Oktober 2016

Di Hari Anak Perempuan Interna ...

Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Pertumbuhan Industri Petrokimia
Senin 05 Februari 2018

Indonesia Berpotensi Jadi Pusa ...

BUPATI DAN DPRD TEKEN NOTA KUPA PPAS APBD PERUBAHAN 2017
Rabu 13 September 2017

BUPATI DAN DPRD TEKEN NOTA KUP ...

Gubernur Belum Mau Terima SWRO
Kamis 03 November 2016

Gubernur Belum Mau Terima SWRO ...