7 Rahasia agar Anak Jarang Sakit

Senin 13 Agustus 2018 20:36:02 WIB Dilihat : 54 Kali


7 Rahasia agar Anak Jarang Sakit

HALUANNEWS.COM--Anak lebih berisiko terjangkit penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Padahal, kuman penyebab penyakit akan selalu ada di sekitar lingkungan anak Anda. Pencegahan penyakit sejak dini merupakah salah satu upaya penting agar kuman penyebab penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Tips agar anak tak mudah sakit

Banyak cara untuk mencegah anak terjangkit kuman, sehingga anak menjadi jarang sakit. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi si Kecil dari serangan berbagai sumber penyakit:

  1. Membiasakan anak cuci tangan

Ajarkan dan biasakan anak Anda untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun antikuman serta membilasnya dengan air mengalir. Lakukan kebiasaan ini sebelum makan, sehabis bermain, setelah dari kamar mandi atau setelah bepergian keluar rumah.

Cuci tangan merupakan salah satu pencegahan terjadinya penyakit karena tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering terpapar kuman penyebab penyakit. Jika anak tidak dibiasakan untuk mencuci tangan, kuman akan mudah masuk ke bagian tubuh lain seperti mulut dan mata.

  1. Mandi secara rutin

Menjaga kulit tubuh tetap bersih merupakan langkah penting untuk mencegah penyakit. Saat mandi, penggunaan sabun antikuman dan pembilasan air yang tepat mampu menyingkirkan kuman penyebab penyakit.

  1. Rajin membersihkan seluruh bagian rumah

Apabila tidak rutin dibersihkan, kuman penyebab penyakit mudah bersarang di sudut-sudut rumah dan menimbulkan penyakit, terutama jika salah satu anggota keluarga sering bermain di area tersebut. Beberapa area di rumah yang banyak mengandung kuman penyakit adalah ruang keluarga, tempat tidur, kamar mandi dan area dapur.

  1. Asupan makanan yang sehat dan bergizi

Pemberian makanan yang bergizi lengkap dan sehat mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga anak tidak mudah sakit. Pastikan dalam menu harian anak mengandung nutrisi dari karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur dengan kualitas dan kuantitas yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Anak berusia 1–3 tahun disarankan untuk tidur selama 12–14 jam sehari, dengan waktu tidur siang sebanyak 2–3 jam dan tidur malam sebanyak 10–11 jam. Sedangkan anak berusia 4–6 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 11–13 jam sehari, dengan waktu tidur siang sebanyak 2 jam dan tidur malam sebanyak 10–11 jam sehari.

Untuk anak usia sekolah 7–12 tahun, waktu tidur yang disarankan adalah 10–11 jam sehari dengan waktu tidur siang 2 jam dan waktu tidur malam 10–11 jam sehari.

  1. Penuhi jadwal vaksinasi

Mengajak si Kecil untuk melakukan vaksinasi sesuai jadwalnya merupakan salah satu cara untuk melindunginya dari penyakit yang berbahaya. Jika terlambat, segera lakukan imunisasi catch–up dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anak Anda.

  1. Hindari kontak dengan orang sakit

Jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit atau ada tamu yang berkunjung ke rumah dalam kondisi sakit, minta mereka untuk menggunakan masker dan membatasi kontak langsung dengan anak untuk meminimalkan si Kecil terpapar kuman penyebab penyakit.

Di masa pertumbuhan, anak membutuhkan perlindungan ekstra dari kuman penyebab penyakit. Sebab bila sakit, proses tumbuh kembang anak akan terhambat. Lakukan berbagai tips di atas agar si Kecil senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


PKK Sokaraja Sabet Juara Lomba Sosio Drama
Jumat 10 November 2017

PKK Sokaraja Sabet Juara Lomba ...

Wakil Walikota Medan Buka FGD Tentang Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Memperkuat Kohesi Kota Medan
Kamis 08 Desember 2016

Wakil Walikota Medan Buka FGD ...

Kemenperin Pacu Industri Terintegrasi dengan Infrastruktur Digital
Kamis 11 Januari 2018

Kemenperin Pacu Industri Terin ...

Sikap Tegas PSSI dan Klub Memiliki Peran Penting Dalam Pembinaan Suporter Indonesia
Kamis 03 Agustus 2017

Sikap Tegas PSSI dan Klub Memi ...

Puluhan Ribu Warga Deklarasikan Gerakan Tampan Bersih
Minggu 27 Maret 2016

Puluhan Ribu Warga Deklarasika ...