KPI FDK UIN Alauddin Makassar Inovasi Media Pembelajaran Gunakan Classroom Google

Kamis 01 November 2018 10:09:50 WIB Dilihat : 42 Kali


KPI FDK UIN Alauddin Makassar Inovasi Media Pembelajaran Gunakan Classroom Google

HALUANNEWS.COM, Makassar--Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin angkatan 2017 melakukan inovasi media pembelajaran pembelajaran menggunakan online dengan pola classroom google.

Proses pembelajaran online seperti ini diperkenalkan oleh dosen pengampuh mata kuliah jurnalistik siaran radio, Dr. Muhammad Yahya M.Si, sejak dari kuliah awal dan kini sudah masuk pada pertemuan ke-enam.

Demikian ditegaskan dosen pengampu mata kuliah jurnalistik siaran radio,  Muhammad Yahya usai mengajar pola online, Rabu (31/10/2018) di kampus Samata Gowa, UIN Alauddin Makassar.  

Dijelaskan, pola pembelajaran online seperti ini cukup komunikatif karena materi dan tugas pembelajaran langsung terakses pada  hp android masing-masing mahasiswa dengan sangat cepat.

Selain itu, setiap kali masuk mengajar dimulai dengan menunjuk satu sampai dua mahasiswa untuk menjelaskan kembali materi dan tugas yang di berikan sehari sebelum masuk di ruang kelas pembelajaran, tegas Dekan Fisip Universitas Sawerigading Makassar ini.

Proses pembelajaran online seperti ini mendorong mahasiswa terlibat dalam era milenial.

Menggunakan pola pembelajaran digital pola  classroom google mendorong mahasiswa untuk ikut terlibat dalam dunia globalisasi  mengedepankan kecepatan internet,  ujar Muh Rezky Z,  mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin peserta mata kuliah ini. 

Sisi lain metode pembelajaran seperti ini sering terkendala dengan jaringan.

Dosen  pengampuh mata kuliah jurnalistik siaran radio, Muhammad Yahya selalu mengingatkan kepada mahasiswa peserta mata kuliah jurnalistik siaran radio, katanya.

Setiap kali masuk kelas pembelajaran  harus siap  jaringan dan kouta karena itu adalah modal utama yang harus dipersiapkan dalam pembelajaran metode online, kata Rezky.

Hal sama juga di kemukakan mahasiswa lainnya,  Andi Fatimah Azzahra, pembelajaran online menggunakan classroom  google sangat efektif dan menghemat waktu karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun.

Namun pola seperti ini sering terkendala jaringan, terlebih lagi di kampus UIN Alauddin Makassar sangat minim akan jaringan, tegasnya.

Ditempat terpisah, Sekretaris Prodi KPI FDK UIN Alauddin Makassar, Dra. Asni Djamareng, M.Si menilai, inovasi pembelajaran online yang  dilakukan Muhammad Yahya, termasuk salah satu bagian dari adaptasi menghadapi era revolusi industri 4.0.

Selama ini Dekan FDK UIN Alauddin, Prof Dr. H. Rasyid Masri, S.Ag, M.Pd, M.Si, MM, senantiasa mendorong para dosen melakukan inovasi dan adaptasi dalam pembelajaran terutama menyambut era revolusi industry 4.0.

Dekan FDK ini setiap kali berinteraksi dengan para mahasiswa senantiasa mengajak para mahasiswa menjadi petarung yang mampu memenangkan pertarungan masa depan terutama di pasar kerja , tandas kandidat doktor manajmen PPs-UMI Makassar ini.

Laporan: Muslimin
Mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin Makassar
Melaporkan dari Samata Gowa.


Tag Berita :
#InfoTerkini #Makassar #berita terkini indonesia #koran indonesia #pendidikan #kampus/sekolah

Berita terakit :


Forwami resmi dikukuhkan, Fikar Azami jabat Ketua Dewan Pembina
Senin 30 Oktober 2017

Forwami resmi dikukuhkan, Fika ...

Menteri Basuki Optimis Renovasi GBK dan Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran Selesai Sesuai Target
Minggu 02 Oktober 2016

Menteri Basuki Optimis Renovas ...

Sambil Nonton Quick Count Pilkada Bareng, Menpora Ajak Insan Media Belajar Memanah
Rabu 15 Februari 2017

Sambil Nonton Quick Count Pilk ...

Membuat Indonesia Lebih Terang, Berikut Program dan Capaiannya
Minggu 15 April 2018

Membuat Indonesia Lebih Terang ...

Bangunan Madrasah Diwilayah Kerja PetroChina Mengenaskan
Selasa 19 Desember 2017

Bangunan Madrasah Diwilayah Ke ...

Ganjar Ajak Masyarakat Dukung Asian Games 2018
Rabu 22 November 2017

Ganjar Ajak Masyarakat Dukung ...

Setkab Luncurkan SISKAB, SITAP, SIPPIL, SIPT, dan Email Resmi
Sabtu 24 Februari 2018

Setkab Luncurkan SISKAB, SITAP ...