Inspektorat Segera Kirim LHP Kades Muara Langeh ke Polres Merangin, Agustam Pilih 'Bungkam'

Kamis 09 Agustus 2018 22:11:40 WIB Dilihat : 853 Kali


Inspektorat Segera Kirim LHP Kades Muara Langeh ke Polres Merangin, Agustam Pilih 'Bungkam'

HALUANNEWS.COM, Merangin--Indikasi ‘kebocoran’ Dana Desa (DD) Muara Langeh, Tabir Barat Kabupaten Merangin terus bergulir.

Belum lama ini, Inspektorat Kabupaten Merangin, segera akan mengirim laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), Kades Muara Langeh ke penyidik Polres Merangin.

”LHP nya sudah selesai, dan waktu pembinaan-pun sudah habis. Makanya dalam waktu dekat, LHP ini segera akan kita kirim kepada Penyidik Polres Merangin", Ujar Kepala Inspektorat Kabupaten Merangin Hatam Tafsir didampingi Inspektur Pembantu (Irban) I Zainul, saat diwawanca haluannewscom, .Senin, (6/8/18).

Diakui Hatam Tafsir, dengan telah tuntasnya LHP Kades Muara Langeh, hasil penyerahan berkas laporan, yang sebelumnya diserahkan Polres Merangin ke Inspektorat, atas laporan warga 2017 lalu, maka pihaknya kembali akan mengembalikan berkas LHP Kades Muara Langeh tersebut kepada Pihak Polres Merangin.

”Dan sejauh ini, hasil LHP yang kita lakukan, terungkap saat temuan atas dugaan kebocoran Proyek turap  PUSKESDES 2016, dan hal tersebut pun sudah diakui secara tersurat oleh Kades Muara Langeh Agustam. 

”Namun sampai saat ini, Agustam sama sekali belum memberikan laporanya kepada Inspektorat, apakah temuan kekurangan volume pekerjaan turap tersebut sudah dilakukan penambahan pekerjaan atau belum, hingga apakah Agustam akan memilih mengembalikan uang kekurangan volume pekerjaan tersebut ke kas desa. Dan sejauh ini, Kades Muara Langeh ini, memang kurang 'kooperatif' dan sulit dihubungi hingga batas waktu pembinaan yang kita lakukan habis", Tagas Hatam seraya mengatakan, jika LHP tersebut sudah diserahkan terhadap aparat, tentu aparat lah nanti yang akan mensikapi kasus tersebut.

Terpisah Subhan, yang tak lain Ketua Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPNRI) Merangin, saat dimintai tanggapan, berharap kepada aparat penyidik Polres Merangin, untuk dapat mensikapi dugaan kebocoran DD Muara langeh tersebut secara profesional.

”Kita tahu, ada banyak sekali kebocoran pada pengunaan DD di Indonesia saat ini. Dan kami yakin aparat Polres Merangin, akan bekerja profesional terkait dugaan kebocaran DD Muara Langeh ini. Sehingga jika kasus ini terbukti secara hukum, diharapkan ihwal persoalan ini, bisa jadi efek jera, bagi kades yang coba ‘bermain main’ dalam pengunaan DD", Tegas Subhan.

Tak jauh berbeda, Masroni yang tak lain Koordinator Forum Bersama Peduli Merangin (F-BPM), juga mengecam keras aparat desa yang coba ‘bermain’ dalam pengunaan dana Desa.” Kita akan pantau terus, kasus ini termasuk penanganan-nya di Polres Merangin", Singkat Masroni.

Sementara itu, Kades Muara Langeh Agustam hingga berita ini dirilis, masih memilih tutup mulut , saat beberapa kali coba dikonfirmasi Haluannews.com, melalui ponsel yang biasa Ia gunakan dinomor 0823-1079-xxxx. (Mr)


Tag Berita :
#InfoTerkini #Merangin #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


LPM Se-Kota Makassar Silaturahmi Dalam Acara Camping Bersama
Selasa 06 Februari 2018

LPM Se-Kota Makassar Silaturah ...

Ketua DPR Tegaskan Rekomendasi Angket Hanya Untuk KPK
Senin 05 Februari 2018

Ketua DPR Tegaskan Rekomendasi ...

Diduga Akibat Konsleting Listrik, Gudang Barang Rumah Tangga Ludes Terbakar
Kamis 06 September 2018

Diduga Akibat Konsleting Listr ...

Pemko Gesa Pembebasan Lahan Jalan Soebrantas
Jumat 10 November 2017

Pemko Gesa Pembebasan Lahan Ja ...

Indonesia Mengutuk Keras Aksi Terorisme di Mesir
Sabtu 25 November 2017

Indonesia Mengutuk Keras Aksi ...

BPBD Gelar Jambore Relawan 2016
Senin 31 Oktober 2016

BPBD Gelar Jambore Relawan 201 ...