Harkonas 2016, Presiden Jokowi: Jadilah Konsumen Yang Tentukan Pilihan

Selasa 26 April 2016 12:37:34 WIB Dilihat : 414 Kali


Harkonas 2016, Presiden Jokowi: Jadilah Konsumen Yang Tentukan Pilihan

HALUANNEWS -Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap masyarakat bisa ‘naik kelas’ dan berevolusi, dari orientasi konsumsi yang maksimal konsumsi menjadi orientasi konsumen yang mampu menentukan pilihan konsumsinya. Harapan ini disampaikan Presiden Jokowi dalam arahannya yang disampaikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong pada acara puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2016 di Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (26/4) pagi. 

Mendag menjelaskan, pemahaman akan pentingnya perlindungan konsumen perlu diperkuat agar konsumen mampu membuat pilihan dan keputusan yang tepat dalam mengkonsumsi dan menggunakan barang, serta memanfaatkan jasa hanya yang sesuai dengan ketentuan.

Mendag menegaskan, konsumen Indonesia harus berevolusi menjadi konsumen yang cerdas. Bahwa Konsumen harus menuntut transformasi perekonomian, sektor konsumsi pun harus bertransformasi. “Konsumen harus lebih “cerewet” seperti di Korea atau Jepang, dalam menuntut kualitas dari produk dan jasa yang mereka konsumsi agar produsen berusaha menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas tinggi,” tutur Mendag.

Dengan Produk yang berkualitas tinggi tersebut, Mendag meyakini, produk yang dihasilkan bisa bersaing di luar. “Itu sebuah permulaan dari daya saing sektor produktivitas. Itu diawali dari sektor domestik dan konsumen berhak untuk menuntut produsen, itu kira-kira,” jelas Mendag.

Mendag menyampaikan arahan Presiden Jokowi yaitu agar konsumen lebih memainkan peran dan kesadaran sebagai konsumen. Menurutnya, kesadaran konsumen di Indonesia masih rendah dibandingkan negara lain. Hal ini ditunjukkan oleh Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) 2015 di Indonesia yang masih ada di angka 34,17 persen. “Kita-kita semua sebagai suatu bangsa yang harus semakin produktif, semakin kompetitif,” tutur Mendag Thomas Lembong.

Upaya peningkatan pemahaman perlindungan konsumen juga dimaksudkan untuk membentuk konsumen cerdas, mandiri, dan cinta produk dalam negeri. “Dengan ini diharapkan mendorong pelaku usaha untuk lebih bertanggungjawab dalam memperdagangkan barang atau jasa, baik dalam produk dalam negeri maupun produk impor,” ujar Mendag. Harkonas yang jatuh pada tanggal 20 April kali ini mengusung tema Gerakan Konsumen Cerdas Mandiri dengan Mencintai Produk Dalam Negeri.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan notakesepahaman edukasi Konsumen cerdas di antara perguruan tinggi (Institut Pertanian Bogor, Universitas Tarumanegara, Universitas Singaperbangsa) dengan ormas keagamaan (Majelis Ulama Indonesia, PP Muhammadiyah, Konferensi Wali Gereja Indonesia, Persekutuan Gereja Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Perwakilan Umat Budha Indonesia, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, dan Badan Kontak Majelis Taklim Indonesia). Tampak hadir dalam acara tersebut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri PPN/Kepada Bappenas Sofyan Djalil, dan Kepalaa Badan Ekonomi Kreatrif Triawan Munaf.

editor : cub


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #keluarga

Berita terakit :


Soal Diskresi, Mendagri Sebut Harus Ada Dasar Hukum
Kamis 16 Februari 2017

Soal Diskresi, Mendagri Sebut ...

Baliho Adirozal - Ami Masih Terpasang, Panwas: Billboard Milik Pemerintah Juga Harus Diturunkan
Rabu 21 Februari 2018

Baliho Adirozal - Ami Masih Te ...

Prajurit TNI Konga Unifil Meriahkan Beirut Marathon 2017 di Lebanon
Selasa 14 November 2017

Prajurit TNI Konga Unifil Meri ...

Indonesia Kecam Pengakuan Sepihak AS tentang Jerusalem
Kamis 07 Desember 2017

Indonesia Kecam Pengakuan Sepi ...

Rekanan Harus Ikut  Bertanggung jawab
Rabu 10 Februari 2016

Rekanan Harus Ikut Bertanggun ...

Menkumham Sahkan Kembali DPP PPP Hasil Muktamar Bandung
Sabtu 20 Februari 2016

Menkumham Sahkan Kembali DPP P ...