5 Penyakit Akibat Malas Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Rabu 08 Agustus 2018 22:44:52 WIB Dilihat : 42 Kali


5 Penyakit Akibat Malas Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

HALUANNEWS.COM--Gigi dan mulut adalah anggota tubuh yang sering dimanfaatkan oleh bakteri jahat untuk menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Meski demikian, tak sedikit orang yang masih mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan anggota tubuh tersebut. Apakah Anda salah satunya?

Jika ya, sebaiknya Anda segera perbaiki kebiasaan buruk tersebut. Ini karena kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan berikut ini:

  1. Radang gusi

Dalam istilah kedokteran gigi, radang gusi disebut ginggivitis. Ini adalah suatu kondisi ketika gusi terlihat bengkak dan memiliki warna yang lebih merah dari biasanya.

Ginggivitis ditandai dengan keluarnya darah pada saat menyikat gigi. Kondisi ini bisa timbul akibat adanya plak serta karang gigi yang menempel dan menumpuk di tepian gusi.

Ginggivitis akan menjadi lebih buruk bila tidak segera ditangani dengan tepat. Kondisi tersebut bisa mengarah pada komplikasi yang lebih parah, yaitu periodontitis?peradangan gusi serius yang menyebabkan rusaknya jaringan lunak dan tulang pendukung gigi.

  1. Karies gigi

Karies adalah munculnya lubang pada gigi yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini adalah gangguan rongga mulut yang paling umum terjadi di kalangan masyarakat.

Karies gigi perlu segera diatasi, dengan penambalan atau cabut gigi, tergantung dari kondisi. Bila tidak, lama-kelamaan lubang yang timbul akan semakin luas dan dalam, sehingga dapat merusak gigi dan menyebabkan infeksi pada saluran akar gigi.

  1. Gigi sensitif

Gigi sensitif disebabkan oleh adanya penurunan posisi gusi. Keadaan ini bisa terjadi akibat kebiasaan sikat gigi yang tidak tepat, karies gigi yang tidak diatasi dengan baik, gigi patah, dan efek samping proses bleaching gigi yang salah.

Gigi sensitif dapat menyebabkan keluhan gigi ngilu, linu, atau terasa nyeri, khususnya saat terpapar makanan atau minuman dingin.

  1. Bau mulut

Bau mulut atau halitosis umumnya berasal dari kesehatan rongga mulut yang tidak terjaga dengan baik. Kondisi ini juga bisa terjadi sebagai akibat dari gigi berlubang, penumpukan karang gigi, atau pemakaian gigi tiruan yang tidak dibersihkan secara rutin.

Sedangkan, jika Anda adalah tipikal orang yang sangat menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut namun masih mengalami bau mulut, bisa jadi kondisi tersebut disebabkan penyakit sistemik yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan atau pencernaan.

  1. Sariawan

Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan. Anda juga, bukan? Ya, gangguan rongga mulut yang satu ini bisa terjadi pada anak, orang dewasa, bahkan lansia sekalipun.

Sariawan disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun, cedera mulut akibat tidak sengaja tergigit, pemakaian gigi palsu yang tidak tepat, maupun kekurangan pasokan vitamin B 12.

Sariawan umumnya bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 2–3 minggu. Jika sering terjadi berulang atau tidak sembuh dalam waktu lebih dari sebulan, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi jika Anda tak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan saksama. Meski terlihat sepele, keluhan di atas nyatanya dapat mengganggu kenikmatan Anda saat makan dan beraktivitas. Jika Anda tak ingin mengalaminya, mulailah untuk menjaga kesehatan rongga mulut dari sekarang!

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Awas, Konsumsi Garam Berlebih Bisa Ganggu Kesehatan Otak
Rabu 17 Januari 2018

Awas, Konsumsi Garam Berlebih ...

Singapura Siap Bantu Jadikan Medan Utara Water Front City
Selasa 18 Oktober 2016

Singapura Siap Bantu Jadikan M ...

Dirjen Penguatan Inovasi Gelar Rakor Pengembangan Klaster Sistem
Minggu 10 September 2017

Dirjen Penguatan Inovasi Gelar ...

Wakil Walikota Apresiasi Peluncuran Aplikasi Istana Maimoon & Bantuan Donasi CSR
Jumat 17 Februari 2017

Wakil Walikota Apresiasi Pelun ...

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Malang
Minggu 06 Maret 2016

Taman Nasional Bromo Tengger S ...

EKSPEDISI NKRI MEMBENTUK KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA
Senin 25 September 2017

EKSPEDISI NKRI MEMBENTUK KARAK ...