Satgas 115 Investigasi Kapal Tiongkok

Selasa 26 April 2016 11:46:08 WIB Dilihat : 457 Kali


Satgas 115 Investigasi Kapal Tiongkok

HALUANNEWS -Belawan – Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara Ilegal atau Satgas 115 menginvestigasi lebih lanjut Kapal Ikan Asing (KIA) FV HUA LI-8 berbendera Tiongkok yang ditangkap oleh TNI AL di perairan Aceh, Jumat (22/4) lalu.

Tim Satgas 115 datang mengunjungi tempat diamankannya kapal FV HUA LI-8 di Lantamal I Belawan, Sumatera Utara, Senin (25/4). “Pada dasarnya, Satgas 115 datang sebagai bentuk International cooperation untuk memberantas illegal fishing,” ujar Ketua Staf Ahli Satgas 115 Mas Achmad Santosa (Otta) dalam keterangan tertulis kepada Tim KKPNews, Senin (25/4).

Otta menambahkan bahwa sebelumnya Tim Satgas 115 telah mendapat informasi bahwa kapal FV HUA LI-8 akan melintasi perairan Selat Malaka. “Interpol pusat memberikan info kepada Satgas 115 bahwa kapal HUA LI-8 yang telah diberikan Purple Notice melintasi perairan Indonesia. Pengejaran kemudian dilakukan oleh TNI-AL dengan 2 kapal KRI-nya,” tambahnya.

Setelah TNI-AL Indonesia berhasil mengamankan kapal FV HUA LI-8, Pemerintah Indonesia mendapat informasi bahwa kapal tersebut sedang terlibat dalam 2 perkara di Argentina. Sementara ini sudah ada 1 putusan dari pengadilan Argentina.

“Sudah ada 1 putusan dari pengadilan Argentina, yang juga berisi permintaan bantuan khusus kepada pemerintah Indonesia untuk memeriksa dan menahan (“search and hold“),” kata Otta “Oleh karena itu, Satgas 115 turun ke lapangan untuk melihat kondisi fisik kapal HUA LI-8 beserta dengan dokumen-dokumen terkait kegiatan perikanannya dan menjamin perlindungan HAM bagi seluruh ABK kapal,” tutup Otta.

editor : cub


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #polri #keluarga

Berita terakit :


Pembukaan Seminar ESQ Dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur
Minggu 27 Agustus 2017

Pembukaan Seminar ESQ Dilingku ...

Menperin Optimistis Reindustrialisasi Mulai 2017
Minggu 11 Desember 2016

Menperin Optimistis Reindustri ...

Menag Wisuda Maha Santri dan Luncurkan i-Santri di As'adiyah Sengkang Sulsel
Sabtu 10 Desember 2016

Menag Wisuda Maha Santri dan L ...

Ketua KPK Siap Mundur Bila UU KPK Direvisi, ini Kata Menkum HAM
Minggu 21 Februari 2016

Ketua KPK Siap Mundur Bila UU ...

 Kuala Merisi
Sabtu 01 Oktober 2016

Kuala Merisi